skip to main content

ANALISIS KERETAKAN PELAT ZONA LAMBUNG KAPAL BERBAHAN FIBER GLASS

*Amir Marasabessy  -  Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia
Saut Siagian  -  Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2016 Kapal

Citation Format:
Abstract

Produksi kapal fiber glass di berbagai galangan kapal di Indonesia proses laminasi  masih dilakukan secara manual (hand lay-up) di areal terbuka, hal ini sangat rentang terjadi udara terperangkap (air trap) yang dapat menimbulkan lepuh (blistering). Perawatan  pitting defect akibat blistering,  oleh galangan kapal hanya  di sekrap, dibersihkan, didempul, diratakan/ dihaluskan dan gelcoat painting. Tujuan penelitian adalah menyelidiki penyebab kerusakan/ keretakan pelat zona lambung berkaitan dengan blistering. Metode yang digunakan adalah mengamati proses produksi dan pemeliharaan zona lambung kapal fiber glass dan pengujian pelat blistering zona lambung yang dibandingkan dengan pelat asli menggunakan peralatan uji FTIR sesuai standar ASTM E1252-07 dengan metode ATR dan Morphology Analysis. Sesuai  pengamatan lapangan, galangan kapal tidak melakukan pengukuran kandungan air diarea blistering yang terdapat pitting defect sehingga terjadi peristiwa osmosis sebagaimana ditunjukan pada spektrum FTIR yakni terjadi penurunan intensitas bilangan gelombang dari gugus puncak 1724 cm-1 ke 1722 cm-1 disamping terdapat puncak tambahan pada sampel pelat blister akibat reaksi hidrolisa pada serat penguat, juga terdapat kerusakan yang signifikan pada pelat blistering dan terdapat rongga sehingga menimbulkan kelembaban dalam serat penguat. Dalam waktu (2 s/d 3) tahun serat penguat akan menjadi rapuh/getas sehingga jika terjadi benturan dengan gelombang laut atau objek lain dapat menyebabkann kerusakan/keretakan.

Fulltext View|Download
Keywords: laminasi; blistering; zona lambung; fiber glass; keretakan

Article Metrics:

Last update:

  1. KEKUATAN BENTURAN KAPAL KAYU 5-7 GT SAAT MERAPAT KE DERMAGA: UPAYA UNTUK MENENTUKAN KETEBALAN MINIMAL LAMINASI FRP

    Muhamad Khoirul Anam, Yopi Novita, Budhi H. Iskandar. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, 12 (3), 2020. doi: 10.29244/jitkt.v12i3.30063

Last update: 2024-03-28 03:30:11

No citation recorded.