Konglomerasi Media dan Partai Politik: Membaca Relasi MNC Group dengan Partai Perindo

*Anggalih Bayu Muh. Khamim  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Muhammad Fahmi Sabri  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Received: 19 Mar 2019; Revised: 19 Oct 2019; Accepted: 19 Oct 2019; Published: 31 Oct 2019; Available online: 31 Oct 2019.
Open Access Copyright (c) 2019 Politika: Jurnal Ilmu Politik
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Citation Format:
Abstract

Konglomerasi media telah membawa Hary Tanoe mampu membuat Partai Perindo untuk memfasilitasi kepentingan politiknya. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana strategi Perindo yang membangun hubungan dengan pemilih dengan dukungan sumber daya dari MNC Group. Untuk memenuhi tujuan tersebut, artikel ini ditulis dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan menelusuri berbagai artikel jurnal, laporan penelitian serta liputan media daring mengenai Partai Perindo. Hasil penelitian menunjukan Hary Tanoe berusaha membesarkan Perindo dengan memanfaatkan pengerahan sumber daya MNC Group untuk mendukung partai dan meningkatkan citra dirinya. Keberhasilan Hary Tanoe sebagai pebisnis menjadi arahan bagi Perindo untuk mengerahkan berbagai bantuan UMKM untuk meraih dukungan dan kesetiaan dari pemilih. Perindo juga memberikan berbagai barang untuk memastikan bahwa pemilih benar-benar mendukung Perindo saat pemilihan. HT juga mengerahkan orang-orang terdekatnya di MNC Group untuk mensolidkan mesin partai dengan duduk di kantor pusat Perindo. Perindo juga memanfaatkan MNC Group untuk menayangkan berbagai iklan politik untuk mengenalkan partai pada pemilih secara masif.

 

Keywords: hubungan dengan pemilih; konglomerasi media; strategi Perindo

Article Metrics:

  1. Agtvnews.com. (2017) Pengurus Partai Perindo Dikabarkan Mundur Massal, agtvnews.com. Available at: https://agtvnews.com/2017/10/pengurus-partai-perindo-dikabarkan-mundur-massal.html.
  2. Alfani, H. (2014) ‘Perspektif Kritis Ekonomi Politik Media Konglomerasi, Regulasi Dan Ideologi’, Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), pp. 10–26.
  3. Analisapublik.com. (2018) Jadi Perbincangan Paling HOT, Sejumlah Kader Perindo Mundur dan Gabung Ke Hanura, analisapublik.com. Available at: http://analisapublik.com/2018/07/15/jadi-perbincangan-paling-hot-sejumlah-kader-perindo-mundur-dan-gabung-ke-hanura/ (Accessed: 10 July 2019).
  4. Andarwati (2018) Hubungan Antara Menonton Iklan Partai Perindo Di Televisi Dan Popularitas Partai Perindo Di Kalangan Mahasiswa UNHAS. Universitas Hasanuddin.
  5. Andayani, D. (2018). Kader di DIY ‘Bedol Desa’ Mundur, Perindo: Kita Persilakan, Detik.com. Available at: https://news.detik.com/berita/4106340/kader-di-diy-bedol-desa-mundur-perindo-kita-persilakan/ (Accessed: 10 July 2019).
  6. CNNIndonesia.com. (2019) Hasil Pahit Bakar Duit Kampanye Perindo di Televisi, CNN Indonesia. Available at: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190521140658-32-396883/hasil-pahit-bakar-duit-kampanye-perindo-di-televisi (Accessed: 10 July 2019).
  7. Ardiyan, D. and Sulandjari, R. (2017) ‘Korelasi Iklan Politik Partai Perindo Di Media Mnc Terhadap Persepsi Tentang Pencitraan Politik Pada Masyarakat Dusun Jangglengan Kecamatan Bandungan’, Egaliter, 1(1), pp. 1–14.
  8. Ariviyanti, B. C. and Nurfebiaraning, S. (2017) ‘Analisis Aktivitas Pembetukan Citra Politik Hary Tanoesoedibjo Studi Semiotika Peirce pada Iklan TV Perindo “Mars Perindo Versi 2”’, Channel, 5(1), pp. 48–58.
  9. Atmaja, B. R. W. (2017) Kepemimpinan Hary Tanoesoedibjo dalam Partai Perindo Perspektif Profetik. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
  10. Bahruddin, M. (2014) ‘Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media’, in Comicos, pp. 203–209.
  11. Bayu, D. J. (2019) 554 Caleg Tak Serahkan Laporan Dana Kampanye, Perindo Terbanyak, katadata.co.id. Available at: https://katadata.co.id/berita/2019/05/03/554-caleg554-caleg-dpr-tak-serahkan-laporan-akhir-dana-kampanye-ke-kpu (Accessed: 10 July 2019).
  12. Bramantyo (2018) Ketua DPD Sukoharjo Mundur, Perindo Jateng Gelar Konsolidasi, Okezone.com. Available at: https://news.okezone.com/read/2018/05/28/512/1903466/ketua-dpd-sukoharjo-mundur-perindo-jateng-gelar-konsolidasi (Accessed: 10 July 2019).
  13. Burhani, D. T. (2018) Cairkan Komunikasi Terputus di Perindo Karanganyar, Hary Tanoe Tunjuk Ketua Baru, rmoljateng.com. Available at: http://www.rmoljateng.com/read/2018/11/04/13583/Cairkan-Komunikasi-Terputus-di-Perindo-Karanganyar,-Hary-Tanoe-Tunjuk-Ketua-Baru- (Accessed: 10 July 2019).
  14. Calvo, E. and Murillo, M. V. (2013) ‘When Parties Meet Voters: Assessing Political Linkages through Partisan Networks and Distributive Expectations in Argentina and Chile’, Comparative Political Studies.
  15. Damarjati, D. (2018) Perindo Dianggap Partai Terkaya, Partai Garuda Termiskin, Detik.com. Available at: https://news.detik.com/berita/3980563/perindo-dianggap-partai-%0Aterkaya-partai-garuda-termiskin (Accessed: 17 June 2018).
  16. Detik.com. (2012) Hilangnya Dinasti Soeharto di Global Mediacom, Detik.com. Available at: https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-1908155/hilangnya-%0Adinasti-soeharto-di-global- mediacom (Accessed: 18 June 2018).
  17. Dwita, D. (2016) ‘Televisi Dan Kepentingan Pemilik Modal Dalam Perspektif Teori Ekonomi Politik Media’, Jurnal Ipteks Terapan, 8(4), pp. 252–261.
  18. Faktanews.co.id. (2018) Sejumlah DPC Partai Perindo Nyatakan Mosi Tak Percaya, faktanews.co.id. Available at: http://faktanews.co.id/sejumlah-dpc-partai-perindo-nyatakan-mosi-tak-percaya/ (Accessed: 10 July 2019).
  19. Fernando, A. (2012) Mencermati Manuver Hary Tanoe, inilah.com. Available at: https://m.inilah.com/news/detail/1877229/mencermati- manuver-hary- tanoe (Accessed: 25 June 2018).
  20. Gherghina, S. and Volintiru, C. (2017) ‘A New Model Of Clientelism: Political Parties, Public Resources, And Private Contributors’, European Political Science Review, 9(1), pp. 115–137.
  21. Giovanni (2016) Representasi Islam pada Iklan-Iklan Partai Perindo di Televisi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  22. Habsari, S. U. H. (2012) ‘Spasialisasi Kelompok Media MNC’, Jurnal Unpand, pp. 1–17.
  23. Halim, H. A. (2018) Ingin Independen, Ade Wardhana Keluar Dari Perindo, pikiranrakyat.com. Available at: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2018/02/22/ingin-independen-ade-wardhana-keluar-dari-perindo-419989 (Accessed: 10 July 2019).
  24. Hallin, D. C. and Papathanassopoulos, S. (2000) Political Clientelism and the Media: Southern Europe and Latin America in Comparative Perspective. Available at: www.portalcomunicacion.com/both/opc/client.pdf (Accessed: 13 June 2018).
  25. Hamdi, I. (2018) Bawaslu Gelar Pleno Putuskan Dugaan Pelanggaran Iklan Perindo, tempo.co. Available at: https://nasional.tempo.co/read/1072181/bawaslu-gelar-pleno-putuskan-dugaan-pelanggaran-iklan-perindo (Accessed: 10 July 2019).
  26. Hanifan, A. F. (2018) Menancapkan Mars Perindo lewat Stasiun TV milik Pribadi, tirto.id. Available at: https://tirto.id/menancapkan- mars-perindo- lewat-stasiun-tv- milik- pribadi-nn (Accessed: 18 June 2018).
  27. Haq, A. A. (2017) Representasi Makna Pesan Hary Tanoesoedibjo Pada Iklan Mars Partai Perindo Di Televisi (Kajian Semiotika). Universitas Hasanuddin.
  28. Hariyadi, T. (2018) ‘Runtuhnya Pilar Demokrasi, Politik Kuasa Media Partai Perindo Di MNC Grup’, in DiMCC Conference Proceeding, pp. 110–130.
  29. Hasan, K. (2014) ‘Kajian Netralitas Industri Media Massa dalam Pileg 2014’, Jurnal SUWA Universitas Malikussaleh, 12(1), pp. 1–18.
  30. Hastomo, A. D. and Aras, M. (2017) ‘Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Politik Hary Tanoesoedibjo (Studi Kasus Program UMKM sebagai Political Branding Partai Persatuan Indonesia (Perindo)’, Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 1(1), pp. 87–99.
  31. Jabarekspres.com. (2018) Berbeda Pandangan, Nace Pindah ke Gerindra, jabarekspres.com. Available at: http://jabarekspres.com/2018/berbeda-pandangan-nace-pindah-ke-gerindra/ (Accessed: 10 July 2019).
  32. Jati, W. R. (2013) ‘Politik Persuasif Media: Peran Media Dalam Pemilu Presiden Indonesia 2001-2009’, Jurnal Penelitian Politik, 10(3), pp. 15–30.
  33. Jogja.Tribunnews.com. (2018) Dilarang Dukung Jokowi, Seluruh Pengurus Pemuda Perindo di DIY Mengundurkan Diri, jogja.tribunnews.com. Available at: https://jogja.tribunnews.com/2018/07/09/dilarang-dukung-jokowi-seluruh-pengurus-pemuda-perindo-di-diy-mengundurkan-diri (Accessed: 10 July 2019).
  34. Khumairoh, N. S. and Aida, N. (2018) ‘Analisa Efektifitas Iklan Televisi Partai Perindo Model Epic (Iklan Dengan Aktor Utama Ketua Umum Partai Perindo)’, Pamator, 11(2), pp. 1–7.
  35. Kitschelt, H. (2000) ‘Linkages between Citizens and Politicians in Democratic Polities’, Comparative Political Studies, 33(6/7), pp. 845–879.
  36. Kitschelt, H. (2011) ‘Clientelistic Linkage Strategies, A Descriptive Exploration’, in Workshop on Democratic Accountability Strategies. Duke University.
  37. Kitschelt, H. (2015) ‘Social Policy, Democratic Linkages, and Political Governance’, in The Quality of Government and the Performance of Democracies, Gothenburg.
  38. Kosasih, R. A. A. (2016) Analisa Semiotik Citra Politik Hary Tanoesoedibjo dalam Iklan Partai Perindo di Televisi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  39. Kresna, M. (2018) Perindo, Partai Politik Rasa MNC, tirto.id. Available at: https://tirto.id/perindo-partai-politik-rasa-mnc-cNvZ (Accessed: 10 July 2019).
  40. Lazuardi, G. (2018) Didukung Media Massa, Elektabilitas Partai Perindo Ungguli PAN dan Hanura, tribunnews.com. Available at: http://www.tribunnews.com/nasional/2018/01/25/didukung-media- massa-elektabilitas-partai-perindo-ungguli-pan-dan-hanura (Accessed: 18 June 2018).
  41. Manado.tribunnews.com (2018) Sejarah Partai Perindo dan Penantiannya di Pemilu 2019, manado.tribunnews.com. Available at: http://manado.tribunnews.com/2018/02/22/sejarah-partai-perindo-dan- penantiannya-di-pemilu-2019?page=1 (Accessed: 16 June 2018).
  42. Mancini, P. (2011) Between Commodifcation and Lifestyle Politics Does Silvio Berlusconi provide a New Model of Politics for the Twenty-First Century? Oxford: Reuters Institute for the Study of Journalism, Department of Politics and International Relations, University of Oxford.
  43. Matakamera.net. (2018) Kader Perindo Nganjuk Ramai-Ramai Mundur, Langsung Gabung Hanura, matakamera.net. Available at: http://www.matakamera.net/2018/07/kader-perindo-nganjuk-ramai-ramai.html (Accessed: 10 July 2019).
  44. Mukti, A. H. (2018) Mundur dari Ketua DPD Perindo Sukoharjo, Zaenal Mustofa Pindah ke PPP, jateng.tribunnews.com. Available at: https://jateng.tribunnews.com/2018/05/23/mundur-dari-ketua-dpd-perindo-sukoharjo-zaenal-mustofa-pindah-ke-ppp (Accessed: 10 July 2019).
  45. Noor, R. M. (2017) Pengaruh Terpaan Iklan Partai Perindo Dan Berita Seputar Partai Perindo Di Televisi Terhadap Persepsi Pemilih Pemula Mengenai Partai Perindo, e-journal Undip. Available at: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/19477/13514 (Accessed: 10 July 2019).
  46. Ochtiva, B. (2017) Opini Pemilih Pemula Surabaya Terhadap Citra Yang Ditampilkan Pada Iklan Politik Mars Partai Perindo. Available at: http://repository.unair.ac.id/67887/3/Sec.pdf (Accessed: 15 June 2018).
  47. Paat, Y. (2019) KPU Batalkan Kepesertaan Pemilu 11 Parpol di Sejumlah Daerah, beritasatu.com. Available at: https://www.beritasatu.com/politik/544308/kpu-batalkan-kepesertaan-pemilu-11-parpol-di-sejumlah-daerah (Accessed: 10 July 2019).
  48. Paolucci, C. (2006) ‘A firm masquerading as a party transforms Italy: Berlusconi’s Forza Italia’, in European Consortium of Political Research, Joint Sessions, Intercollege Nicosia, Cyprus, pp. 1–20.
  49. Pembayun, J. G. (2015) ‘Konglomerasi Media dan Dampaknya pada Pilpres 2014’, Interaksi, 4(2), pp. 109–116.
  50. Pesisirnews. (2016) Oalah Pengurus Partai Perindo Kota Bogor Mundur Secara Masal, pesisirnews.com. Available at: https://pesisirnews.com/Politik/Oalah-Pengurus-Partai-Perindo-Kota-Bogor-Mundur-Secara-Masal (Accessed: 10 July 2019).
  51. Radarbogor.id. (2018) Ade Wardhana Mundur dari Perindo, radarbogor.id. Available at: http://www.radarbogor.id/2018/02/23/ade-wardhana-mundur-dari-perindo/ (Accessed: 10 July 2019).
  52. Rahmah, M. and Maimun (2018) ‘Strategi Marketing Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Dalam Meghadapi Pemilu Tahun 2019 (Studi kasus di Provinsi Aceh)’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(3), pp. 1–14.
  53. Rahman, F. A. et al. (2018) ‘Bias Politik Dibalik Sebuah Media : Relevansi Sosialisasi Politik Di Indonesia’, Sosietas, 8(2), pp. 553–561.
  54. Rohman, A. Z. F. and Afala, L. M. (2017) ‘Perindo: The Emergence of The Business Party in Indonesia’, in Unhas International Conference on Social and Political Science (UICoSP 2017), pp. 1–5.
  55. Rosalia, L. (2014) ‘Konglomerat Media Sebagai Elite Politik: Wacana Dalam Pemberitaan Hary Tanoesodibjo Di Koran Sindo’, JURNAL E-KOMUNIKASI, 2(1), pp. 1–14.
  56. Salsabila, A. (2017) Representasi Citra Politik Harry Tanoesoedibjo Dalam Video Klip Mars Partai Perindo. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
  57. Setiawan, Y. B. (2010) ‘Tekanan Konglomerat Media terhadap Otonomi Individual Para Praktisi (Kasus Keberpihakan pada Kandidat Melalui Pemberitaan Tv One, Antv dan Metro Tv, Selama Masa Pencalonan Ketua Umum Partai Golkar 2009-2014)’, The Messenger, 2(1), pp. 49–50.
  58. Sicca, S. P. (2018) Perindo Tidak Dikenai Sanksi Meski Kampanye di Luar Jadwal, tirto.id. Available at: https://tirto.id/perindo-tidak-dikenai-sanksi-meski-kampanye-di-luar-jadwal-cGDh (Accessed: 10 July 2019).
  59. Sitanggang, H. B. N. and Dharmawan, A. (2016) ‘Strategi Marketing Hary Tanoesoedibjo Dalam Usaha Membangun Personal Branding Politik’, Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 20(1), pp. 49–62.
  60. Sucahya, M. (2013) ‘Ruang Publik Dan Ekonomi Politik Media’, Jurnal Komunikasi, 2(2), pp. 15–22.
  61. Surabayapost.id. (2018) Tak Sejalan, Perindo Ditinggal Kadernya, surabayapost.id. Available at: https://surabayapost.id/tak-sejalan-perindo-ditinggal-kadernya/ (Accessed: 10 July 2019).
  62. Suryowati, E. (2018) Iklannya Sering Hiasi TV, Elektabilitas Perindo Kalahkan Partai Lama, jawapos.com. Available at: https://www.jawapos.com/nasional/politik/23/02/2018/iklannya-%0Asering-hiasi-tv-elektabilitas-perindo-kalahkan-partai- lama (Accessed: 18 June 2018).
  63. Susanto, E. H. (2013) ‘Media Massa, Pemerintah dan Pemilik Modal’, Jurnal Komunikasi, 6(1), pp. 477–484.
  64. Sylvany, A. (2018) Pola Rekrutmen Anggota, Pengurus dan Calon Legislatif Partai Perindo Kota Surabaya dalam Studi Pluralisme Politik, repository unair. Available at: http://repository.unair.ac.id/74863/ (Accessed: 10 July 2019).
  65. Szwarcberg, M. (2013) ‘Building a Following: Local Candidates’ Political Careers and Clientelism in Argentine Municipalities’, American Politics and Society, 55(3), pp. 1–18.
  66. Tulungagungtimes.com. (2018) Diniali Langgar AD/ART Partai, Ketua DPD Partai Perindo Jombang Disomasi, tulungagungtimes.com. Available at: https://www.tulungagungtimes.com/baca/175683/20180718/151847/diniali-langgar-adart-partai-ketua-dpd-partai-perindo-jombang-disomasi/ (Accessed: 10 July 2019).
  67. Ucu, K. R. (2019) Benarkah PSI dan Perindo Kalah karena Ketumnya Non-Muslim?, republika.co.id. Available at: https://www.republika.co.id/berita/kolom/wacana/19/04/25/pqiciv282-benarkah-psi-dan-perindo-kalah-karena-ketumnya-nonmuslim (Accessed: 10 July 2019).
  68. Valerisha, A. (2016) ‘Dampak Praktik Konglomerasi Media Terhadap Pencapaian Konsolidasi Demokrasi di Indonesia’, Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 12(1), pp. 1–17.
  69. Wahono, T. (2013) Hary Tanoe Bantah Kekayaannya Warisan Keluarga Cendana, Kompas.com. Available at: https://nasional.kompas.com/read/2013/03/10/18500131/read- brandzview.html (Accessed: 18 June 2018).
  70. Wahyudi, D. (2016) 900 Pengurus dan Kader DPD Perindo Kota Bogor Nyatakan Keluar dari Partai, bogor.beritasatu.id. Available at: https://bogor.pojoksatu.id/baca/900-pengurus-dan-kader-dpd-perindo-kota-bogor-nyatakan-keluar-dari-partai (Accessed: 10 July 2019).
  71. Walle, N. Van de (2007) ‘The Path from Neopatrimonial is m : Democracy and Clientelism in Africa Today’, in Working Paper Series No 3-07, Mario Einaudi Center for International Studies.
  72. Wartaekonomi.co.id. (2019) Bukan, Bukan Perindo, Partai Ini Paling Sering Muncul di TV, wartaekonomi.co.id. Available at: https://www.wartaekonomi.co.id/read224188/bukan-bukan-perindo-partai-ini-paling-sering-muncul-di-tv.html (Accessed: 10 July 2019).
  73. Winters, J. A. (2011) Oligarki. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  74. Yulianti, T. (2017) Komodifikasi Media Cetak Analisis Ekonomi Politik pada Media Indonesia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  75. Zeke, E. (2014) ‘Figur Hary Tanoesoedibjo Di Iklan Media Massa Dalam Persepsi Pemilih Pemula Mahasiswa Fispol UNSRAT’, Acta Diurna, 3(1), pp. 1–12.