ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN BERKAH DI BANGSRI JEPARA

*M.Ruly Ferdian  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 30 Dec 2011.
Open Access
Citation Format:
Abstract
Penelitian  ini menganalisis  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  loyalitas


konsumen  pada  ritel
modern.   Obyek penelitian  ini merujuk pada fenomena bisnis
adalah Swalayan Berkah Bangsri Jepara.   Permasalahan  penelitian
Swalayan Berkah Bangsri Jepara.   Oleh karenanya permasalahan
penelitian ini adalah sebagai berikut : bagaimana meningkatkan loyalitas konsumen sesuai dengan
harapan  perusahaan.   Tujuan
penelitian  dirumuskan  untuk mencari jawaban  atas alur pencapaian
loyalitas konsumen. Permodelan yang dirumuskan pada penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman yang kritis dalam konsep dan pengukuran loyalitas konsumen.  Peneliti memasukan unsur harga yang diterima konsumen, produk yang diterima konsumen, mutu layanan yang diterima konsumen,  dan kepuasan konsumen  sebagai anteseden  dan memiliki konsekuensi  yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Metode purposif dan qouta telah dipilih untuk memperoleh data yang dibutuhkan pada studi ini. Penelitian ini mempergunakan 125 responden dan keseluruhan responden adalah konsumen Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Sedangkan untuk analisis data mempergunakan Structural Equation Model dengan program komputer Amos 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan diantaranya bahwa harga yang diterima konsumen berdampak positip terhadap kepuasan konsumen. Produk yang diterima konsumen juga berdampak secara positip terhadap kepuasan konsumen.  Mutu layanan yang diterima konsumen terhadap kepuasan konsumen adalah berdampak positip.  Pengaruh
kepuasan  konsumen  terhadap
loyalitas  konsumen  adalah  berakibat  positip.
Kesimpulan  akhir
penelitian  loyalitas  konsumen
dapat  direkomendasikan  sebagai  masukan  bagi  pihak  manajemen.
Peneliti percaya bahwa pendekatan yang berkaitan dengan dimensi produk yang diterima konsumen dapat membantu manajer meningkatkan loyalitas konsumen.

Keywords: citra merek, ketersediaan produk, harga, coverage dan perpindahan merek

Article Metrics:

Last update: 2021-02-27 23:07:49

No citation recorded.

Last update: 2021-02-27 23:07:50

No citation recorded.