PERANCANGAN KAPAL IKAN KATAMARAN DENGAN PENGGERAK MESIN DAN LAYAR DI KABUPATEN REMBANG

*Eko sasmito Hadi  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
Open Access

Citation Format:
Abstract

Dalam tugas akhir ini direncanakan kapal penangkap ikan purse seine dengan bentuk lambung Katamaran yang efektif dan efisien dari segi teknis, mengingat kapal tradisional yang sudah beroperasi memiliki banyak kerugian dari segi waktu berlayar dan biaya operasional. Perencanaan kapal ini dimulai dengan penentuan parameter-parameter atau batasan-batasan yang sesuai dengan usaha penangkapan yang akan dijalankan. Perencanaan ini menitikberatkan kepada keunggulan kapal ikan Katamaran dibandingkan dengan kapal ikan purse seine tradisional dengan bentuk Mono Hull.

Metode formdata digunakan untuk membuat lambung katamaran. Katamaran dirancang dengan mengambil jarak separasi antar demihull S/L = 0,4. dengan metode slender body didapatkan bahwa kapal katamaran mempunyai hambatan 35,65% lebih kecil dari kapal tradisional dengan lambung monohull.

Rancang bangun kapal layar motor ini diangkat berdasarkan adanya kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam pembangunan kapal secara tradisional di Daerah Rembang dan pemanfaatan potensi sumber daya angin. Pemanfaatan sumber daya angin dengan cara pemasangan layar pada kapal katamaran dapat memberikan dara dorong tambahan hingga 47,3% pada kecepatan angin 20 knot
Keywords: catamaran;hull form;kapal ikan;hambatan;stabilitas;olah gerak kapal;kapal layar

Article Metrics:

Last update: 2021-04-22 18:22:22

No citation recorded.

Last update: 2021-04-22 18:22:22

No citation recorded.