Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{MKMI40820, author = {Evita Puspitaningrum and Sri Widati}, title = {Perbandingan Efektivitas Instagram dan Line dalam Perilaku Bahaya Rokok Elektrik pada Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya}, journal = {MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA}, volume = {21}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {Instagram; Line; Rokok Elektrik; Perubahan Perilaku; Sosial Media}, abstract = { Latar belakang: Penggunaan rokok tembakau saat ini telah beralih menjadi rokok elektrik terutama pada kalangan remaja di dunia. Karena, kurangnya pemahaman tentang bahaya rokok elektrik. Sehingga, pemahaman tentang rokok elektrik perlu ditingkatkan dengan melakukan promosi kesehatan sebagai bentuk pencegahan menggunakan media visual. Penelitian ini menggunakan Instagram dan Line sebagai media promosi kesehatan bahaya rokok elektrik dan sasarannya adalah mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan efektivitas media sosial Instagram dan Line sebagai media promosi kesehatan tentang bahaya rokok elektrik. Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dan sasarannya adalah mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya angkatan 2016-2020 dengan total sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel di-lakukan dengan menggunakan Lemeshow dari Stanley Lemeshow (1997). Penelitian ini menggunakan pengukuran uji T berpasangan dan independent sample t-test . Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat penge-tahuan antara kelompok media sosial Instagram dan Line . Sedangkan sikap terdapat perbedaan pada media sosial Instagram , dan tindakan terdapat perbedaan pada media sosial Line . Niat tidak terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan media sosial Instagram dan Line . Simpulan : Media sosial Line lebih efektif dibanding Instagram dalam meningkatkan pengetahuan tentang bahaya rokok elektrik. Kata kunci: Instagram ; Line ; Rokok Elektrik; Perubahan Perilaku; Sosial Media ABSTRACT Title: Comparison of the Effectiveness of Instagram and Line in Behavior Dangerous of E-Cigarettes on the Students of Universitas Airlangga Surabaya Background: In this era, using tobacco cigarettes has turned into e-cigarettes, especially among teenagers in the world. Because, a lack of understanding about the dangers of e-cigarettes. So, understanding about e-cigarettes needs to be im-proved by carrying out health promotion as a form of prevention using social media. This study uses Instagram and Line as health promotion media about the dangers of e-cigarettes and the target were students of Unversitas Airlang-ga Surabaya. The purpose of this study was to compare the effectiveness of social media Instagram and Line as health promotion media about the dan-gers of e-cigarettes. Method: This study used a quasi-experimental methods and the target were students of Universitas Airlangga Surabaya batch 2016-2020 with total sample of 100 respondents. The sample was taken using Lemeshow by Stanley Lemeshow (1997). This study used paired-samples t test and independent sample t test measure. Result: The result of this study showed that there was a difference in knowledge be-tween media social Instagram group and Line group. Meanwhile, there are attitudes difference in media social Instagram and actions are different in social media Line. Intention is not different between before and after being given social media Instagram and Line. Conclusion : It is concluded that social media Line is more effective than social media Instagram in increasing knowledge about the dangers of e-cigarettes. Keywords : Instagram; Line; E-cigarette; Behaviour Change; Social Media }, issn = {2775-5614}, pages = {22--27} doi = {10.14710/mkmi.21.1.22-27}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkmi/article/view/40820} }
Refworks Citation Data :
Latar belakang: Penggunaan rokok tembakau saat ini telah beralih menjadi rokok elektrik terutama pada kalangan remaja di dunia. Karena, kurangnya pemahaman tentang bahaya rokok elektrik. Sehingga, pemahaman tentang rokok elektrik perlu ditingkatkan dengan melakukan promosi kesehatan sebagai bentuk pencegahan menggunakan media visual. Penelitian ini menggunakan Instagram dan Line sebagai media promosi kesehatan bahaya rokok elektrik dan sasarannya adalah mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan efektivitas media sosial Instagram dan Line sebagai media promosi kesehatan tentang bahaya rokok elektrik.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu dan sasarannya adalah mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya angkatan 2016-2020 dengan total sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel di-lakukan dengan menggunakan Lemeshow dari Stanley Lemeshow (1997). Penelitian ini menggunakan pengukuran uji T berpasangan dan independent sample t-test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat penge-tahuan antara kelompok media sosial Instagram dan Line. Sedangkan sikap terdapat perbedaan pada media sosial Instagram, dan tindakan terdapat perbedaan pada media sosial Line. Niat tidak terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan media sosial Instagram dan Line.
Simpulan: Media sosial Line lebih efektif dibanding Instagram dalam meningkatkan pengetahuan tentang bahaya rokok elektrik.
Kata kunci: Instagram; Line; Rokok Elektrik; Perubahan Perilaku; Sosial Media
ABSTRACT
Title: Comparison of the Effectiveness of Instagram and Line in Behavior Dangerous of E-Cigarettes on the Students of Universitas Airlangga Surabaya
Background: In this era, using tobacco cigarettes has turned into e-cigarettes, especially among teenagers in the world. Because, a lack of understanding about the dangers of e-cigarettes. So, understanding about e-cigarettes needs to be im-proved by carrying out health promotion as a form of prevention using social media. This study uses Instagram and Line as health promotion media about the dangers of e-cigarettes and the target were students of Unversitas Airlang-ga Surabaya. The purpose of this study was to compare the effectiveness of social media Instagram and Line as health promotion media about the dan-gers of e-cigarettes.
Method: This study used a quasi-experimental methods and the target were students of Universitas Airlangga Surabaya batch 2016-2020 with total sample of 100 respondents. The sample was taken using Lemeshow by Stanley Lemeshow (1997). This study used paired-samples t test and independent sample t test measure.
Result: The result of this study showed that there was a difference in knowledge be-tween media social Instagram group and Line group. Meanwhile, there are attitudes difference in media social Instagram and actions are different in social media Line. Intention is not different between before and after being given social media Instagram and Line.
Conclusion: It is concluded that social media Line is more effective than social media Instagram in increasing knowledge about the dangers of e-cigarettes.
Keywords: Instagram; Line; E-cigarette; Behaviour Change; Social Media
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-13 03:03:31