Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{MKMI60672, author = {Pirsa Hatpri Nur Ira and Septo Pawelas Arso and Ayun Sriatmi}, title = {Literatur Review : Analisis Penerapan Sistem Informasi Rumah Sakit Terhadap Kepuasaan Pasien dengan Konsep Model DeLone dan McLean}, journal = {MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA}, volume = {23}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {sistem informasi rumah sakit; kesuksesan sistem informasi; model DeLone dan McLean; kepuasaan pasien}, abstract = { Latar belakang : Seiring dengan perkembangan digitalisasi instansi pelayanan publik terutama rumah sakit, kemajuan sebuah sistem informasi menjadi hal penting. Adanya inovasi digital sistem informasi akan mempengaruhi proses pelayanan rumah sakit dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Rumah sakit merupakan organisasi padat sumber daya dan padat aktifitas sehingga adanya inovasi sistem informasi akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pelayanan kesehatan. Perkembangan sistem informasi rumah sakit saat ini dapat berupa sistem pendaftaran online, antrian online serta verifikasi data dengan sidik jari (finger print). Menurut DeLone dan McLean keberhasilan sistem informasi dapat dinilai dari enam indikator yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, manfaat bersih dan kepuasaan pengguna. Perkembangan sistem informasi mampu menjadikan pelayanan kesehatan menjadi efektif dan efisien sehingga mampu meningkatkan kepuasaan pasien. Metode : Tinjauan pustaka untuk menelaah jurnal mengenai penerapan sistem informasi rumah sakit terhadap kepuasan pasien dengan menggunakan konsep model DeLone dan McLean Hasil : Berdasarkan 10 artikel yang telah dianalisis menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan pada penerapan sistem informasi rumah sakit dapat meningkatkan kepuasan pasien yang berdampak pada intensitas penggunaan dan manfaat bersih rumah sakit. Kesimpulan : Penerapan sistem informasi rumah sakit menjadikan proses layanan kesehatan menjadi lebih efektif dan efisien. Kesuksesan sebuah sistem informasi rumah sakit dapat dinilai dari kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan sistem tersebut yang dapat meningkatkan kepuasan pasien sehingga berdampak positif pada intensitas penggunaan dan manfaat bersih yang diperoleh rumah sakit. Kata kunci : sistem informasi rumah sakit; kesuksesan sistem informasi; model DeLone dan McLean; kepuasaan pasien ABSTRACT Title: Literature Review: Analysis of the Implementation of Hospital Information Systems on Patient Satisfaction with the DeLone and McLean Model Concept Background : Along with the development of digitalization of public service agencies, especially hospitals, the progress of an information system has become important. The existence of digital information system innovation will influence the hospital service process in providing effective and efficient services. Hospitals are resource-intensive and activity-intensive organizations so that information system innovation will increase the efficiency and effectiveness of the health service process. Current developments in hospital information systems include online registration systems, online queues and data verification using fingerprints. According to DeLone and McLean, the success of an information system can be assessed from six indicators, namely system quality, information quality, service quality, use, net benefits and user satisfaction. The development of information systems is able to make health services effective and efficient so as to increase patient satisfaction. Method : Literature review to examine journals regarding the application of hospital information systems to patient satisfaction using the DeLone and McLean model concept Results : Based on the 10 articles that have been analyzed, it shows that system quality, information quality, service quality in the implementation of hospital information systems can increase patient satisfaction which has an impact on the intensity of use and net benefits of the hospital. Conclusion: The implementation of a hospital information system makes the health service process more effective and efficient. The success of a hospital information system can be assessed from the quality of the system, the quality of the information and the quality of the system's services which can increase patient satisfaction so that it has a positive impact on the intensity of use and the net benefits obtained by the hospital. Keywords: hospital information system; information system success; DeLone and McLean model; patient satisfaction }, issn = {2775-5614}, doi = {10.14710/mkmi.23.2.%p}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkmi/article/view/60672} }
Refworks Citation Data :
Latar belakang : Seiring dengan perkembangan digitalisasi instansi pelayanan publik terutama rumah sakit, kemajuan sebuah sistem informasi menjadi hal penting. Adanya inovasi digital sistem informasi akan mempengaruhi proses pelayanan rumah sakit dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Rumah sakit merupakan organisasi padat sumber daya dan padat aktifitas sehingga adanya inovasi sistem informasi akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pelayanan kesehatan. Perkembangan sistem informasi rumah sakit saat ini dapat berupa sistem pendaftaran online, antrian online serta verifikasi data dengan sidik jari (finger print). Menurut DeLone dan McLean keberhasilan sistem informasi dapat dinilai dari enam indikator yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, manfaat bersih dan kepuasaan pengguna. Perkembangan sistem informasi mampu menjadikan pelayanan kesehatan menjadi efektif dan efisien sehingga mampu meningkatkan kepuasaan pasien.Metode : Tinjauan pustaka untuk menelaah jurnal mengenai penerapan sistem informasi rumah sakit terhadap kepuasan pasien dengan menggunakan konsep model DeLone dan McLeanHasil : Berdasarkan 10 artikel yang telah dianalisis menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan pada penerapan sistem informasi rumah sakit dapat meningkatkan kepuasan pasien yang berdampak pada intensitas penggunaan dan manfaat bersih rumah sakit. Kesimpulan : Penerapan sistem informasi rumah sakit menjadikan proses layanan kesehatan menjadi lebih efektif dan efisien. Kesuksesan sebuah sistem informasi rumah sakit dapat dinilai dari kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan sistem tersebut yang dapat meningkatkan kepuasan pasien sehingga berdampak positif pada intensitas penggunaan dan manfaat bersih yang diperoleh rumah sakit.
Kata kunci : sistem informasi rumah sakit; kesuksesan sistem informasi; model DeLone dan McLean; kepuasaan pasien
ABSTRACTTitle: Literature Review: Analysis of the Implementation of Hospital Information Systems on Patient Satisfaction with the DeLone and McLean Model Concept
Background : Along with the development of digitalization of public service agencies, especially hospitals, the progress of an information system has become important. The existence of digital information system innovation will influence the hospital service process in providing effective and efficient services. Hospitals are resource-intensive and activity-intensive organizations so that information system innovation will increase the efficiency and effectiveness of the health service process. Current developments in hospital information systems include online registration systems, online queues and data verification using fingerprints. According to DeLone and McLean, the success of an information system can be assessed from six indicators, namely system quality, information quality, service quality, use, net benefits and user satisfaction. The development of information systems is able to make health services effective and efficient so as to increase patient satisfaction.Method : Literature review to examine journals regarding the application of hospital information systems to patient satisfaction using the DeLone and McLean model conceptResults : Based on the 10 articles that have been analyzed, it shows that system quality, information quality, service quality in the implementation of hospital information systems can increase patient satisfaction which has an impact on the intensity of use and net benefits of the hospital.Conclusion: The implementation of a hospital information system makes the health service process more effective and efficient. The success of a hospital information system can be assessed from the quality of the system, the quality of the information and the quality of the system's services which can increase patient satisfaction so that it has a positive impact on the intensity of use and the net benefits obtained by the hospital.
Keywords: hospital information system; information system success; DeLone and McLean model; patient satisfaction
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-05-28 21:44:37