Studi Pada Perusahaan Franchise Di Kota Semarang Dan Yogyakarta

*Marselia Herma Hapsari  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 15 Dec 2008.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh kualitas manajemen, motivasi kewirausahaan, dan pengelolaan  merek terhadap kualitas hubungan franchise  dan pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja penjualan. Berdasarkan teknik purposive sampling, didapatkan sampel sejumlah 130 perusahaan franchise di Semarang dan Yogyakarta. Analisis data dengan  menggunakan SPSS for Windows 11.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas  manajemen, motivasi kewirausahaan, dan pengelolaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hubungan  franchise, dan kualitas hubungan  franchise  berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja penjualan, perlu memperhatikan factor-faktor seperti kualitas hubungan franchise kualitas manajemen, motivasi kewirausahaan, dan pengelolaan merek, karena faktor- faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja penjualan. Implikasi teoritis dan saran-saran bagi penelitian mendatang juga diuraikan pada bagian akhir dalam penelitian ini.

 

  

Keywords: Kualitas Manajemen, Motivasi Kewirausahaan, Pengelolaan Merek, Kualitas Hubungan Franchise, dan Kinerja Penjualan

Article Metrics:

Last update: 2021-03-03 07:24:10

No citation recorded.

Last update: 2021-03-03 07:24:11

No citation recorded.