PENGARUH DAYA TARIK PRODUK, WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH KREDIT MIKRO

*Yuniar Anggita Putri  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 15 Dec 2013.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) pengaruh daya tarik produk dan word of
mouth terhadap minat menjadi nasabah kredit mikro, 2) pengaruh daya tarik produk dan word
of mouth terhadap citra merek, dan 3) pengaruh citra merek terhadap minat menjadi nasabah
kredit mikro.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, dengan lokasi penelitian di Bank Syariah Mandiri
Purwokerto.Pengambilan sampel penelitian dengan cara convenoence sampling. Pengumpulan
data dilakukan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation
Modelling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Structural Equation Model (SEM) untuk model pengujian
hubungan kausalitas antar variabel variabel telah memenuhi criteria, yaitu: Goodness of Fit –
Full Model yaitu chi square = 297,793; probability = 0,001; GFI = 0,815; AGFI = 0,773; TLI =
0,920; CFI = 0,929; CMIN/DF = 1,324; RMSEA = 0,054.Hasil analisis data menunjukkan
bahwa: 1) daya tarik produk dan word of mouth berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah
kredit mikro, 2) daya tarik produk dan word of mouth berpengaruh terhadap citra merek, dan
3) citra merek berpengaruh terhadap minat menjadi nasabah kredit mikro.

Keywords: Daya tarik produk, Word of mouth, Citra merek, dan Minat menjadi nasabah

Article Metrics:

Last update: 2021-02-25 02:10:25

No citation recorded.

Last update: 2021-02-25 02:10:26

No citation recorded.