skip to main content

Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi dalam Menggunakan Jurnal Elektronik

Shalcha Fatimah  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
*Heriyanto Heriyanto orcid scopus publons  -  Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 13 Dec 2021; Revised: 8 Jun 2022; Accepted: 8 Jun 2022; Published: 29 Jun 2022.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi perilaku pencarian informasi mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi di UIN Walisongo Semarang saat menggunakan jurnal elektronik sebagai sumber referensi ilmiah khususnya untuk penelitian. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan wawancara semi terstruktur untuk mengumpulkan data. Wawancara melibatkan sepuluh mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik thematic analysis dan menghasilkan tiga tema yang menggambarkan perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam memanfaatkan jurnal elektronik. Tema pertama, eksplorasi informasi menceritakan strategi pencarian informasi mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan informasinya. Tema kedua yaitu sumber informasi menunjukkan berbagai macam jurnal elektronik yang digunakan mahasiswa. Tema ketiga yaitu penggunaan jurnal elektronik yang menjelaskan pengalaman dan strategi mahasiswa dalam mengeksplorasi jurnal elektronik. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Perpustakaan UIN Walisongo Semarang dalam mengembangkan layanan jurnal elektroniknya untuk mahasiswa, sekaligus bermanfaat bagi mahasiswa dalam membangun strategi  penelusuran informasi dalam melakukan informasi ilmiah untuk keperluan studi.

Fulltext View|Download
Keywords: perilaku pencarian informasi; jurnal elektronik; sumber informasi ilmiah

Article Metrics:

  1. Bhat, N. A., Ganaie, S. A., & Khazer, M. (2015). Information behavior of scholarly community with e-resources: A case study of Sher-e-Kashmir University of Agricultural Sciences and Technology of Kashmir. Library Philosophy and Practice, 2015(1)
  2. Braun, V., & Clarke, V. (2012). Thematic analysis. In APA handbooks in psychology®. APA handbook of research methods in psychology, Vol. 2. Research designs: Quantitative, qualitative, neuropsychological, and biological (pp. 57–71). Washinton DC: American Psychological Association
  3. Heriyanto;, Prasetyawan, Y. Y., & Rohmiyati, Y. (2020). Information Literacy Experience of Undergraduate Students during Their Involvement in the University Creativity Program. Journal of Educational Research, 8(11), 5729–5734. https://doi.org/DOI: 10.13189/ujer.2020.082207
  4. Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
  5. Heriyanto, H. (2020). Preferensi penggunaan sumber informasi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(1), 35–48
  6. Hughes, H., Hall, N., & Pozzi, M. (2017). Library experience and information literacy learning of first year international students: An australian case study. Communications in Information Literacy, 11(2), 302–323. https://doi.org/10.15760/comminfolit.2017.11.2.4
  7. Johnston, A. N., Barton, M. J., Williams-Pritchard, G. A., & Todorovic, M. (2018). Youtube for millennial nursing students; using internet technology to support student engagement with bioscience. Nurse Education in Practice, 31(June), 151–155. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2018.06.002
  8. Magnusson, E., & Marecek, J. (2015). Doing interview-based qualitative research: A learner’s guide. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781107449893
  9. Nurdiansyah, E., Dhita, A. N., & Pratita, D. (2019). Analisis pemanfaatan jurnal elektronik oleh mahasiswa menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 175–182. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.27515
  10. Oktaviani, F. D., Yusup, P. M., & Khadijah, U. L. S. (2018). Penggunaan layanan open library dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa Telkom University. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(2), 127. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i2.12856
  11. Popescul, D., & Georgescu, M. (2015). Generation Y student in social media: What do we know about them? BRAIN: Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience, 6(3–4), 74–81
  12. Thomas, S., Tewell, E., & Willson, G. (2017). Where Students Start and What They Do When They Get Stuck: A Qualitative Inquiry into Academic Information-Seeking and Help-Seeking Practices. Journal of Academic Librarianship, 43(3), 224–231. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2017.02.016
  13. Wilson, T. D. (2000). Human Information Behavior. Informing Science, 3, 49–55. https://doi.org/10.28945/576

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-24 06:43:41

No citation recorded.