skip to main content

ANALISIS PENGARUH MEREK, ORIENTASI STRATEJIK, DAN INOVASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING ( Studi pada UKM Tanggulangin di Kota Sidoarjo)

*helmi aditya  -  magister manajemen universitas diponegoro semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Keunggulan  bersaing  merupakan  kesatuan  dari  tiga aspek utama,  yaitu Merk,  Orientasi  Stratejik,  dan lnovasi.  Keunggu/an bersaing  bisa  tercapai o/oh UKM atau perusahaan ketika mereka bisa memenuhi nilai dari masing- masing  aspek  tanpa  memisahkan  peran  ketiga  aspek  tersebut  dengan dukungan   semua   lini   yang   akan   membentuk   suatu   kesatuan   dari keunggulan  bersaing perusahaan.  adalah bukan dari profit yang dihasilkan tetapi   yang   utama   adalah   tingkat   kebaharuan   produk   atau   tingkat kebaharuan  merk  mereka,  agar dapat  diterima  konsumen sehingga  nilai- nilai yang diharapkan  o/eh konsumen dapat terpenuhi dan memenangkan persaingan     tanpa    harus     meniru     merk-merk     terkenal. Tulisan    tm menganalisis permasa/ahan yang be/um optimalnya  Keunggulan bersaing UKM Tanggulangin.Uji empirik dilakukan terhadap  108  UKM Tanggulangin di Sidoarjo,  Jawa Timur yang sedang mengalami penyesuaian I perubahan pada  hampir semua  lini  dikarenakan  ke/uarnya   UU no  19  tahun  2002 tentang HaKI.  Teknik  analisis yang digunakan untuk penelitian ini  adalah structural   equation   modelling.    Ternyata   ditemukan  fakta   bahwa  Haki memberi  nilai positif pacfa pengembangan orientasi  Keunggulan bersaing UKM Tanggulangin  yang  dipengaruhi  o/eh Merk,   Orientasi  stratejik,  dan lnovasi.

Fulltext View|Download
Keywords: Orientasi Stratejik- UKM - lnovasi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 23:27:01

No citation recorded.