skip to main content

Pengaruh Variabel dari Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Penerimaan Layanan Unggah Mandiri di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

*Almas Inti Kiasati  -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Labibah Labibah  -  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Received: 2 Apr 2023; Revised: 21 Dec 2023; Accepted: 25 Dec 2023; Published: 30 Dec 2023.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh variabel dari Technology Acceptance Model (TAM) terhadap penerimaan layanan unggah mandiri di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika intervensi yaitu dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah alumni ISI yang telah mengikuti wisuda pada periode September 2022, jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 534 orang, adapun peneliti mengambil sampel 10% dari total populasi yaitu 53 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerimaan teknologi terhadap penggunaan layanan unggah mandiri cukup baik, faktor penerimaan ini ada karena layanan unggah mandiri di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta dinilai mudah dipahami mulai dari fitur dan fasilitasnya. Hal ini dibuktikan dengan nilai 84,2% yang didapatkan untuk variabel kemudahan layanan unggah mandiri.

Fulltext View|Download
Keywords: penerimaan teknologi; layanan unggah mandiri; technology acceptance model (tam)

Article Metrics:

  1. Anzaeni, M. W., & Latifah, L. (2017). Analisis Penerimaan Penggunaan Otomasi Perpustakaan Unnes Berdasarkan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam). Economic Education Analysis Journal, 6(2), 530–548
  2. Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Remaja Rosdakarya
  3. Fahlevi, P., & Dewi, A. O. P. (2019). Analisis Aplikasi Ijateng Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 103–111
  4. Herwanto, R., Informasi, D. S., Meneng, G., Lampung, B., Informatika, D., Zainal, J., Pagar, A., Meneng, G., & Lampung, B. (n.d.). 3550-File Utama Naskah-7539-1-10-20211014. 7–14
  5. Irawati, I. (2020). Praktik signifikasi atas transformasi pelayanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(2), 207. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i2.26723
  6. Khoerunnisa, R., Sukaesih, A., & Rodiah, S. (2022). Kegiatan penyediaan pelayanan perpustakaan dalam layanan unggah mandiri tugas akhir: studi kualitatif layanan unggah mandiri tugas akhir di Telkom University. Informatio: Journal of …, 2(1), 61–84. http://journal.unpad.ac.id/informatio/article/view/37951%0Ahttp://journal.unpad.ac.id/informatio/article/download/37951/17637
  7. Muhson, A. (2006). Teknik Analisis Kuantitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf
  8. Narendra, A. P. (2022). Analisis Penerimaan Pengguna terhadap Penerapan Teknologi Informasi pada layanan Perpustakaan Digital Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) di Perpustakaan UNIKA Widya Karya Malang. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 169. https://doi.org/10.29240/tik.v6i2.4438
  9. Nurcahyadi, I. (2022). Efektivitas Komunikasi Pustakawan dengan Pemustaka pada Layanan Unggah Mandiri di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(2), 71–79. https://doi.org/10.24821/jap.v2i2.6981
  10. Nurhastuti, D. (2019). Implementasi teknologi informasi: sistem aplikasi unggah mandiri pada Unit IT Support & Digital Resources Perpustakaan UGM. Media Informasi, 28(1), 48–60. https://doi.org/10.22146/mi.v28i1.3932
  11. Nurhastuti, D., Haryanta, H., & Indaryani, N. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Sistem Layanan Unggah Mandiri Karya Akhir Mahasiswa (UMKAM) di Perpustakaan UGM. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(2), 80. https://doi.org/10.22146/bip.17235
  12. Pujiastuti, A. (2020). Unggah Mandiri Local Content: Tren Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 2(2), 129–138. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jipi/article/view/951
  13. Pujiastuti, A., & Kusuma, G. P. R. (2017). Evaluasi Usability Portal Unggah Mandiri Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan. Perpustakaan Sebagai Inkubator Inovasi Dan Kreativitas Sumber Daya Manusia (SDM) DanTeknologi Informasi (TI) "., 41–46
  14. Sau, P. C., Rahmawati, T. S., & Yusup, P. M. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Senayan Library Management System Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Timor. Edulib, 9(2), 154–169. https://doi.org/10.17509/edulib.v9i2.18860
  15. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta
  16. Suharsimi, A. (1992). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta
  17. Sutini, N. R. (2019). Responsivitas Pustakawan Dalam Mengembangkan Layanan Referensi di Perpustakaan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(1), 238–247. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26787

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-26 08:07:10

No citation recorded.