STUDI TENTANG NILAI PELANGGAN DENGAN POSITIVE WORDS OF MOUTH PADA PENGGUNA MOTOR YAMAHA DI SEMARANG

*EVI PRASMAWATI  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 30 Sep 2010.
Open Access
Citation Format:
Abstract
Nilai dipandang sebagai suatu cara terbaik yang dapat meningkatkan positive words of mouth
pada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai pelanggan dibangun
dan pengaruh nilai pelanggan itu sendiri dalam mencapai positive words of mouth.
Penelitian ini dilakukan pada pengguna motor Yamaha, responden yang digunakan sebanyak
108 pengguna motor Yamaha di Semarang dengan menggunakan Structural Equation Modeling
(SEM). Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dapat diterima dengan
goodness of fit, yaitu chi-square= 154,579 ; probabilitas= 0,055 ; GFI= 0,866 ; AGFI= 0,821 ;
TLI= 0,977 ; CFI= 0,981 ; CMIN/DF= 1,208 ; dan RMSEA= 0,044. Semua hipotesis dapat
diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa reputasi,
daya tarik iklan dan efek komunitas berpengaruh secara signifikan terhadap nilai pelanggan.
Selanjutnya nilai pelanggan akan meningkatkan positive words of mouth.
Keywords: reputasi, daya tarik iklan, efek komunitas, nilai pelanggan dan positive words of mouth

Article Metrics:

Last update: 2021-02-27 19:48:42

No citation recorded.

Last update: 2021-02-27 19:48:44

No citation recorded.