ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN BERKAH DI BANGSRI JEPARA

Abstract
Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas
konsumen pada ritel
modern. Obyek penelitian ini merujuk pada fenomena bisnis
adalah Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Permasalahan penelitian
Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Oleh karenanya permasalahan
penelitian ini adalah sebagai berikut : bagaimana meningkatkan loyalitas konsumen sesuai dengan
harapan perusahaan. Tujuan
penelitian dirumuskan untuk mencari jawaban atas alur pencapaian
loyalitas konsumen. Permodelan yang dirumuskan pada penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman yang kritis dalam konsep dan pengukuran loyalitas konsumen. Peneliti memasukan unsur harga yang diterima konsumen, produk yang diterima konsumen, mutu layanan yang diterima konsumen, dan kepuasan konsumen sebagai anteseden dan memiliki konsekuensi yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Metode purposif dan qouta telah dipilih untuk memperoleh data yang dibutuhkan pada studi ini. Penelitian ini mempergunakan 125 responden dan keseluruhan responden adalah konsumen Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Sedangkan untuk analisis data mempergunakan Structural Equation Model dengan program komputer Amos 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan diantaranya bahwa harga yang diterima konsumen berdampak positip terhadap kepuasan konsumen. Produk yang diterima konsumen juga berdampak secara positip terhadap kepuasan konsumen. Mutu layanan yang diterima konsumen terhadap kepuasan konsumen adalah berdampak positip. Pengaruh
kepuasan konsumen terhadap
loyalitas konsumen adalah berakibat positip.
Kesimpulan akhir
penelitian loyalitas konsumen
dapat direkomendasikan sebagai masukan bagi pihak manajemen.
Peneliti percaya bahwa pendekatan yang berkaitan dengan dimensi produk yang diterima konsumen dapat membantu manajer meningkatkan loyalitas konsumen.
konsumen pada ritel
modern. Obyek penelitian ini merujuk pada fenomena bisnis
adalah Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Permasalahan penelitian
Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Oleh karenanya permasalahan
penelitian ini adalah sebagai berikut : bagaimana meningkatkan loyalitas konsumen sesuai dengan
harapan perusahaan. Tujuan
penelitian dirumuskan untuk mencari jawaban atas alur pencapaian
loyalitas konsumen. Permodelan yang dirumuskan pada penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman yang kritis dalam konsep dan pengukuran loyalitas konsumen. Peneliti memasukan unsur harga yang diterima konsumen, produk yang diterima konsumen, mutu layanan yang diterima konsumen, dan kepuasan konsumen sebagai anteseden dan memiliki konsekuensi yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Metode purposif dan qouta telah dipilih untuk memperoleh data yang dibutuhkan pada studi ini. Penelitian ini mempergunakan 125 responden dan keseluruhan responden adalah konsumen Swalayan Berkah Bangsri Jepara. Sedangkan untuk analisis data mempergunakan Structural Equation Model dengan program komputer Amos 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan diantaranya bahwa harga yang diterima konsumen berdampak positip terhadap kepuasan konsumen. Produk yang diterima konsumen juga berdampak secara positip terhadap kepuasan konsumen. Mutu layanan yang diterima konsumen terhadap kepuasan konsumen adalah berdampak positip. Pengaruh
kepuasan konsumen terhadap
loyalitas konsumen adalah berakibat positip.
Kesimpulan akhir
penelitian loyalitas konsumen
dapat direkomendasikan sebagai masukan bagi pihak manajemen.
Peneliti percaya bahwa pendekatan yang berkaitan dengan dimensi produk yang diterima konsumen dapat membantu manajer meningkatkan loyalitas konsumen.
Keywords: citra merek, ketersediaan produk, harga, coverage dan perpindahan merek
Article Metrics:
Article Info
Section: Research Article
Others articles
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP NILAI PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI (Studi Pada Konsumen Produk Batu Potong Besi 4 Inch Merek Wd Di Jawa Tengah)
PENGUKURAN KEPUASAN PESERTA JKN MELALUI PENDEKATAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA PERBANKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Pada PT. Bank Niaga, Tbk Semarang)
ANALISIS PENGARUH TINGKAT KESUKSESAN PRODUK BARU DALAM PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN
STUDI MENGENAI PROSES PEMILIHAN MEREK
Last update: 2021-02-27 23:07:49
No citation recorded.
Last update: 2021-02-27 23:07:50
No citation recorded.