skip to main content

Perbandingan Respon Struktur Kapal Oil Chemical Tanker Di Wilayah North Atlantic Dan Indonesian Waterways

*Dimas Romansah  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Topan Firmandha  -  Biro Klasifikasi Indonesia, Indonesia
Sukron Makmun  -  Biro Klasifikasi Indonesia, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2017 Kapal

Citation Format:
Abstract

Perhitungan kekuatan konstruksi sangat diperlukan dalam mendesain sebuah kapal. Desain tersebut tidak lepas juga dari regulasi yang digunakan dalam perhitungan. Dalam hal ini, dilakukan analisa perbandingan desain konstruksi kapal yang diberikan 2 pembebanan, yang pertama pembebanan untuk kondisi perairan North Atlantic Ocean, yang kedua pembebanan pada kondisi perairan Indonesian Waterways . Perhitungan pembebanan struktur menggunakan regulasi BKI. Diketahui, regulasi BKI tersebut mempunyai rujukan kondisi lingkungan di daerah Samudera Atlantik Utara (Hw untuk nilai C0). BKI seharusnya mempunyai regulasi desain konstruksi yang disesuaikan dengan kondisi perairan Indonesia, dimana untuk nilai dari C0 dan Hw  lebih kecil. Harapanya dengan hasil ini , perancangan konstruksi dapat lebih efektif dan tidak mubazir. Kapal yang diteliti adalah kapal oil chemical tanker type 3. Analisa menggunakan software MSC Patran. Diketahui hasil respon struktur kapal pada perairan North Atlantic Ocean pada kondisi air tenang adalah 19,1 Mpa, sagging 23,9 Mpa dan hogging 59,1 Mpa. Kemudian pada perairan Indonesian Waterways  pada kondisi air tenang adalah 19,1 Mpa, sagging 12 Mpa , dan hogging 48,4 Mpa. Selisih respon struktur adalah 0%, 49,79% dan 18,10%. Untuk rekomendasi desain, perhitungan nilai modulus profil dan tebal plat yang dapat direduksi tidak boleh lebih dari 27,33%.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Mohammad Arif Kurniawan, dkk . 2016. “A Comparison of Three Different Water Areas and its Influence for Development of Rules Regulation”. Mokpo, Rep. Of Korea
  2. Wikipedia. 2017. Chemical Tanker. https://en.wikipedia.org/wiki/Chemical_tanker. (29 Agustus 2017)
  3. European Centre for Medium-range Weather Forecast (ECMWF). apps.ecmwf.int/datasets/data/interim-full-daily/levtype (27 Januari 2017)
  4. IACS. 2001. IACS Recommendation No.34 Standard Wave Data. United Kingdom. IACS
  5. Mohammad Arif Kurniawan, dkk . 2014. “Study on Wave Scatter Mapping of Indonesia Waterways Based on Hind-Cast Data” . Proceeding of Asian Pacific Technical Exchange and Advisory Meeting (TEAM). ITU Published
  6. F.B, Robert. 1988. “Motion In Waves and
  7. Controllability”, Principles of Naval Architecture Volume III, The Society of Naval Architects and Marine Engineers, USA
  8. Biro Klasifikasi Indonesia. 2016. Rules BKI Volume II Rules for Hull. Jakarta. Biro Klasifikasi Indonesia
  9. Kendrick, A, Daley dan C, Pavic, M. 2006. Comparative Studyof Ship Structure Design Standard. Submitted to US Maritime Administration. BMT Fleet Technology
  10. Rosyid, D.M., dan Setyawan, D. 2000. Kekuatan Struktur Kapal. Jakarta. Pradnya Paramita

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-25 03:07:35

No citation recorded.