skip to main content

Systematic Literature Review: Peran Digital Influencer Terhadap Digital Marketing

*Assiva Huzna  -  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Fitroh Fitroh  -  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Hayya Apriligiani Mutiara Riadi  -  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Dwiki Putra Pinontoan  -  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Digital Influencer kini tengah marak dilakukan oleh pelaku bisnis dalam mempromosikan produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran penerapan digital influencer terhadap pemasaran digital. Penelitian ini menerapkan metode Systematic Literature Review. Berdasarkan hasil tinjauan literatur sistematis, Peneliti menemukan 144 artikel Scopus dalam pencarian menggunakan Publish or Perish dan bantuan aplikasi lain seperti Mendeley, VOSViewer, dan Microsoft Excel yang kemudian disaring menjadi 12 artikel terpilih untuk dianalisis secara deskriptif sesuai dengan topik pembahasan. Temuan menunjukkan bahwa digital atau social media influencer memberikan peranan yang dapat membantu pelaku usaha. Adapun peran dari digital influencer terhadap pemasaran digital diantaranya meningkatkan brand awareness, menjadi media komunikasi pemasaran (Word of Mouth), meningkatkan penjualan produk, dan empengaruhi tingkat loyalitas pengguna.

Fulltext View|Download
Keywords: digital influencer, digital marketing, social media influencer, pemasaran.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-07-22 11:24:04

No citation recorded.