ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RASA PERCAYA KONSUMEN PADA KLAIM KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN INTENSITAS PEMBELIAN (Studi Kasus Produk Beras Herbal Ponni Taj Mahal Di Kota Semarang)

*Eveline Rani Kusuma  -  Springfield International Curriculum School, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Dewasa ini, perusahaan produk makanan dan minuman lokal sating bersaing untuk menghasilkan produk yang inovatif dan disukai konsumen. Diantara produk-produk tersebut, banyak diantaranya mencantumkan klaim kesehatan dalam kemasannya. Verifikasi kelompok referensi dan kampanye klaim kesehatan merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya konsumen pada klaim kesehatan. Tujuan penelitian ini ada/ah: Menganalisis pengaruh verifikasi kelompok referensi terhadap peningkatan rasa percaya konsumen pada klaim kesehatan, pengaruh kampanye klaim kesehatan terhadap peningkatan rasa percaya konsumen pada klaim kesehatan, dan pengaruh tingkat rasa percaya konsumen pada klalm kesehatan terhadap intensitas pembelian. Masalah oetem penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatan rasa percaya konsumen pada klaim kesehatan dalam makanan fungsional yang berdampal< pada peningkatan intensitas pembelian. Sampel penelitian ini adalah 151 konsumen beras Herbal Ponni Taj Mahal di kota Semarang. Hasil ana/isis SEM memenuhi criteria Goodness of Fit Index; X2 (chi- square) 62. 352, probability 0.113 P-0. 05), RMS EA 0. 041 (SO. 08), GFI 0. 935
P-0.90), AGFI 0.898 P-0.90), TL/ 0.992 P-0.95), CFI 0.994 P-0.985). Hasil penelitian ini menunjakkan bahwa · intensitas pembelian dapat ditingkatkan melalui peningkatan -rasa percaya konsumen pada klaim kesehatan, dimana rasa percaya ini dapat ditingkatkan dengan dua cara, yaitu: (1) verifikasi klaim kesehatan dari lembaga kesehatan yang terkenal internasional, independen, dan memiliki bidang keahlian yang sesuai dan (2) kampanye berupa kampanye penyembuhan penyakit tertentu, iklan obat pencegahlpenyembuh penyakit, dan pameran.

Keywords: Klaim Kesehatan, Verifikasi Klaim Kesehatan, Kampanye Klaim Kesehatan, Rasa Percaya, lntensitas Pembelian

Article Metrics:

Last update: 2021-02-25 05:44:46

No citation recorded.

Last update: 2021-02-25 05:44:46

No citation recorded.