skip to main content

STUDI MENGENAI PENGEMBANGAN MINAT BELi MEREK EKSTENSI (Studi Kasus Produk Merek Sharp di Surabaya)

*magdalena sutantio  -  magister manajemen universitas diponegoro semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Mengembangkan suatu  produk  dengan merek  yang sama sekali  baru  semakin mahal dan  tidak  menjamin   keberhasilannya.   Dengan  tingginya   biaya   iklan,   meningkatnya persaingan  dan meledaknya jumlah  media  massa terutama  televisi dan media cetak, semakin sulit bagi suatu merek baru untuk terdengar di pasar.  Sa/ah satu alternatif yang menjanjikan  untuk  mengatasi  ha/ tersebut adalah  dengan melakukan  ekstensi merek (brand   extension).   Sebagai   akibatnya,   pada  saat   ini   semakin  banyak  perusahaan  · memanfaatkan   merek  yang  sudah  mereka   miliki  yaitu   dengan  melakukan   ekstensi merek.  Meskipun ekstensi merek ini merupakan suatu strategi yang menguntungkan dan meningkatkan  kemungkinan  sukses  dari  suatu  produk,   akan  tetapi  strategi  ini  juga mengandung  risiko   kegagalan.   Hingga  saat  ini,   masalah   ekstensi  merek  ini  masih mengundang    banyak   pertanyaan.    Dimana    Ekstensi    merek    selain    men1anjikan keberhasilan,  juga  mempunyai peluang  untuk gaga/ dan bahkan bisa  mengakibatkan efek negatif pada merek induknya.  Hingga saat int,  masih  banyak ekstensi merek yang mengalami  kegagalan  dan  masih  be/um jelas  bagaimana  cara  untuk  meningkatkan kesuksesan dari ekstensi merek.  Erdem (1998)  menginginkan penelitian  lanjutan  untuk mengetahui   bagaimana   pengaruh   dari  iklan  merek   induk  (parent  brand)   terhadap persepsi   kualitas   merek   ekstensi  (extended   brand).   Penelitian   ini  berusaha   untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kualitas merek ekstensi serta pengaruhnya  terhadap  minat  l:!eli  merek  ekstensi.  Dalam  penelitian  ini diperoleh  hasil bahwa persepsi  kualitas  produk  dalam  iklan merek  induk dan kredibilitas  perusahaan berpengaruh  positif terhadap  persepsi kualitas  merek  ekstensi.  Selanjutnya  didapatkan hubungan yang positif antara persepsi kualitas merek ekstensi dengan minat beli merek . ekstensi.

Fulltext View|Download
Keywords: Perspepsi Kualitas Produk dalam lklan Merek lnduk, Krediblitas Perusahaan, Persepsi Kualitas Pada Merek ekstensi, Minat Beli Produk Merek Ekstensi

Article Metrics:

Article Info
Section: Research Article
Language : ID
Statistics:
Share:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.