Analisis Pengalaman Wisatawan Melalui Nilai yang Dirasakan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Makanan Lokal Kota Semarang

*Romi Setiawan  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Augusty Tae Ferdinand  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 1 Sep 2019; Available online: 17 Jan 2020.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari kesenjangan hasil penelitian terdahulu (research gap) mengenai pengalaman wisatawan terhadap keputusan pembelian produk. Serta menguji secara empiris factor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian seperti nilai hadiah, nilai nostalgia dan nilai ikonik. Karena keputusan pembelian dipengaruhi dari persepsi nilai yang dirasakan oleh konsumen.

Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun sebuah model konseptual untuk menggambarkan dan memberikan jawaban pada kesenjangan variable pengalaman wisatawan dan keputusan pembelian melalui nilai hadiah, nilai nostalgia dan nilai ikonik. Penelitian ini dilakukan di Kota Semarang dengan responden yaitu wisatawan yang pernah berkunjung ke kota Semarang dan melakukan pembelian makanan lokal. Jumlah responden yang digunakan yakni sebanyak 160 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan AMOS 24.

Hasil analisis SEM memenuhi kriteria dari Goodness Of Fit Chi-square 184.579, probabilitas 0.015, GFI sebesar 0.897, TLI sebesar 0.988, CFI sebesar 0.989 CMIN/DF sebesar 1.273 dan RMSEA sebasar 0.41. Hasil pengujian menghasilkan bahwa pengalaman wisatawan berpengaruh positif terhadap nlai hadiah, nilai nostalgia dan ikonik serta nilai nostalgia dan ikonik berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian makanan lokal Kota Semarang. Sedangkan nilai hadiah tidak berpengaruh pada keputusan pembelian.
Keywords: Pengalaman wisatawan; Nilai Hadiah; Nilai Nostalgia; Nilai Ikonik; Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update: 2021-02-28 20:51:33

No citation recorded.

Last update: 2021-02-28 20:51:33

No citation recorded.