skip to main content

Pengaruh Citra, Daya Tarik, Kualitas Pelayanan Obyek Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung dan Kepuasan Wisatawan Eling Bening Kabupaten Semarang

*Ahmad Dayrobi  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Susilo Toto Raharjo  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Saat ini tempat tujuan wisata sudah semakin banyak di berbagai wilayah khususnya di Indonesia baik wisata alam maupun buatan yang membuat persaingan pada bisnis obyek wisata juga semakin banyak diminati. Obyek wisata Eling Bening diharapkan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas agar dapat menarik perhatian para wisatawan di Kabupaten Semarang dan sekitarnya. Besarnya frekuensi kunjungan akan mempengaruhi perkembangan suatu objek wisata dari wisatawan yang mengunjunginya. Objek wisata Eling Bening jika dilihat perkembangan frekuensi kunjungan, akan mengalami perkembangan yang berbeda dan terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan atau penurunan yang akan memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan wisata di Kabupaten Semarang khususnya. Studi ini melihat apakah faktor citra obyek wisata, daya tarik wisata, dan kualitas obyek wisata dapat berpengaruh besar kepada keputusan berkunjung wisatawan dan kepuasan wisatawan terhadap obyek wisata Eling Bening dengan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengujian dengan menggunakan SEM menunjukkan bahwa kepuasan wisatawan dipengaruhi oleh keputusan berkunjung wisatawan. Untuk memperoleh keputusan berkunjung wisatawan yang tinggi dapat dilihat dari citra obyek wisata, daya tarik obyek wisata dan kualitas pelayanan obyek wisata.
Fulltext View|Download
Keywords: citra; daya tarik; kualitas pelayanan; kuputusan berkunjung; kepuasan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 17:30:31

No citation recorded.