skip to main content

Analisis Penyebab Pending Claim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Airlangga

*Erlia Safa Maulida  -  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Dr. Seotomo Surabaya, Indonesia
Achmad Djunawan  -  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Rumah Sakit Dr. Seotomo Surabaya, Indonesia
Open Access Copyright 2022 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Klaim BPJS Kesehatan merupakan penyerahan biaya pengobatan peserta BPJS Kesehatan oleh Rumah Sakit kepada BPJS Kesehatan yang dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada BPJS Kesehatan setiap bulan. Pembiayaan kesehatan merupakan bagian terpenting dari implementasi Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan di Rumah Sakit oleh BPJS Kesehatan melalui pengajuan klaim. Namun, hasil akhir pengajuan klaim berupa status klaim layak atau status klaim tidak layak (Pending Claim), oleh karena itu tidak semua berkas yang diajukan dapat terklaimkan, sehingga status klaim dinyatakan tidak layak atau pending klaim terjadi apabila berkas klaim yang diajukan oleh Rumah Sakit belum lengkap. Tujuan penelitian ini menganalisis penyebab pending claim berkas BPJS Kesehatan pelayanan rawat inap berdasarkan pengumpulan data.

Metode: Metode penelitian ini kuantitatif desain crosectional yaitu pendekatan yang berdasarkan pengumpulan data yang dapat menyajikan informasi dalam waktu yang singkat. Periode 02 Februari 2022 sampai dengan 02 Maret 2022.

Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah 720 berkas pengajuan klaim pada pelayanan rawat inap RS Universitas Airlangga dengan tiga (3) status klaim yaitu, terdapat 720 berkas dengan status klaim layak, 88 berkas dengan status klaim tidak sesuai atau pending, dan 0 dengan status klaim dispute.

Simpulan: Penyebab terjadinya pending klaim di Rumah Sakit Universitas Airlangga dikarenakan 4 faktor yaitu: Berkas tidak lengkap, kurang tepatnya coding, kurangnya pemeriksaan penunjang dan kurangnya eviden terapi.

Kata kunci: klaim BPJS kesehatan; status klaim; penyebab pending klaim


ABSTRACT

Title: Analysis of the Causes of Pending BPJS Health Claims on Inpatients at the Airlangga University Hospital

Background: BPJS Health claims are medical expenses for BPJS Health participants by the Hospital to BPJS Health which are carried out collectively and billed to BPJS Health every month. Health financing is the most important part of the implementation of the National Health Insurance which is held in hospitals by BPJS Health through filing claims. However, the final result of submitting a claim is in the form of a proper status or an improper claim status (Pending Claim), therefore not all files submitted can be claimed, so that the claim status is declared inappropriate or a claim pending occurs if the claim file submitted by the Hospital is incomplete. The purpose of this study was to analyze the causes of delayed claims for BPJS Health files for inpatient services based on data collection.

Method: This research method is quantitative with a cross-sectional design, namely an approach based on data collection that can present information in a short time. Period 02 February 2022 to 02 March 2022.

Result: The results of this study were 720 submissions for claims for inpatient services at Universitas Airlangga Hospital with three (3) claim statuses, namely, there were 720 files with proper claim status, 88 files with inappropriate or pending claim status, and 0 with claim status dispute.

Conclusion: The cause of claims at the Airlangga University Hospital was due to 4 factors, namely: incomplete files, lack of precise coding, lack of examination and evidence of therapy.

Keywords: BPJS health claims; claim status; causes of pending claims

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Data Analysis
Analisis Penyebab Pending Claim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Airlangga
Subject Klaim BPJS Kesehatan, Status Klaim, Penyebab Pending Klaim.
Type Data Analysis
  Download (514KB)    Indexing metadata
Keywords: klaim BPJS kesehatan; status klaim; penyebab pending klaim

Article Metrics:

  1. Junior, D. H. M. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. 3(2), 1–46. Http://Journal.Stainkudus.Ac.Id/Index.Php/Equilib Rium/Article/View/1268/1127
  2. Satrianegara, Mf. 2014. Organisasi Dan Manajemen Pelayanan Kesehatan: Teori Dan Aplikasi Dalam Pelayanan Puskesmas Dan Rumah Sakit. Jakarta: Salemba Medika
  3. Tyas Ardhitya, Agus Perry K, S.Kg, M. K. (2015). Faktor-Faktor Yang Melatar Belakangi Penolakan Klaim Bpjs Oleh Verifikator Bpjs Di Rsjd Dr. Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015. Jurnal Universitas Dian Nuswantoro, 2(2), 1–10
  4. Santiasih, W. A. Dkk. (2021). Analisis Penyebab Pending Klaim Bpjs Kesehatan. 7(2), 1381– 1394
  5. Correa, G., & Montero, A. V. (2013). Permenkes No 69 Tahun 2013. 1–10
  6. Hendra Rohman, Aris Wintolo, E. S. (2021). Analysis Pending Claim Payments The Indonesian National Health Insurance System In Vedika System Nur Hidayah Hospital Yogyakarta. Jurnal Wiyata, 8, 72–83
  7. Kemenkes R.I. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Sistem Ina Cbgs
  8. Junior, D. H. M. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional
  9. BPJS Kesehatan. (2014). Petunjuk Teknis Verifikasi Klaim. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, 1–46
  10. Sciences, H. (2016). Persi 2016. 4(1), 1–23
  11. SK Pb Idi No 315/Pb/A.4/88
  12. Irmawati, I., Kristijono, A., Susanto, E., & Belia, Y. (2018). Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Pasien Rawat Inap Ditinjau Dari Syarat- Syarat Pengajuan Klaim Di Rsud R.A Kartini Jepara. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 1(1), 45. Https://Doi.Org/10.31983/Jrmik.V1i1.3594
  13. Tyas Ardhitya, Agus Perry K, S.Kg, M. K. (2015). Faktor-Faktor Yang Melatar Belakangi Penolakan Klaim Bpjs Oleh Verifikator Bpjs Di Rsjd Dr. Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015. Jurnal Universitas Dian Nuswantoro, 2(2), 1–10
  14. Sulaimana A. Pengembalian Berkas Klaim Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Di Rsud Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak [Internet]. 2017;77– Available From: Http://Etd.Repository.Ugm.Ac.Id/Index.Php?Mod=Penelitian_Detail&Sub=Penelitiandetail&Act=Vi Ew&Typ=Html&Buku_Id=130373&Obyek_Id=4
  15. Megawati, L., & Pratiwi, R. D. (2016). Faktor- Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Persyaratan Klaim Bpjs Pasien Rawat Inap Di Rs Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1), 36. Https://Doi.Org/10.22146/Jkesvo.27476
  16. Noviatri, L. W. (2016). 27473-71233-1-Pb. 1(1), 22–26
  17. Santiasih, W. A. Dkk. (2021). Analisis Penyebab Pending Klaim Bpjs Kesehatan. 7(2), 1381– 1394

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-17 17:00:29

No citation recorded.