ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN BERKAH DI BANGSRI JEPARA

Abstract
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada ritel modern.
Obyek penelitian ini adalah Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Permasalahan penelitian merujuk
pada fenomena bisnis Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Oleh karenanya permasalahan penelitian
ini adalah sebagai berikut : bagaimana meningkatkan loyalitas konsumen sesuai dengan harapan
perusahaan. Tujuan penelitian dirumuskan untuk mencari jawaban atas alur pencapaian loyalitas
konsumen. Permodelan yang dirumuskan pada penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman
yang kritis dalam konsep dan pengukuran loyalitas konsumen. Peneliti memasukan unsur harga
yang diterima konsumen, produk yang diterima konsumen, mutu layanan yang diterima konsumen,
dan kepuasan konsumen sebagai anteseden dan memiliki konsekuensi yang signifikan terhadap
loyalitas konsumen. Metode purposif dan qouta telah dipilih untuk memperoleh data yang
dibutuhkan pada studi ini. Penelitian ini mempergunakan 125 responden dan keseluruhan
responden adalah konsumen Swalayan Berkah Bangsri Jepara.
Sedangkan untuk analisis data mempergunakan Structural Equation Model dengan program
komputer Amos 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan diantaranya bahwa harga yang diterima
konsumen berdampak positip terhadap kepuasan konsumen. Produk yang diterima konsumen
juga berdampak secara positip terhadap kepuasan konsumen. Mutu layanan yang diterima
konsumen terhadap kepuasan konsumen adalah berdampak positip. Pengaruh kepuasan
konsumen terhadap loyalitas konsumen adalah berakibat positip. Kesimpulan akhir penelitian
loyalitas konsumen dapat direkomendasikan sebagai masukan bagi pihak manajemen. Peneliti
percaya bahwa pendekatan yang berkaitan dengan dimensi produk yang diterima konsumen
dapat membantu manajer meningkatkan loyalitas konsumen
Obyek penelitian ini adalah Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Permasalahan penelitian merujuk
pada fenomena bisnis Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Oleh karenanya permasalahan penelitian
ini adalah sebagai berikut : bagaimana meningkatkan loyalitas konsumen sesuai dengan harapan
perusahaan. Tujuan penelitian dirumuskan untuk mencari jawaban atas alur pencapaian loyalitas
konsumen. Permodelan yang dirumuskan pada penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman
yang kritis dalam konsep dan pengukuran loyalitas konsumen. Peneliti memasukan unsur harga
yang diterima konsumen, produk yang diterima konsumen, mutu layanan yang diterima konsumen,
dan kepuasan konsumen sebagai anteseden dan memiliki konsekuensi yang signifikan terhadap
loyalitas konsumen. Metode purposif dan qouta telah dipilih untuk memperoleh data yang
dibutuhkan pada studi ini. Penelitian ini mempergunakan 125 responden dan keseluruhan
responden adalah konsumen Swalayan Berkah Bangsri Jepara.
Sedangkan untuk analisis data mempergunakan Structural Equation Model dengan program
komputer Amos 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan diantaranya bahwa harga yang diterima
konsumen berdampak positip terhadap kepuasan konsumen. Produk yang diterima konsumen
juga berdampak secara positip terhadap kepuasan konsumen. Mutu layanan yang diterima
konsumen terhadap kepuasan konsumen adalah berdampak positip. Pengaruh kepuasan
konsumen terhadap loyalitas konsumen adalah berakibat positip. Kesimpulan akhir penelitian
loyalitas konsumen dapat direkomendasikan sebagai masukan bagi pihak manajemen. Peneliti
percaya bahwa pendekatan yang berkaitan dengan dimensi produk yang diterima konsumen
dapat membantu manajer meningkatkan loyalitas konsumen
Keywords: Harga yang Diterima Konsumen, Produk yang Diterima Konsumen, Mutu Layanan yang Diterima Konsumen, dan Kepuasan Konsumen, serta Loyalitas Konsumen
Article Metrics:
Article Info
Section: Research Article
Others articles
Pengaruh Kompetensi Menjual, Kualitas Hubungan, dan Pengalaman Menjual untuk meningkatkan Kinerja Tenaga Penjualan (Studi pada PT. New Ratna Motor Semarang)
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA TENAGA PENJUALAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PENJUALAN
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING PRODUK TERHADAP KINERJA PENJUALAN
STUDI TENTANG PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MELALUI SIKAP TERHADAP MEREK (Kasus pada Merek Pasta Gigi Ciptadent di Semarang)
Last update: 2021-03-07 18:22:41
No citation recorded.
Last update: 2021-03-07 18:22:41
No citation recorded.