skip to main content

ANALISIS FAKTOR KOMPETENSI LIFE PLANNER DAN DAYA TARIK PROMOSI YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ASURANSI JIWA

*Caecilia Marisca Iskandar  -  Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Minat akan asuransi jiwa di masyarakat Jawa Tengah masih sangat rendah. Pemain bisnis asuransi jiwa semakin bertambah akan tetapi tidak diikuti dengan perkembangan kepemilikan polis asuransi jiwa nasabah baru. Penelitian ini dilakukan untuk menguraikan faktor – faktor dominan yang mempengaruhi minat beli asuransi jiwa Great Eastern Life Indonesia.

Penelitian ini menganalisis faktor kompetensi life planner dan faktor daya tarik promosi yang mempengaruhi minat beli asuransi jiwa. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden yang belum menjadi nasabah asuransi jiwa Great Eastern dan yang sudah pernah diprospek oleh life planner Great Eastern area Jawa Tengah. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier pada program SPSS.

Hasil analisis regresi memenuhi kriteria reliable, valid, bebas multikolonieritas, homoskedastisitas, dan memenuhi normalitas. Model penelitian yang diajukan memenuhi Goodness of Fit dengan nilai F = 275,788 dan R-square = 0,847 dan signifikan. Temuan empiris ini mengindikasi bahwa kompetensi life planner berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai korelasi 0,538; daya tarik promosi berpengaruh positif terhadap minat beli dengan nilai korelasi 0,496.

Fulltext View|Download
Keywords: Kompetensi, Promosi, Minat Beli, dan Asuransi Jiwa

Article Metrics:

Article Info
Section: Research Article
Language : ID
Statistics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.