skip to main content

ANALISIS KINERJA DISTRIBUSI DAN KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus Pada PT. Damai Sejahtera Mulia Semarang)

*Susilowati Susilowati  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Research Gap yang mendasari penelitian ini adalah bahwa dukungan supplier, birokrasi, dan intervensi dinyatakan mempengaruhi kinerja sa/uran distribusi (Keith, Jackson dan Crosby, 1990 dalam Boyle dan Dwyer, 1995, p.189-200; Mohr dan Nevin, 1990, p. 36-51). sedangkan Anderson et. al. (1997, p. 49-59) menyatakan peningkatan kinerja saluran distribusi tidak dipengaruhi oleh hubungan dengan supplier, melainkan oleh hubungan dengan pembeli. Berdasarkan research gap tersebut maka pertanyaan penelitian yang akan dikaji adalah: faktor-faktor apa yang mempengaruhi kinerja saluran distribusi. Da/am penelitian ini diajukan model penelitian untuk menganalisis kinerja saluran distribusi PT. Damai Sejahtera Mulia dengan menguji faktor-faktor yang diduga mempengaruhinya, yaitu: dukungan supplier, birokrasi, dan intervensi. Pada tahap lebih jauh menguji pengaruh kinerja saluran distribusi terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan sampel 109 outlet PT. Damai Sejahtera Mulia di Semarang. A/at analisa data yang digunakan ada/ah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS 4.01.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaianlfit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah dukungan supplier berpengaruh positip terhadap kinerja saluran distribusi, birokrasi berpengaruh positip terhadap kinerja sa/uran distribusi, intervensi berpengaruh negatip terhadap kinerja saluran distribusi dan kinerja saluran distribusi berpengaruh positip kinerja pemasaran.

Fulltext View|Download
Keywords: Kinerja Pemasaran, Kinerja Saluran Distribusi, Dukungan Supplier, Birokrasi, lntervensi

Article Metrics:

Last update: 2021-07-28 00:51:41

No citation recorded.

Last update: 2021-07-28 00:51:41

No citation recorded.