skip to main content

Evaluasi Pengelolaan Arsip Dinamis pada Unit Pengolah di Sekretariat Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

*Dwi Ridho Aulianto orcid scopus publons  -  Badan Riset dan Inovasi Nasional, Indonesia
Received: 12 Feb 2022; Revised: 3 Jun 2022; Accepted: 5 Jun 2022; Published: 29 Jun 2022.

Citation Format:
Abstract

Pengawasan kearsipan diselenggarakan sebagai upaya menjamin terlaksananya pengelolaan arsip dinamis yang efisien, efektif dan sistematis. Bentuk evaluasi pengelolaan arsip dapat dilakukan melalui pelaksanaan audit kearsipan internal. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai pencipta arsip bertanggung jawab terhadap pengelolaan arsip dinamis di lingkungannya yang didukung dengan sumber daya manusia dan prasarana sarana kearsipan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengelolaan arsip dinamis berdasarkan instrumen audit kearsipan internal yang ditetapkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan pada Bulan April sampai Juni Tahun 2021 terhadap empat unit pengolah di lingkungan Sekretariat Utama LIPI yaitu Biro Umum, Biro Perencanaan Keuangan, Biro Komunikasi Hukum dan Humas, Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia. Ruang lingkup penelitian ini pada pengelolaan arsip dinamis meliputi aspek penciptaan arsip, aspek penggunaan arsip, aspek pemeliharaan arsip, dan aspek penyusutan arsip. Hasil penelitian menunjukkan informasi bahwa pengelolaan arsip dinamis pada unit pengolah di lingkungan Sekretariat Utama LIPI pada aspek penciptaan arsip sudah baik. Aspek penggunaan arsip, aspek pemeliharaan arsip dan aspek penyusutan arsip perlu perbaikan dan pembenahan secara berkelanjutan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Fulltext View|Download
Keywords: audit kearsipan internal; pengelolaan arsip dinamis; pengawasan kearsipan

Article Metrics:

  1. Arsip Nasional Republik Indonesia. (2009). Peraturan Arsip Nasional Republik Indonesia No. 6 Tahun 2009 tentang Pengawasan Kearsipan. Jakarta: Kepala ANRI
  2. Handayani, T. (2018). Inovasi Sebagai Solusi pada Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Kearsipan. Anuva, 2(4), 413-428. DOI: 10.14710/anuva.2.4.413-428
  3. Hapsari, Y. A, & Suharso, P. (2021). Analisis Pengelolaan Arsip Dinamis di Kantor Kelurahan Pojoksari Kecamatan Ambarawa. Anuva, 5(4), 555-568. DOI: 10.14710/anuva.5.4.555-568
  4. Herawan, Lutfi. (2019). Strategi Peningkatan Pengelolaan Arsip Melalui Pengawasan Kearsipan Intern. Jurnal Kearsipan, 14(2), 107-120
  5. Indonesia. (2009). Undang- Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Jakarta: Presiden RI
  6. Kusumo, Probo (2019). Analisis Pengelolaan Arsip Dinamis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 201-205
  7. Kuswantoro, A., & Hartati, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Sarana Prasarana Kearsipan Terhadap Pengelolaan Arsip Dinamis di Kantor Kelurahan Se-Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan, 12(2), 171-185. http://dx.doi.org/10.22146/khazanah.48843
  8. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. (2020). Peraturan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 tentang Tata Naskah Dinas. Jakarta: Kepala LIPI
  9. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. (2020). Peraturan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 16 Tahun 2020 tentang Tata Kearsipan. Jakarta: Kepala LIPI
  10. Lolytasari, L. (2018). The Disposal of Archive in doing its Protection (Case Study at State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta dan Centre of Archive Administration University Indonesia). Record and Library Journal, 1(1), 26–38. https://doi.org/10.20473/rlj.V1-I1.2015.26-38
  11. Magetsari, N. (2008). Organisasi dan Layanan Kearsipan. Jurnal Kearsipan, 3(1), 1-17. Retrieved from https://anri.go.id/download/jurnal-vol.3anri122008-1571893021
  12. Mursid, Aditya, Heriyani Agustina, & Iskandar Zulkarnaen. (2020). Pengaruh Pengawasan Kepala Dinas terhadap Efektivitas Pengelolaan Arsip di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon. Jurnal Publika, 8(1), 28-41
  13. Murtiyono, G., & Prasetyawan, Y. Y. (2019). Pengelolaan Arsip Dinamis Dalam Mendukung Proses Pengambilan Keputusan Perencanaan Pembangunan Daerah Studi Kasus Di Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 311-320. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23237
  14. Nur'aini, R. N., & Rachman, M. A. (2019). Peran Survei dalam Mendukung Manajemen Arsip Dinamis di Perum LKBN Antara. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 5(1), 1-19. https://doi.org/10.14710/lenpust.v5i1.23581
  15. Putri, A. (2019). Program Penyusutan Arsip di Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan, 11(2), 74-86.doi: http://dx.doi.org/10.22146/khazanah.41262
  16. Putri, A., & Setyawan, H. (2020). Urgensi Implementasi Jadwal Retensi Arsip dalam Rangka Menuju Efisiensi dan Efektivitas Organisasi Studi Kasus di Universitas Negeri Yogyakarta. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan, 13(1), 34-46. http://dx.doi.org/10.22146/khazanah.54805
  17. Rahmawati, D. (2018). Penerapan Layanan Arsip Peraturan Pemerintah Sebagai Arsip Dinamis Inaktif Berdasarkan Klasifikasi Keamanan Dan Akses Arsip Di Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan, 1(2), 108-120. doi: https://doi.org/10.22146/diplomatika.35175
  18. Ramanda, R. S & Indrahti. S. (2015). Analisis Pengelolaan Arsip Inaktif Terhadap Temu Kembali Arsip di Pusat Arsip (Record Center) Politeknik Negeri Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3), 1-10. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9741
  19. Sari, E, Dailiati, S, & Saputra, T. (2018). Evaluasi Kebijakan Tata Naskah Dinas Di Universitas Lancang Kuning. Jurnal Niara, 10(2). 45-54. https://doi.org/10.31849/nia.v10i2.1901
  20. Sari, I. (2017). Record Center Sekolah Vokasi UGM: Analisis Kebutuhan, Rancangan, dan Desain untuk Teaching Industry. Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan, 1(1), 12-23. doi: https://doi.org/10.22146/diplomatika.28254
  21. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  22. Suhana. (2016). Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Ruang Penyimpan Arsip dalam Melakukan Kegiatan Pengelolaan Kearsipan di Pusat Reaktor Serba Guna. Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir, 13(1), 41-50. DOI: http://dx.doi.org/10.17146/bprn.2016.13.1.3884
  23. Tagbotor, D. P, Reindolf Yao Nani Adzido, & Prosper Gameli Agbanu. (2015). Analysis of Records Management and Organizational Performance. International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences. 5(2), pp. 1–16. http://dx.doi.org/10.6007/IJARAFMS/v5-i2/1557
  24. Takariani, C.S.D. (2014). Pengelolaan Informasi oleh Badan Publik Pemerintah Pasca Reformasi Birokrasi. Observasi, 12(1), 21-40. Retrieved from https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/observasi/article/view/169
  25. Wahyuni, T. & Bakhtarudindin. (2013). Alih Media Arsip Konvensional di Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kota Bukittinggi. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 2(1), 203-208. https://doi.org/10.24036/2324-0934
  26. Widyantika, Inez Yusrina & Titiek Suliyati. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Kegiatan Pengawasan Kearsipan oleh ANRI terhadap Kualitas Penyelenggaraan Kearsipan pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3), 190-200

Last update:

  1. Persepsi Arsiparis terhadap Implementasi Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

    Dendang Hermansyah, Dwi Ridho Aulianto, Tiara Desyanti Raharja, Firnalia Firnalia. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 9 (2), 2023. doi: 10.14710/lenpust.v9i2.54990

Last update: 2024-04-11 23:57:25

No citation recorded.