Studi Tentang Kepuasan Konsumen di Toko Emas Pusaka Sukorejo Kendal

*RA Nur Amalina  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
I Made Sukresna  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
J. Sugiharto  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 1 Sep 2019; Available online: 17 Jan 2020.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas barang emas dan kualitas layanan terhadap WOM (Word Of Mouth dengan menggunakan kepuasan konsumen sebagai variabel mediator (intervening) studi pada toko emas pusaka mas Sukorejo Kendal. Kualitas barang emas merupakan hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian pada Toko emas pusaka Sukorejo Kendal.

Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan transaksi di toko emas pusaka mas Sukorejo Kendal. Data dikumpulkan melalui metode kuisioner yang diisi secara mandiri oleh 155 responden yang dipilih dengan metode non probability sampling dimana responden telah melakukan pembelian atau transaksi di toko emas pusaka mas Sukorejo Kendal. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang dijalankan dengan program AMOS.

Hasil pengujian hipotesis dengan SEM menunjukkan bahwa : 1. Kualitas barang emas berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, 2. Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, 3. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap WOM 4. Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap WOM studi pada toko emas pusaka mas Sukorejo Kendal.

Keywords: Kualitas Barang Emas; Kualitas Layanan; Kepuasan Konsumen; Word Of Mouth (WOM)

Article Metrics:

Last update: 2021-03-02 14:09:26

No citation recorded.

Last update: 2021-03-02 14:09:26

No citation recorded.