skip to main content

Studi Perbandingan Performa Kapal Trimaran, Katamaran, dan Monohull Sebagai Kapal Penyeberangan di Kepulauan Karimunjawa

*Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Elvira Dwi Gustiarini  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2018 Kapal

Citation Format:
Abstract

Daerah wisata yang menarik dan terkenal di Pulau jawa salah satunya adalah Kepulauan Karimunjawa. Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Fasilitas pendukung pariwisata atau alat transportasi di sekitar Kepulauan Karimunjawa dirasa kurang, padahal banyak sekali pulau-pulau yang memiliki keindahan alamnya. Hal ini menunjukkan bahwa diperlukan usaha untuk mengembangkan teknologi kapal penyebarangan ke pulau-pulau salah satunya ke karimunjawa. Tujuan utama penelitian ini adalah studi perbandingan performa kapal trimaran, katamaran dan monohull sebagai kapal penyebrangan di kepulauan karimunjawa. Metodologi yang dipergunakan dalam penelitian yaitu membandingkan stabilitas dan olah gerak dari kapal trimaran, katamaran dan monohull. Dari hasil analisa didapatkan desain kapal katamaran yang memiliki nilai hambatan paling kecil pada kecepatan 24 knot adalah Catamaran sebesar 177,8 kN dengan power 3463,6 HP dan desain catamaran yang memiliki stabilitas yang baik, dengan simulasi kriteria semuanya memenuhi standar IMO.

Fulltext View|Download
Keywords: Kapal Penyebrangan; Performa Kapal; Kepulauan Karimunjawa

Article Metrics:

  1. D. Chrismianto, B. A. Adietya dan Y. Sobirin, “PENGARUH VARIASI BENTUK HULL KAPAL CATAMARAN TERHADAP BESAR HAMBATAN TOTAL MENGGUNAKAN CFD,” Kapal, vol. 11, no. 2, pp. 99-106, 2014
  2. D. Chrismianto dan B. A. Adietya, “PENGARUH VARIASI BENTUK BURITAN KAPAL TERHADAP HAMBATAN TOTAL MENGGUNAKAN METODE CFD,” Kapal, vol. 11, no. 3, pp. 154-161, 2014
  3. B. A. Adietya, A. Widyandari dan A. F. Zakki, “The Study on Stability and Seakeeping Characteristics of the Glass Bottom Boat Trimaran in Karimunjawa Island,” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, vol. 135, no. 1, pp. 1-8, 2018
  4. E. S. Hadi, S. Jokosisworo dan W. Widyanto, “ANALISA PERFORMA HULLFORM PADA PRA PERANCANGAN SPEED BOAT KATAMARAN UNTUK SEARCH AND RESCUE ( SAR ) DI PANTAI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA BERBASIS CFD,” Kapal, vol. 9, no. 1, pp. 6 - 13, 2012
  5. M. Iqbal dan G. Rindo, “PENGARUH ANTI-SLAMMING BULBOUS BOW TERHADAP GERAKAN SLAMMING PADA KAPAL PERINTIS 200 DWT,” kapal, vol. 13, no. 1, pp. 45-54, 2016
  6. M. Iqbal dan G. Rindo, “OPTIMASI BENTUK DEMIHULL KAPAL KATAMARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SEAKEEPING,” Kapal, vol. 12, no. 1, pp. 19 - 24, 2015
  7. E. Jahanbakhsh, R. Panahi dan M. S. Seif, “CATAMARAN MOTION SIMULATION BASED ON MOVING GRID TECHNIQUE,” Journal of Marine Science and Technology, vol. 17, no. 2, pp. 128 - 136, 2009
  8. S. P. Kim, “CFD as a seakeeping tool for ship design,” International Journal of Naval Architecture and Ocean Engineering, vol. 3, no. 1, pp. 65-71, 2011

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.