KORUPSI DI SEKTOR SWASTA DAN TANGGUNG JAWAB PIDANA KORPORASI

Eddy O. S. Hiariej
DOI: 10.14710/mmh.49.4.2020.333-344
Copyright (c) 2020 Masalah-Masalah Hukum License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0

Abstract

Korupsi di Indonesia hampir merata di seluruh aspek kehidupan sehingga membutuhkan instrumen hukum yang memadai untuk menanggulanginya. Selain Konvensi PBB mengenai antikorupsi yang telah diratifikasi, penyesuaian hukum nasional dengan konvensi tersebut sangatlah mendesak. Salah satu hal baru yang belum ada dalam undang-undang nasional kita adalah mengenai korupsi di sektor swasta yang tidak hanya melibatkan individu sebagai pelaku korupsi, namun juga melibatkan badan hukum sebagai pelaku. Metode penelitian dalam tulisan ini seluruhnya menggunakan studi pustaka. Selain menganalisis teori-teori yang aktual terkait pertanggungjawaban pidana korporasi, tulisan ini juga mengulas mengenai pertanggungjawaban korporasi di beberapa negara.

Full Text: PDF

Keywords

Korupsi; Korporasi; Pertanggungjawaban Pidana

References

Beirne, P. and J. M. (1995). Criminology (2nd ed.). Hardcourt College Publisher, hlm.295 – 297.

Emmanuel, M. ; L. Q. (2019). The Impact of Corruption on Government Public Services Quality, Justice and Cost of Business Regulations in Developing World. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences, 6(1), 27–28.

Ferguson Jr, J. (2010). White – Collor Crime. Chelsea House Publisher.

He Zengke. (2003). Research in the Issues of Corruption and Combationg Corruption during Chinese Transition. Comparative Economic & Social Systems, 1(1), 19–29.

Hiariej, E. O. . (2016). Prinsip-Prinsip Hukum Pidana. (C. A. Pustaka, Ed.). Yogyakarta.

Isra, S. dan E. O. . H. (2009). Perspektif Hukum Pemberantasan Korupsi Di Indonesia. In Korupsi Mengorupsi Indonesia : Sebab, Akibat dan Prospek Pemberantasan (p. 565). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lanius, D. (2019). Strategic Indeterminacy in the Law. Oxford: Oxford University Press.

Liu, A. (2016). Literature Review on the Definition of Corruption and Factors Affecting the Risk of Corruption. Open Journal of Social Sciences, 4(6), 172.

Mochtar, Z. A. dan E. O. . H. (2018). Menjerat Korupsi Partai Politik. Yogyakarta: Genta Publishing.

Muladi dan Diah Sulistyani RS. (2015). Pertanggungjawaban Pidana Korporasi (Corporate Criminal Responbility). Bandung: Alumni.

Muladi dan Dwija Priyanto. (2010). Pertanggungjawaban Pidana Korporasi. (K. P. M. Group, Ed.). Jakarta.

Pinto, A. ; M. E. (2003). Corporate Criminal Liability. London: Sweet & Maxwel.

Podgor, E. S. (1993). White Collor Crime. ST Paul Minn: West Publishing Co.

Setiyono. (2005). Kejahatan Korporasi; Analisis Viktimologi Dan Pertanggungjawaban Korporasi Dalam Hukum Pidana Indonesia Malang. Malang: Bayumedia.