BibTex Citation Data :
@article{NTS45238, author = {Farras Nur Alif and Aminah Aminah}, title = {Perlindungan dan Penegakan Hukum Terhadap Pemalsuan Merek Terkenal di Pasar Taman Puring Jakarta Selatan}, journal = {Notarius}, volume = {17}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {famous brands; counterfeiting; legal protection}, abstract = { Abstract Counterfeiting of Famous Brands is still being carried out because of its high economic value. Counterfeiting of famous branded goods injures the government from the economic sector (tax) also harms brand owners due to reduced market share, the number of enthusiasts in counterfeit branded goods lies at a lower price than the original price. The purpose of this study was to determine the legal protection and inhibiting factors for protecting foreign famous brands against counterfeiting . This research was conducted using an empirical juridical approach to see the law in a real sense or it can be said to see, examine how the law works in society. The results showed that the legal protection of foreign famous brands in Taman Puring Market has not been effective yet. The inhibiting factors for legal protection of foreign well-known brands in the Taman Puring market are laws and laws / substance, suboptimal law enforcement, lack of support facilities and facilities, weak public legal awareness, and economic factors. Keywords: famous brands; counterfeiting; legal protection. Abstrak Pemalsuan Merek Terkenal hingga saat ini masih banyak dilakukan karena nilai ekonomisnya yang tinggi. Pemalsuan terhadap barang bermerek terkenal mencederai pemerintah dari sektor ekonomi (pajak) juga merugikan pemilik merek karena berkurangnya pangsa pasar, banyaknya peminat pada barang bermerek palsu terletak pada harga yang lebih murah dibandingkan harga asli. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perlindungan hukum dan faktor penghambat perlindungan merek terkenal asing terhadap pemalsuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan yuridis empiris untuk melihat hukum dalam artian yang nyata atau dapat dikatakan melihat, meneliti bagaimana bekerjanya hukum di masyarakat. Hasil penelitian menunjukan perlindungan hukum merek terkenal asing di Pasar Taman Puring belum berlaku efektif. Faktor penghambat perlindungan hukum Merek Terkenal Asing di Pasar Taman Puring adalah hukum dan Undang-Undang atau substansi, penegak hukum yang kurang optimal, sarana dan fasilitas yang kurang menujang, lemahnya kesadaran hukum masyarakat, dan faktor ekonomi. Kata kunci: merek terkenal; pemalsuan; perlindungan hukum }, issn = {2686-2425}, pages = {173--188} doi = {10.14710/nts.v17i1.45238}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/notarius/article/view/45238} }
Refworks Citation Data :
Abstract
Counterfeiting of Famous Brands is still being carried out because of its high economic value. Counterfeiting of famous branded goods injures the government from the economic sector (tax) also harms brand owners due to reduced market share, the number of enthusiasts in counterfeit branded goods lies at a lower price than the original price. The purpose of this study was to determine the legal protection and inhibiting factors for protecting foreign famous brands against counterfeiting. This research was conducted using an empirical juridical approach to see the law in a real sense or it can be said to see, examine how the law works in society. The results showed that the legal protection of foreign famous brands in Taman Puring Market has not been effective yet. The inhibiting factors for legal protection of foreign well-known brands in the Taman Puring market are laws and laws / substance, suboptimal law enforcement, lack of support facilities and facilities, weak public legal awareness, and economic factors.
Keywords: famous brands; counterfeiting; legal protection.
Abstrak
Pemalsuan Merek Terkenal hingga saat ini masih banyak dilakukan karena nilai ekonomisnya yang tinggi. Pemalsuan terhadap barang bermerek terkenal mencederai pemerintah dari sektor ekonomi (pajak) juga merugikan pemilik merek karena berkurangnya pangsa pasar, banyaknya peminat pada barang bermerek palsu terletak pada harga yang lebih murah dibandingkan harga asli. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perlindungan hukum dan faktor penghambat perlindungan merek terkenal asing terhadap pemalsuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan yuridis empiris untuk melihat hukum dalam artian yang nyata atau dapat dikatakan melihat, meneliti bagaimana bekerjanya hukum di masyarakat. Hasil penelitian menunjukan perlindungan hukum merek terkenal asing di Pasar Taman Puring belum berlaku efektif. Faktor penghambat perlindungan hukum Merek Terkenal Asing di Pasar Taman Puring adalah hukum dan Undang-Undang atau substansi, penegak hukum yang kurang optimal, sarana dan fasilitas yang kurang menujang, lemahnya kesadaran hukum masyarakat, dan faktor ekonomi.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-07 03:54:02
Ciptaan berjudul (Notarius, dibuat oleh Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro), diidentifikasi oleh Notarius, bebas dari batasan hak cipta yang berlaku.
Journal Notarius is present by Public Notary, Diponegoro UniversityImam Bardjo, S.H. No.1-3 SemarangEmail: jurnalmkn.undip@gmail.comPhone: 0248415998Website: http://notariat.undip.ac.id