Pengaruh Customer Relationship Management (CRM), Inovasi, dan Penggunaan Teknologi Sebagai Strategi Keunggulan Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi pada Toko Grosir Makanan dan Minuman di Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta)

*Zakaria Anam Setiawan  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Mahfudz Mahfudz  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 1 Sep 2019; Available online: 17 Jan 2020.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan customer relatioship management (CRM), inovasi, dan penggunaan teknologi yang ada di toko grosir sebagai sebuah keunggulan bersaing terhadap kinerja bisnis toko grosir di provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada toko grosir mengenai efektifitas dan efisiensi penerapan variabel variabel tersebut terhadap kineja bisnis toko grosir dalam bersaing di industri ritel.

Penelitian ini dilakukan dengan mengambil objek penelitian pada toko grosir yang menerapkan 3 variabel yang disebutkan. penelitian ini menggunakan sampel di 19 kabupaten dan 3 kotamadya di provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah responden yang ditentukan sebagai sensus penelitian adalah 113 toko grosir. Teknik analisis yang dipakai untuk mengintepretasikan dan menganalisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software AMOS 40.

Hasil pada penelitian ini menujukkan bahwa keunggulan  bersaing dan CRM berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing . Hasil tersebut dapat dilihat dari pengujian hipotesis dengan menggunakan SEM yang menunjukkan nilai C.R dan P pada hipoteis 1, 2 dan 5 diterima dengan nilai C.R ≥ 1,960  dan P ≤ 0,05. Untuk hipotesis 2 digunakan tingkat signifikansi 5%. Kesimpulan dan saran yang diberikan untuk toko grosir agar semakin memperkuat pelaksanaan Customer Relationship Management, inovasi dan keunggulan bersaing melalui perbaikan manajemen dan pelayanan serta lebih secara intens lagi memanfaatkan kemajuan teknologi dalam operasional bisnis nya agar lebih cepat , efektif dan efisien dalam pelayanan yang berpengaruh terhadap kinerja bisnis.

Keywords: Customer Relationship Management; Inovasi; Penggunaan Teknologi; Keunggulan Bersaing; Kinerja Bisnis

Article Metrics:

Last update: 2021-03-06 10:47:43

No citation recorded.

Last update: 2021-03-06 10:47:43

No citation recorded.