skip to main content

Pelaksanaan Tujuh Langkah Menuju Keselamatan Pasien di Puskesmas X Kabupaten Demak

*Farah Afanindya Jessedanta Putri  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Septo Pawelas Arso  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Rani Tiyas Budiyanti  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2022 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Keselamatan pasien merupakan salah satu isu penting dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini menganalisis pelaksanaan program keselamatan pasien ditinjau dari tujuh langkah menuju keselamatan pasien di Puskesmas X Kabupaten Demak.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah informan utama yaitu anggota keselamatan pasien, dan informan triangulasi yaitu kepala puskesmas, kepala tata usaha, ketua UKM, dan pasien.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian masih ditemukan adanya insiden, terjadi keterlambatan pelaporan, tidak adanya agenda khusus keselamatan pasien, pelaporan hanya untuk internal, selama pandemi COVID-19 pelaksanaan keselamatan pasien kurang optimal.

Simpulan: Tujuh langkah menuju keselamatan pasien di puskesmas X Kabupaten Demak belum terlaksana dengan optimal.

Kata Kunci : Keselamatan pasien; tujuh langkah menuju keselamatan pasien; puskesmas; insiden keselamatan pasien

 

ABSTRACT

Title: Implementation of The Seven Steps to Patient Safety at Puskesmas X Demak

Background: Patient safety is one of the important issues in health care. This study proves the safety program of the seven steps towards safety at Puskesmas X Demak district.

Method: This study uses a qualitative method with a descriptive approach. The subjects of this study were the main informants, namely members of patient safety, and triangulation of informants, namely the head of the puskesmas, the head of administration, the head of the UKM, and the patient.

Result: The results of the study, it was still found that there were incidents, there were delays in reporting, there was no special patient safety agenda, reporting was only for internal, during the COVID-19 pandemic the implementation of patient safety was less than optimal.

Conclusion: Seven steps towards patient safety at Puskesmas X, Demak district have not been implemented optimally.

Keywords: Patient safety; seven steps to patient safety; puskesmas; patient safety

Fulltext View|Download
Keywords: Keselamatan pasien; tujuh langkah menuju keselamatan pasien; puskesmas; insiden keselamatan pasien

Article Metrics:

  1. Islami K, Arso SP, Lestantyo D. Analisis Pelaksanaan Program Keselamatan Pasien Puskesmas Mangkang, Kota Semarang. J Kesehat Masy. 2018;6(4):27–41
  2. Octaviani N, Hilda H, Nulhakim L. Evaluasi Pelaksanaan Tujuh Langkah Menuju Keselamatan Pasien Di Puskesmas Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. J Kedokt Mulawarman. 2020;7(2):30
  3. Lestari endang sri. Sistem Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Disebuah Rumah Sakit Swasta Di Kudus. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689–99
  4. Rachmawati A, Wigati P, Sriatmi A. Analisis Pelaksanaan Tujuh Langkah Menuju Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. J Kesehat Masy Univ Diponegoro. 2017;5(1):1–7
  5. Octaviani N, Nulhakim L. Evaluasi Pelaksanaan Tujuh Langkah Menuju Keselamatan Pasien Di Puskesmas Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. J Kedokt Mulawarman. 2020;7(September):30–42
  6. Taufiq AR. Penerapan Standar Operasional Prosedur (Sop) Dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit. J Profita. 2019;12(1):56
  7. Bahrudin L, Bahrudin L, Studi P, Kesehatan M, Kesehatan F, Qamarul U, et al. Pengalaman Keluarga Berkomunikasi dengan Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Bima Nurs J. 2020;2(1):16–22
  8. Arumsari DP, Emaliyawati E, Sriati A. Hambatan Komunikasi Efektif Perawat Dengan Keluarga Pasien Dalam Perspektif Perawat. J Pendidik Keperawatan Indones. 2017;2(2):104
  9. Abdoellah, Awan Y; Rusfiana Y. Teori dan Analisis Kebijakan Publik. 1st ed. Alfabeta Bandung. Bandung: Alfabeta; 2016. 71–74 p
  10. Ramdhani A, Ramdhani MA. Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. J Publik. 2017;11 (01):1–12
  11. Astriyani S, Suryoputro A, Budiyanti RT. Pelaksanaan Keselamatan Pasien di Puskesmas X Ditinjau dari Tujuh Langkah Menuju Keselamatan Pasien. 2021;150–8
  12. Perawironegoro D. Hubungan antara struktur organisasi dengan efektifitas organisasi di pesantren relationship between organizational structure with the effectiveness of the organization in pesantren. J Kependidikan Islam. 2019;5(2):179–96

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.