skip to main content

Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan RSUD dr. H. Soewondo Kendal

*Nur Widyastuti  -  Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Indonesia
Bagoes Widjanarko  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia
Mateus Sakundarno Adi  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada pengaruh antara dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di instalasi rawat jalan RSUD dr. H. Soewondo Kendal.

Penelitian ini menggunakan metode  pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional . Populasi penelitian adalah pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan di poli rawat jalan RSUD dr. H. Soewondo Kendal, sedangkan subyeknya adalah pasien peserta BPJS Kesehatan di poli rawat jalan yang telah pernah periksa minimal 2-3 kali dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan. Pengumpulan data menggunakan cara Non Probability Sampling. Data diolah dan dianalisisi dengan analisis Smart PLS. Besar sampel sejumlah 100 orang responden dan menggunakan teknik Purposive Sampling untuk pengambilan sampel.   

Berdasarkan analisis dengan Smart PLS hasil penelitian menunjukkan bahwa tangible / bentuk fisik  mempunyai pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t-hitung 3,043 > 1.96 , reliability / keandalan mempunyai pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t-hitung 2,571 > 1.96, responsiveness / daya tanggap  mempunyai pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t-hitung 3,101 > 1.96, assurance / jaminan tidak mempunyai pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t-hitung 1,491 < 1.96, dan empathy / perhatian  mempunyai pengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t-hitung 3,469 > 1.96. Hasil uji hipotesis ini menunjukkan bahwa tidak semua dimensi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan.

Kesimpulan penelitian ini adalah empat dari lima dimensi kualitas pelayanan yang diteliti mempunyai pengaruh positip secara signifikan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan RSUD dr. H. Soewondo. Dimensi mutu tangible, reliability, responsiveness dan emphaty mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan RSUD dr. H. Soewondo dan dimensi assurance tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pasien.
Fulltext View|Download
Keywords: Kualitas Pelayanan; Tangible; Reliability; Responsiveness; Assurance; Empathy ; Kepuasan Pasien; Peserta BPJS Kesehatan
Funding: Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

Article Metrics:

  1. Depkes RI. Undang-Undang Nomor 44 Tentang Rumah Sakit. 2009
  2. Anonim. Laporan Indeks Kepuasan Masyarakat RSUD dr. H. Soewondo Kendal. 2015
  3. Kotler, P. and K.L. Kelller. Marketing Managemen. 14th ed. Prentice Hall International,Inc; 2012
  4. Ghozali, Imam. Sructural Equation Modelling. Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Edisi 4. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro ; 2014
  5. Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 1985; Vol 49 ; 41-50
  6. Dabhokar, J.O Rentz. A Measure of Service Quality for Retail Stores: Scale Development and Validation. Journal of The Academy of Marketing Science. 1996 ; Vol. 24 ; 3 – 16
  7. Eko W, Irchas . Analisis Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Pada Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) di Kota Bandar Lampung (Skripsi). Universitas Sriwijaya ; 2015
  8. Burhanudin, Nurfardiansyah. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rawat Inap RSUD Syekh Yusuf Gowa (Skripsi). Universitas Hasanudin ; 2015

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-21 23:10:19

No citation recorded.