skip to main content

Minat Kunjung Pembaca Ditinjau dari Desain Interior dan Koleksi Buku di Perpustakaan IAIN Palopo

Yonsen Fitrianto  -  Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
*Edhy Rustan orcid  -  Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
Mardi Takwim  -  Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
Received: 7 May 2021; Revised: 25 May 2022; Accepted: 28 May 2022; Published: 29 Jun 2022.

Citation Format:
Abstract

Keberadaan perpustakaan perguruan tinggi dimaksudkan untuk menunjang dan memfasilitasi kegiatan tridarma di lingkungan kampus. Perlu mengetahui variable yang berpengaruh dalam mengefektifkan tujuan tersebut. Desain interior yang menarik dan koleksi buku yang memadai menjadi salah satu daya tarik pengunjung.  Cara pandang data dalam penelitian ini mengunakan paradigma kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini untuk mengukur hubungan variabel desain interior (X1), koleksi buku perpustakaan (X2), dan minat kunjung pembaca (Y). Populasi berjumlah 2.802 ditarik dalam sampel menjadi 97 melalui teknik multistage sampling. Instrument pegumpulan data, mengunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan software SPSS versi 20 guna memberi gambaran korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil analisis korelasi diketahui terjadi hubungan simultan antara desain interior dan koleksi buku ditinjau dari minat kunjung. Berdasar dari hal itu, perlu adanya rancangan interior dan penambahan koleksi buku agar perpustakaan sesuai dengan harapan pengunjung. Minat kunjung pemustaka sangat dipengaruhi oleh desai interior dan koleksi buku. Perpustakaan dapat memperbaiki desain interior dengan memerhatikan aspek estetika, pengelolaan yang ekonomis, fungsi ruang, dan keamanan bahan pustaka, serta kenyamanan dan kesehatan pengunjung. Koleksi buku dipersiapkan dengan variative, relevan, dan mutakhir dengan kebutuhan informasi.

Fulltext View|Download
Keywords: perpustakaan; desain interior; koleksi buku; minat kunjung

Article Metrics:

  1. Adisti, A. R., & Heriyanto, H. (2012). Hubungan Pemanfaatan Teknologi Wi-Fi Dengan Tingkat Kunjungan Pemustaka Di Upt Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1(1), 60–66. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/1067/1089
  2. Adjie, M. D. (2011). Pengaruh Desain Interior Perpustakaan Terhadap Pembentukan Citra Positif Perpustakaan. Jurnal EduLib, 1(1), 77–86. https://doi.org/10.30736/jab.v3i02.60
  3. Afacan, Y. (2017). Sustainable Library Buildings: Green Design Needs and Interior Architecture Students’ Ideas for Special Collection Rooms. Journal of Academic Librarianship, 43(5), 375–383. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2017.07.002
  4. Ariyanti, Novarikha, Rengu, S. P., & Hermintatik. (2015). Peran Desain Interior Terhadap Kepuasan Pemustaka. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(11), 1868–1873. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/1002/413
  5. Bougdah, H., & Sharples, S. (2009). Environment, technology and sustainability (1st ed.). Taylor & Francis. https://doi.org/10.4324/9780203878408
  6. Chiara, D, J., & Crosbie, M. J. (2008). Timer Saver Standards for Building Types (4th ed.). Mc Graw-Hill
  7. Departemen Pendidikan Nasional RI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://kbbi.web.id/pusat
  8. Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan (1st ed.). Bumi Aksara
  9. Dodsworth, S., & Anderson, S. (2015). The Fundamental of Interior Design. Bloomsbury Publishing
  10. Donkai, S., Toshimori, A., & Mizoue, C. (2011). Academic Libraries as Learning Spaces in Japan: Toward the Development of Learning Commons. The International Information & Libray Review, 43(4), 215–220. https://doi.org/10.1016/j.iilr.2011.10.003
  11. Edward, B. W. (2011). Sustainability as a driving force in contemporary library design. Library Trends, 60(1), 190–214. https://doi.org/10.1353/lib.2011.0030
  12. Fahmi, Y. (2013). Desain Gedung Perpustakaan Perguruan Tinggi (Antara Fungsi dan Nilai Estetika). Jurnal Khizanah Al-Hikmah, 1(2), 142. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/download/31/12
  13. Halim, A., & Syukri, M. (2017). Minat, Sikap dan Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(2), 247–252. https://www.neliti.com/publications/188658/minat-sikap-dan-persepsi-mahasiswa-terhadap-pembelajaran-fisika-ditinjau-dari-in
  14. Hartiatin, Febi, Sumule, M., & Fachruddin, S. (2016). Analisis Desain Interior Ruang Baca pada Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Kabupaten Konawe dalam Mengembangkan Minat Baca Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO, 1(2). https://doi.org/10.52423/jikuho.v1i2.1425
  15. Hastoro, Widya, B., & Rumani, S. (2016). Pengaruh Ketersediaan Koleksi Buku Fiksi Terhadap Minat Kunjung Siswa di Perpustakaan SMK Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(1), 19–20. https://jurnal.ugm.ac.id/bip/article/view/13047
  16. Jamaluddin, N. (2017). Pengaruh Ketersediaan Koleksi Terhadap Kunjungan Pemustaka di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Makassar [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4272/1/NURLAELI JAMALUDDIN.pdf
  17. Kilic, D. K., & Hasirci, D. (2011). Day lighting concepts for university libraries and their influences on users’ satisfaction. The Journal of Academic Librarianship, 37(6), 471–479. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2011.07.003
  18. Kim, J. A. (2017). User Perception and Use of The Academic Library: A Correlation Analysis. The Journal of Academic Librarianship, 43(4), 209–215. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2017.03.002
  19. Kugler, C. (2007). 10 Interior Design Considerations and Developing The Brief Principal. CK Design International
  20. Kusuma, A. W., Komarudin, Y. T. S., & Ajie, M. D. (2015). Hubungan Antara Desain Interior dengan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Umum Kota Cimahi. Jurnal EduLib, 2(1). http://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/viewFile/8967/5558
  21. Little, G. (2012). A place of connection more than repository: Using technology in special collections. The Journal of Academic Librarianship, 38(3), 172–174. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2012.03.014
  22. Maryatun. (2020). Pemanfaatan Buku Teks Elektronik di Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 6(2), 77–88. https://doi.org/10.14710/lenpust.v6i2.28317
  23. Maulani, I. F., Winoto, Y., & Saepudin, E. (2012). Pengaruh Tata Ruang terhadap Motivasi Kerja. E-Journal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, 1(1), 1–12. https://doi.org/http://journal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1503/pdf
  24. Noviani, R., Rusmana, A., & Rodiah, S. (2014). Peranan Desain Interior Perpustakaan dalam Menumbuhkan Minat pada Ruang Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 2(1), 37–46. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11626
  25. Peterson, N. K. (2013). The developing role of the university library as a student learning center: Implications to the interior spaces within. Iowa State University, 137. https://lib.dr.iastate.edu/etd/13186
  26. Purwono. (2013). Perpustakaan dan Kepustakawanan Indonesia. Universitas Terbuka
  27. Puspita, I. A., & Jumino, J. (2014). Pengaruh Desain Interior Terhadap Minat Kunjung di UPT Perpustakaan Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 3(2), 91–100. https://doi.org/https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/issue/view/949
  28. Rejeki, S. (2020). Inovasi Dalam Pengembangan Koleksi Merupakan Daya Tarik terhada Kunjungan Pemustaka. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 131–145. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15199/10096
  29. Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra, 11(1), 88–100. https://doi.org/10.30829/iqra.v11i01.795
  30. Rustan, E. (2017). Learning Creative Writing Model Based on Neurolinguistic Programming. International Journal of Language Education and Culture Review, 3(2), 13–29. https://doi.org/10.21009/IJLECR.032.02
  31. Shane, J. (2012). Positioning your library for solar (and financial) gain. Improving energy efficiency, lighting, and ventilation with primarily passive techniques. The Journal of Academic Librarianship, 38(2), 115–122. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2012.01.004
  32. Sumadi, R. (2016). Peranan Desain Interior Perpustakaan bagi Pemustaka di Perpustakaan P3DSPBKP. Jurnal Pari, 2(1), 25–30. http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/JP/article/view/3246/2774
  33. Suwarno, W. (2011). Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Ar-Ruzz Media
  34. Tedjanuarta, D., Fathoni, T., & Ajie, M. D. (2015). Hubungan Ketersediaan Koleksi Fiksi dengan Minat Kunjung Peserta Didik pada Perpustakaan Sekolah (Studi Deskriptif pada Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Parongpong). Edulibinfo, 2(2), 97. http://ejournal.upi.edu/index.php/edulibinfo/article/view/8979/5577
  35. Tembalang, K. U. (2017). Persepsi Pemustaka tentang Layanan Reserve Books UPT Perpustakaan Undip. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(1), 43–57. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i1.16186
  36. Widjaja, J., & Halim, S. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung Mahasiswa ke Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Jurnal Titra, 2(1), 1–3. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php./teknik-industri/article/download/1730/1567
  37. Yulia, Y., & Sujana, J. G. (2009). Pengembangan Koleksi. Universitas Terbuka

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-14 13:06:06

No citation recorded.