skip to main content

Literatur Review : Analisis Penerapan Sistem Informasi Rumah Sakit Terhadap Kepuasaan Pasien dengan Konsep Model DeLone dan McLean

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Received: 15 Dec 2023; Revised: 15 Jan 2024; Accepted: 3 Feb 2024; Published: 1 Jun 2024.
Open Access Copyright (c) 2024 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang : Seiring dengan perkembangan digitalisasi instansi pelayanan publik terutama rumah sakit, kemajuan sebuah sistem informasi menjadi hal penting. Adanya inovasi digital sistem informasi akan mempengaruhi proses pelayanan rumah sakit dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Rumah sakit merupakan organisasi padat sumber daya dan padat aktifitas sehingga adanya inovasi sistem informasi akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pelayanan kesehatan. Perkembangan sistem informasi rumah sakit saat ini dapat berupa sistem pendaftaran online, antrian online serta verifikasi data dengan sidik jari (finger print). Menurut DeLone dan McLean keberhasilan sistem informasi dapat dinilai dari enam indikator yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, manfaat bersih dan kepuasaan pengguna. Perkembangan sistem informasi mampu menjadikan pelayanan kesehatan menjadi efektif dan efisien sehingga mampu meningkatkan kepuasaan pasien.
Metode : Tinjauan pustaka untuk menelaah jurnal mengenai penerapan sistem informasi rumah sakit terhadap kepuasan pasien dengan menggunakan konsep model DeLone dan McLean
Hasil : Berdasarkan 10 artikel yang telah dianalisis menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan pada penerapan sistem informasi rumah sakit dapat meningkatkan kepuasan pasien yang berdampak pada intensitas penggunaan dan manfaat bersih rumah sakit.
Kesimpulan : Penerapan sistem informasi rumah sakit menjadikan proses layanan kesehatan menjadi lebih efektif dan efisien. Kesuksesan sebuah sistem informasi rumah sakit dapat dinilai dari kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan sistem tersebut yang dapat meningkatkan kepuasan pasien sehingga berdampak positif pada intensitas penggunaan dan manfaat bersih yang diperoleh rumah sakit.

Kata kunci : sistem informasi rumah sakit; kesuksesan sistem informasi; model DeLone dan McLean; kepuasaan pasien

 

ABSTRACT
Title: Literature Review: Analysis of the Implementation of Hospital Information Systems on Patient Satisfaction with the DeLone and McLean Model Concept

Background : Along with the development of digitalization of public service agencies, especially hospitals, the progress of an information system has become important. The existence of digital information system innovation will influence the hospital service process in providing effective and efficient services. Hospitals are resource-intensive and activity-intensive organizations so that information system innovation will increase the efficiency and effectiveness of the health service process. Current developments in hospital information systems include online registration systems, online queues and data verification using fingerprints. According to DeLone and McLean, the success of an information system can be assessed from six indicators, namely system quality, information quality, service quality, use, net benefits and user satisfaction. The development of information systems is able to make health services effective and efficient so as to increase patient satisfaction.
Method : Literature review to examine journals regarding the application of hospital information systems to patient satisfaction using the DeLone and McLean model concept
Results : Based on the 10 articles that have been analyzed, it shows that system quality, information quality, service quality in the implementation of hospital information systems can increase patient satisfaction which has an impact on the intensity of use and net benefits of the hospital.
Conclusion: The implementation of a hospital information system makes the health service process more effective and efficient. The success of a hospital information system can be assessed from the quality of the system, the quality of the information and the quality of the system's services which can increase patient satisfaction so that it has a positive impact on the intensity of use and the net benefits obtained by the hospital.

Keywords: hospital information system; information system success; DeLone and McLean model; patient satisfaction

Fulltext View|Download
Keywords: sistem informasi rumah sakit; kesuksesan sistem informasi; model DeLone dan McLean; kepuasaan pasien

Article Metrics:

  1. Republik Indonesia. Undang - Undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. 2009
  2. Kenneth, C. L & Jane, P.L. Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan digital edisi 10. Jakarta: Salemba Empat. 2008
  3. De Lone, William & Mc Lean, Ephraim. The De Lone and Mc Lean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. J. of Management Information Systems. 2003.19. 9-30
  4. Ramadhan, S., & Safitri, N. Model Kesuksesan Sistem Informasi De Lone Dan Mc Lean Terhadap Sistem Informasi Akademik Pada Universitas Bina Insani. Information Management for Educators and Profesionals. 2021. 5(2). 85 - 96
  5. Wulansari, Anita & Prapanca, Juniar & Inayati, Immah. Mengukur kesuksesan website Rumah Sakit Darmo Surabaya menggunakan model De Lone dan Mc Lean. Jurnal Teknologi. 2023. 11. 26 - 33
  6. Muhammad, M., & Arief, A. Evaluasi Faktor - Faktor Sukses Sistem Informasi Rumah Sakit Pada Rumah Sakit XYZ MMenggunakan Model De Lone dan Mc Lean. Indonesian Journal on Information System. 2020. 5(2), 168–177
  7. Nuraminudin, M. & Nugraha, Airlangga. SISTEM RESERVASI ONLINE RUMAH SAKIT SEBAGAI SOLUSI ANTRIAN PADAT DI RSUD WARAS WIRIS BOYOLALI. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains. 2023. 5. 98-105
  8. Darmawan, M. A., & Hendyca Putra, D. S. EVALUASI KESUKSESAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DENGAN METODE DELONE AND MCLEAN. Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan. 2020. 1(3).174–185
  9. Lathif, T. DE LONE MC LEAN MODEL SEBAGAI KONSTRUK PENGUKURAN FAKTOR KEBERHASILAN PENERAPAN E- HEALTH DI SURABAYA. Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas. 2020. 13(1), 45–54
  10. Tri Hendaryanti, R. A., & Deharja, A. Analisis Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) dengan Menggunakan Metode Delone and Mclean di Unit Rekam Medis RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan. 2020. 1(3), 357–363
  11. Wahyuningsih, T. Penilaian kualitas billing sytsem dengan pendekatan model Delone dan Mclean di rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Journal of Information Systems for Public Health. 2017. 2(3), 1–8
  12. Wulandari, T., Indar, I., Aripa, L., & Kurniawan K, R. Sistem Rujukan Online Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan di RSUD Syekh Yusuf Gowa. Jurnal Promotif Preventif. 2022. 4(2), 100-106
  13. Alferi, B. ., Wulan, T. D. ., & Susanto, F. A. EVALUASI KESUKSESAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE DI RSI SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE (DE LONE & MCLEAN). PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH. 2021. 1(1)
  14. Alolayyan, M. N., Alyahya, M. S., Alalawin, A. H., Shoukat, A., & Nusairat, F. T. Health information technology and hospital performance the role of health information quality in teaching hospitals. Heliyon. 2020. 6(10)
  15. Sanjuluca, T. H. P., de Almeida, A. A., & Cruz-Correia, R. Assessing the Use of Hospital Information Systems (HIS) to Support Decision-Making: A Cross-Sectional Study in Public Hospitals in the Huíla Health Region of Southern Angola. Healthcare (Basel, Switzerland). 2022. 10 (7). 1267

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-05-28 21:44:37

No citation recorded.