skip to main content

Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Instagram Terhadap Perkembangan Digital Marketing

Nurul Islah Watajdid  -  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
*Ari Lathifah  -  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Dewi Syifa Andini  -  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Fitroh Fitroh  -  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Masalah utama dalam komunikasi pemasaran adalah saluran komunikasi yang dapat digunakan dalam program pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran media sosial Instagram terhadap perkembangan pemasaran digital. Penelitian ini menerapkan metode Systematic Literature Review. Berdasarkan hasil tinjauan literatur sistematis, Peneliti menemukan 136 artikel Scopus dalam pencarian menggunakan Publish or Perish dan bantuan aplikasi lain seperti Zotero, Mendeley, VOSViewer, dan Microsoft Excel yang kemudian disaring menjadi 55 artikel terpilih untuk dianalisis secara deskriptif. Temuan menunjukkan bahwa media sosial Instagram telah berkontribusi terhadap perkembangan pemasaran digital. Media sosial Instagram telah berperan menjadi media komunikasi pemasaran, meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) mempengaruhi keterlibatan dan tingkah laku konsumen, dan menghasilkan data yang mendukung strategi pemasaran.
Fulltext View|Download
Keywords: systematic literature review; instagram; digital marketing; pemasaran

Article Metrics:

Last update:

  1. Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Sunggal

    Fariza Fitria, Mangasi Butar Butar, Jaka Permana, Jarungjung Hutagaol, Rahmat Alamsyah Harahap, Jamaluddin Jamaluddin. Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3 (2), 2024. doi: 10.56211/wahana.v3i2.696
  2. Legal Protection Against Sexual Violence on Women: A Study on Legislation

    Salwa Salsabilla, Imran Bukhari Razif, Ulil Albab. SIGn Jurnal Hukum, 5 (2), 2023. doi: 10.37276/sjh.v5i2.288
  3. Pengaruh Persuasi pada Instagram @UMT.Indonesia terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Tangerang Tahun 2024/2025

    Putri Wahyuni, Risty Anjani, Hanifah Wahyu Fadilah, Dinda Mariyam, Toddy Aditya. Interaction Communication Studies Journal, 1 (4), 2025. doi: 10.47134/interaction.v1i4.3582
  4. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pendidikan Jasmani

    Ni Wayan Suardiati Putri, I Ketut Budaya Astra, Ketut Agustini, I Gde Wawan Sudatha. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 12 (1), 2024. doi: 10.23887/jiku.v12i1.72713

Last update: 2025-02-04 07:56:58

No citation recorded.