skip to main content

Peran Notaris Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Masyarakat

*Daniel Marojahan Saragih  -  Program Studi Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Ana Silviana scopus  -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstract

In order to realize welfare based on the character of legal products, quality services are carried out to the community so that they can improve the welfare of the community. Notary officials must provide quality services to the community so that the community is satisfied and welfare increases. This article discusses the issue of the role of Notary Officials in improving the quality of services to the community and the parameters of quality services to the community. The method used is normative juridical, namely by reviewing the literature, relevant theories and laws and regulations. The results of the study show that the service quality parameters include five dimensions, namely: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy. The role that must be carried out by Notary Officers in improving the quality of services to the community is to always improve the five dimensions of service quality parameters that are oriented to the needs and satisfaction of the community.

Keywords: notary; service quality; public.

Abstrak

Guna mewujudkan kesejahteraan berdasarkan karakter produk hukum maka dilakukan pelayanan kepada masyarakat yang berkualitas sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pejabat notaris harus memberikan pelayanan yang berkualitas pada masyarakat sehingga masyarakat puas dan kesejahteraan meningkat. Artikel ini membahas persoalan mengenai Peran Pejabat Notaris dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat dan parameter pelayanan pada masyarakat yang berkualitas. Metode digunakan adalah yuridis normatif yaitu dengan mengkaji kepustakaan, teori-teori yang relevan dan peraturan perundang-undangan. Hasil kajian menunjukkan bahwa parameter kualitas pelayanan mencakup lima dimensi yaitu: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empaty. Peran yang harus dilakukan oleh Pejabat Notaris dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat adalah selalu memperbaiki lima dimensi parameter kualitas pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan masyarakat.

Kata kunci: notaris; kualitas pelayanan; masyarakat
Fulltext View|Download
Keywords: notary; service quality; public.

Article Metrics:

  1. Fridman, L.M. (2018). Sistem Hukum Perspektif Ilmu Sosial. Bandung: Nusa Media
  2. Hadjon, Philipus M., & Djatmiati, Tatiek Sri. (2016). Argumentasi Hukum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  3. Julianto. (2002). Mengukur Kepuasan Pelanggan Manajemen
  4. Mukarom, Zaenal., & Laksana, Muhibudin Wijaya. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: Pustaka Setia
  5. Naqvi, S.N.H. (2003). Menggagas ilmu ekonomi Islam: Syed Nawab Haider Naqvi; Penerjemah: M. Saiful Anam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Triastity, Rahayu., & Triyaningsih, SL. (2013). Pengaruh Tangible, Reliability, Responsivenes, Assurance Dan Emphaty Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Konsumen Rumah di CV Satria Graha Gedongan, Colomadu, Karanganyar). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 13, (No. 2), p.151-157
  7. Salim, H.S., & Nurbani, Erlis Septiana. (2015). Penerapan Teori Hukum Pada Tesis dan Disertasi, Edisi Pertama, Cet. Kesatu. Jakarta: Rajawali Press
  8. Sirojudin., Supriono, & Winardi. (2009). Hukum Pelayanan Publik Berbasis Partisipasi dan Keterbukaan Informas. Malang : Anggota IKP
  9. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  10. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris
  11. Wibisono, Dwikky Bagus., & Makruf, Umar. (2018). Peranan Majelis Pengawas Daerah (MPD) Terhadap Pengawasan Pelaksanaan Jabatan Notaris di Kabupaten Tegal. Jurnal Akta, Vol. 5, (No.1), p. 179-186
  12. Yustica, Anugrah., Ngadiwo., & dan Maharani, Novira. (2020). Peran Etika Profesi Notaris sebagai Upaya Penegakkan Hukum. Notarius, Vol 13, (No 1), p. 60-70
  13. Zeithaml, A.Valarie., & Parasuraman, Berry (1990). Delivering Quality Service. New York: Free Press

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-07 04:48:37

No citation recorded.