STUDI TENTANG ANTECEDENT SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA I-COS COFFEE SHOP SEMARANG

*Agung Ndaru Martono  -  Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 15 May 2010.
Open Access
Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen sebagai upaya mempengaruhi minat beli untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Permasalahan riset bersumber pada permasalahan tentang penurunan jumlah pelanggan dan pendapatan I-Cos Coffee shop Semarang, serta tidak terpenuhinya target jumlah pelanggan dan pendapatan coffee shop tersebut. I-Cos coffee shop adalah salah satu coffee shop lokal di Semarang yang memiliki konsep dan mutu yang tidak kalah dengan coffee shop asing. Dari permasalahan diatas yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen yang nantinya mempengaruhi minat beli dan akhirnya pada terbentuknya keputusan pembelian oleh konsumen. Dalam penelitian ini
dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan tujuh hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 18.
Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari responden pelanggan I-cos coffee shop yang berjumlah 162 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap konsumen dapat ditingkatkan dengan meningkatkan pengalaman membeli, kualitas hubungan dan reputasi toko. Selanjutnya, sikap konsumen yang semakin tinggi akan mempengaruhi minat beli dan selanjutnya meningkatkan keputusan pembelian.

Keywords: Pengalaman membeli, kualitas hubungan, reputasi toko, sikap konsumen, minat beli dan keputusan pembelian

Article Metrics:

Last update: 2021-03-03 22:43:13

No citation recorded.

Last update: 2021-03-03 22:43:15

No citation recorded.