PERBEDAAN PERLINDUNGAN PRIVASI KONSUMEN DI INDUSTRI KEUANGAN DAN NON-KEUANGAN
Copyright (c) 2022 Masalah-Masalah Hukum License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
Abstract
Penggunaan media sosial telah meningkat secara masif. Akun media sosial atau nomor telepon merupakan hak privasi konsumen. Penjualan data pribadi konsumen telah meningkat pesat. Penelitian ini bertujuan membahas perlindungan privasi konsumen terhadap promosi penjualan Penelitian membahas perlindungan privasi industri keuangan dan non-keuangan. Penelitian ini mempergunakan metode legal normatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemerintah harus mampu mengatur penggunaan data pribadi konsumen secara komprehensif. Penggunaan data pribadi ini harus meliputi penggunaan, pelaksanaan dan pengawasan data pribadi konsumen. Peraturan penggunaan data pribadi harus merupakan peraturan yang mengatur keseluruhan data pada saat ini dan masa yang akan datang. Industri non-keuangan belum diatur oleh regulator terkait.
Keywords
References
Abdullah, F. (2018). Consumer Protection on Unfair Contract Terms: Legal Analysis of Exemption Clauses in B2C Transactions in Malaysia. International Journal of Asian Social Science, 8(12), 1097–1106. https://doi.org/10.18488/journal.1.2018.812.1097.1106
Aditya, & Syahwani, K. I. A. (2020). Online Training of Making Brochures Through Imooji to Support The Promotion of The MSMEs During Pandemic Covid-19. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(6), 957–965.
Aftab, S., & Khan, M. M. (2019). Role Of Social Media In Promoting Tourism In Pakistan. Journal of Social Sciences and Humanities, 58(1), 101–113.
Amin, N. (2012). Protecting consumers against unfair contract terms in Malaysia: The Consumer Protection (Amendment) Act 2010. 9th ASLI Conference, 1(November 1999), 1–11. Retrieved from http://irep.iium.edu.my/24683/
Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. Jurnal Lugas, 66(1), 66–72. Retrieved from http://ojs.stiami.ac.id
Anggitafani, R. F. (2021). Perlindungan Hukum Data Pribadi Peminjam Pinjaman Online Perspektif POJK No. 1/POJK.7/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Keuangan dan Aspek Kemaslahatan. Journal of Islamic Business Law, 2(1), 55–72. https://doi.org/10.25123/vej.2916
Benuf, K., Mahmudah, S., & Priyono, E. A. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Keamanan Data Konsumen Financial Technology Di Indonesia. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 3(2), 145–160. https://doi.org/10.24246/jrh.2019.v3.i2.p145-160
Farhan, Hamdani, F., Astuti, L. N. V., & Fiqri, H. A. H. (2022). Reformasi hukum perlindungan data pribadi korban pinjaman online ( perbandingan Uni Eropa dan Malaysia ). Indonesia Berdaya, 3(3), 567–576.
Firmansyah, F. (2014). Mengenal Do Not Call, Pembendung SMS Pengganggu. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/582933/mengenal-do-not-call-pembendung-sms-pengganggu
Fithri, B. S., Munthe, R., & Lubis, A. A. (2021). Asas Ultimum Remedium/The Last Resort Principle Terhadap Pelaku Usaha dalam Hukum Perlindungan Konsumen. DOKTRINA: JOURNAL OF LAW, 4(1), 69–84. https://doi.org/10.31289/doktrina.v4i1.4918
Jailobaev, T., Jailobaeva, K., Baialieva, M., Baialieva, G., & Asilbekova, G. (2021). WhatsApp Groups in Social Research: New Opportunities for Fieldwork Communication and Management. BMS Bulletin of Sociological Methodology/ Bulletin de Methodologie Sociologique, 149(1), 60–82. https://doi.org/10.1177/0759106320978337
Johan, S. (2021a). Peer-to-peer Lending’s Customer Profile: Empirical Research on Indonesia’s Financial Technology Market. Southeast Asian Journal of Economics, 9(1), 103–120.
Johan, S. (2021b). Social Media Technology Firms Or States : Who Knows The People Better ? Seri Seminar Riset II (Serina 2) Universitas Tarumanagara, 1–8.
Johan, S. (2022). Will Data Protection Act Change the Use of Data in. LamLaj, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.32801/lamlaj.v7i1.297
Johan, S., & Ariawan, A. (2021). Keterbukaan Informasi UU Pasar Modal Menciptakan Asymmetric Information Dan Semi Strong Form. Masalah-Masalah Hukum, 50(1), 106–118. https://doi.org/10.14710/mmh.50.1.2021.106-118
Johan, S., & Dewi, C. E. (2021). Credit Limit of Unsecured Consumer Lending: Evidence from Micro Data. Economics and Finance in Indonesia, 67(1), 51. https://doi.org/10.47291/efi.v67i1.697
Lestari, C. F., & Sofiani. (2021). Strategi Promosi Shirokuma Cafe Di Masa Pandemi. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 7(2), 103–109. https://doi.org/10.30813/jhp.v7i2.3024
Marzuki, M. P. (2017). Penelitian Hukum: Edisi Revisi (Revisi). Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1409842
Muhaimin, A., Senastri, N. M. J., & Karma, N. M. S. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Telekomunikasi dalam Pelanggaran Data Pribadi Melalui sms Broadcast. Jurnal Preferensi Hukum, 2(2), 238–242. https://doi.org/10.22225/jph.2.2.3315.238-242
Novinna, V. (2020). “Perlindungan Konsumen dari Penyebarluasan Data Pribadi oleh Pihak Ketiga: Kasus Fintech Peer”To Peer Lending". Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 9(1), 92–110. https://doi.org/10.24843/JMHU.2020.v09.i01
Paryadi, D. (2018). Pengawasan E Commerce Dalam Undang-Undang Perdagangan Dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Jurnal Hukum & Pembangunan, 48(3), 652. https://doi.org/10.21143/jhp.vol48.no3.1750
Putra, J. M. (2021). Data Pribadi Konsumen E-Commerce Bocor dan Dijual Pihak Lain, Bagaimana Hukumnya? Retrieved from https://www.kompas.com/konsultasihukum/read/2021/08/17/060000780/data-pribadi-konsumen-e-commerce-bocor-dan-dijual-pihak-lain?page=all
Qur’ani, H. (n.d.). Kirim SMS Spam Dini Hari, Indosat Digugat Pelanggan. Retrieved from https://www.hukumonline.com/berita/a/kirim-sms-spam-dini-hari--indosat-digugat-pelanggan-lt5f378abb4d2b9/?page=all
Rizal, M. S. (2019). Perbandingan Perlindungan Data Pribadi Indonesia dan Malaysia. Jurnal Cakrawala Hukum, 10(2), 218–227. https://doi.org/10.26905/idjch.v10i2.3349
Rosnelly, B. J. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Group Sebagai Bentuk Pembelajaran Promosi Produk Kewirausahaan Berbasis Online Bagi Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Seluma. LP3MKIL, 1(2), 36–46.
Samosir, A. (2018). Penyelesaian Sengketa Konsumen Yang dilakukan Bandan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Legal Standing, 2(2), 133–142. Retrieved from www.kompas.co.id.
Shani, F. F., Riyanto, S., & Putera, R. A. (2020). Utilization Of Amandroid-Based Digital Marketing Applications As Business Promotional Media. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi-2020 “Inovasi Disruptif Teknologi Informasi Di Era Normal Baru,” 41–46.
Somasundara Yale, S., Kumar, S. C., & Sharma, V. (2018). Current and Potential Use of Whatsap in Oral Health Care - A Narrative Review. International Journal of Health Sciences & Research (Www.Ijhsr.Org), 8, 278. Retrieved from www.ijhsr.org
Subawa, I. M. M. (2020). Protecting personal data in financial technology in indonesia. International Journal of Business, Economics and Law, 22(1), 59–68.
Syafina, D. C. (2014). OJK larang penawaran produk melalui SMS & telepon.
Tesalonica, N., & Wulandari, B. T. (2021). Pencantuman Sertifikat Keandalan (Logo Trustmark) Sebagai Bentuk Perlindungan Konsumen E-Commerce Ditinjau Dari Peraturan Yang Berlaku. Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis Dan Investasi, 13(1), 79–96. https://doi.org/10.28932/di.v13i1.3874
Velarosdela, R. N. (2020). Duduk Perkara Gugatan Sebesar Rp 100 Alvin Lie terhadap Indosat karena SMS Penawaran.
Yuniarti, S. (2019). Perlindungan Hukum Data Pribadi Di Indonesia. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 1(1), 147–154. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v1i1.6030