skip to main content

Pengaruh Motion Graphic di SMK 54 Jakarta terhadap Peningkatan Pemahaman tentang Perpustakaan

*Ario Adi Prakoso orcid  -  Universitas YARSI, Indonesia
Muhamad Yanuar Prayogo  -  Universitas YARSI, Indonesia
Received: 12 Nov 2022; Revised: 26 Mar 2024; Accepted: 2 Apr 2024; Published: 31 Jul 2024.

Citation Format:
Abstract

Penetapan Pandemi Covid-19 oleh pemerintah membuat banyak kegiatan yang gagal dilaksanakan. Salah satu contohnya yaitu kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMKN 54 Jakarta pada tahun ajaran 2021-2022 tidak dapat terlaksana, sehingga mengakibatkan siswa tidak mendapatkan pendidikan pemakai perpustakaan. Dampaknya banyak siswa yang tidak tahu tentang koleksi, layanan, dan fasilitas yang ada di perpustakaan. Pada penelitian ini bertujuan untuk menarik minat siswa dan siswi untuk lebih mengenal perpustakaan di SMKN 54 Jakarta dengan cara  menggunakan motion graphic. Selain itu juga sekaligus untuk melaksanakan pendidikan pemakai yang sempat tidak terealisasikan selama masa pandemi Covid-19.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre Eksperimen desain dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil uji normalitas pre-test mendapatkan nilai sebesar 0,117 > 0,05, dan pada post-test mendapatkan nilai sebesar 1,131 > 0,05 hal ini menunjukkan bahwa seluruh data terdistribusi secara normal. Hasil yang diperoleh dari paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 pada taraf signifikan 5%. Hasil 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya signifikansi positif yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni adanya pengaruh motion graphic di SMKN 54 Jakarta terhadap peningkatan pemahaman tentang perpustakaan.

Fulltext View|Download
Keywords: perpustakaan sekolah; pendidikan pemakai; motion graphic

Article Metrics:

  1. Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640
  2. Ananda, A. S., & Dewi, A. O. P. (2019). Studi Eksperimen Penggunaan Infografis Sebagai Media Pendidikan Pemakai di Perpustakaan SMA Stella Duce 2 Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4)
  3. Azim, A. (2019). Pembuatan Video promosi di perpustakaan smp negeri 18 padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 8(2), 236–241
  4. Febrianti, B. R. (2019). Pendidikan Pemakai (User Education) Bagi Mahasiswa Baru di Perpustakaan Universitas Sriwijaya. Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat Membaca, 35(1), 015–022
  5. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII (Ed. 8). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
  6. Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. QUADRANT
  7. Kastro, A. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1), 92–100. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i1.40887
  8. Lusianai, W. O., Muliati., Astin., & Jabar, A. S. (2022). Model Pengembangan Perpustakaan Sekolah Berbasis Guru Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 8(2), 85-94. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i2.36532
  9. Maulana, H., & Zarassita, D. (2017). Pembuatan Brand Mark dan Motion Graphic Logo Pada Rebranding Project PT Astra Graphia Information Technology. Multinetics, 3(2), 62–67. https://doi.org/10.32722/vol3.no2.2017.pp18-25
  10. Novriliam, R., & Yunaldi. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 1(1), 141-150
  11. Okonoko, V. N., & Eruvwe, U. (2021). Utilization of Information and Communication Technology Based Information Resources in Library User Education Programmes: A Study of Colleges of Education in South-South, Nigeria. Information Impact: Journal of Information and Knowledge Management, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.4314/iijikm.v12i1.6
  12. Purwanti, A., & Haryanto. (2015). Pengembangan Motion Graphic Pembelajaran Mata Pelajaran
  13. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 190-200. https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7609
  14. Rangkuti, L. A. (2014). Pentingnya Pendidikan Pemakai (User Education) Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Iqro, 8(1), 40-47
  15. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.CV
  16. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta
  17. Utomo, S. F. P. and Sidik, N. L. (2022). Pengaruh video motion grafik terhadap pengetahuan perawat dalam upaya deteksi dini: pengkajian 2 menit di lapas, Kesehatan Al-Irsyad, 15 (1), 35–40

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-03 23:41:53

No citation recorded.