skip to main content

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Praktik Bidan dalam Melaksanakan Peran sebagai Pendidik Pada Perawatan Kehamilan di Kabupaten Magelang Tahun 2010

*Siti Rofi’ah  -  Poltekkes Kementrian Kesehatan Semarang
Priyadi NP Priyadi NP  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang
Open Access Copyright (c) 2016 JURNAL PROMOSI KESEHATAN INDONESIA

Citation Format:
Abstract
Pendidikan kesehatan yang diberikan oleh bidan pada saat melakukan perawatan kehamilan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, menumbuhkan sikap dan perilaku positif ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan kehamilannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa faktorfaktor yang berhubungan dengan praktik bidan dalam melaksanakan peran sebagai pendidik pada perawatan kehamilan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research menggunakan desain cross sectional study dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif sampel penelitian sebanyak 57 orang bidan, kualitatif sampel sebanyak 5 orang ibu hamil, 1 orang Sie Kesga DinKes kabupaten Magelang dan 1 orang Sie organisasi IBI cabang kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (68,4%) responden melakukan praktik baik. Faktor yang berhubungan dengan praktik bidan dalam melaksanakan peran sebagai pendidik pada perawatan kehamilan adalah sikap bidan, lama bekerja bidan dan perilaku komunitas bidan. Sedangkan faktor paling dominan yang berpengaruh terhadap praktik bidan dalam melaksanakan peran sebagai pendidik pada perawatan kehamilan. adalah perilaku komunitas bidan Kata Kunci : Praktik Bidan, Peran Pendidik, Perawatan Kehamilan ABSTRACT Factors that related to the Midwifery Practice in carrying the Rules as an educator at Antenatal Care of Magelang District in 2010. Health education that is given by midwive in antenatal care was hoped can improve the knowledge, grow the attitude and positif behaviour from pregnant women to care her pregnancy and health. This research intents to analize the factors that related to the midwifery practice in carrying the rule as an educator at antenatal care.This research is an explanatory research by using design cross sectional study with qualitative and quantitative approaches. The cuantitative research sample is 57 midwives, 5 pregnant women, 1 worker from health institution and IBI organization of Magelang district for checking the data. The research results prove that most of the respondences (68,4 %) do the practice well. Factors that related to the midwifery practice in carrying the rules as an educator at antenatal care, are midwive attitude, period in midwive’s work and midwive community behaviour. And the most dominant factor that influence to midwivery practice in carrying the rule as an educator at antenatal care is midwive community behaviour. Key words : Midwifery Practice, the Rules as an Educator, Antenatal Care
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-13 12:18:30

No citation recorded.