skip to main content

PENGARUH DIFFERENTIATION STRATEGY MARKETING TERHADAP LOYALTY CUSTOMERS PADA KOPI FORE KOTA SURABAYA

Elfiyah Wardaningsih  -  Department of Islamic Economics, Universitas Airlangga, Jl. Airlangga, Airlangga, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60115, Indonesia
*Dina Fitrisia Septiarini orcid  -  Department of Islamic Economics, Universitas Airlangga, Jl. Airlangga, Airlangga, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia 60115, Indonesia

Citation Format:
Abstract

The presence of coffee shops is currently getting intense public attention. There has been a stir in coffee shops that use the eco-friendly concept, and the selection and use of coffee beans can affect the taste and quality. Therefore, this study aims to determine the effect of Marketing Strategy Differentiation on consumer loyalty at Kopi Fore in Surabaya. This study will examine Green Marketing, Halal Label, Fear of Missing Out, and Media Marketing. The sample used in this study was 230 samples collected using a non-probability sampling method questionnaire with the criteria of being Muslim, at least 17 years old, having the Fore Coffee application, and having consumed the product at least 2 times. This study will use the Multiple Linear Regression analysis technique on IBM SPSS win 25. This study's results indicate a significant influence on the variables Green Marketing, Halal Label, Fear of Missing Out, and Media Marketing. Thus, this study is expected to be useful for related companies to maintain the concept they carry and provide satisfaction to them.

Kehadiran gerai perkopian saat ini menjadi intensitas perhatian masyarakat. Saat ini telah gempar gerai kopi yang menggunakan konsep eco-friendly dan pemilihan dan penggunaan biji kopi dapat mempengaruhi rasa dan juga kualitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Diferensiasi Strategi Marketing terhadap loyalitas konsumen pada Kopi Fore kota Surabaya. Penelitian ini akan mengkaji terkait Green Marketing, Label Halal, Fear of Missing Out, dan Media Marketing. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 230 sampel yang dikumpulkan menggunakan kuesioner metode non probability sampling dengan kriteria beragama Islam, berusia minimal 17 tahun, mempunyai aplikasi Kopi Fore, serta pernah mengonsumsi produk minimal 2x. Penelitian ini akan menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda pada IBM SPSS win 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruhsignifikan padavariabel Green Marketing, Label Halal, Fear of Missing Out, dan Media Marketing. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahan terkait untuk mempertahankan konsep yangdiusungdan memberikan kepuasan pelayanan kepada mereka.

Fulltext View|Download
Keywords: loyalty customers; differentiation strategy marketing; coffee fore surabaya

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-12-05 10:44:10

No citation recorded.