BibTex Citation Data :
@article{JP35992, author = {Agustin Handa and Endah Mujiasih and Achmad Masykur}, title = {HUBUNGAN ANTARA BUDAYA PERUSAHAAN DENGAN MOTIVASI BEPRESTASI PADA KARYAWAN PRODUKSI CV CAHYO NUGROHO JATI SUKOHARJO}, journal = {Jurnal Psikologi}, volume = {5}, number = {2}, year = {2011}, keywords = {budaya perusahaan; motivasi berprestasi; karyawan produksi}, abstract = { Keberhasilan sebuah perusahaan bergantung pada sumberdaya didalamnya, terutama manusia (karyawan). Karyawan yang mempunyai kemampuan, keterampilan, dan motivasi tinggi dalam bekerja akan memenuhi tujuan dan target perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara budaya perusahaan dengan motivasi berprestasi pada karyawan produksi CV. Cahyo Nugroho Jati Sukoharjo. Motivasi berprestasi merupakan dorongan dari dalam diri untuk mengatasi hambatan yang dihadapi dan mencapai target perusahaan. Motivasi berprestasi karyawan dipengaruhi oleh budaya yang berlaku dalam perusahaan. Budaya tersebut dianggap sebagai acuan karyawan dalam berperilaku dan melakukan aktivitas di tempat kerja. Sampel penelitian sebanyak 108 orang karyawan dengan menggunakan teknik proportional random sampling, yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil individu yang terdapat dalam masing-masing kategori populasi sesuai dengan proporsinya. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan perhitungan tabel Krecjie. Metode pengumpulan data menggunakan metode skala yang terdiri dari skala motivasi berprestasi dan skala budaya perusahaan. Skala motivasi berprestasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 25 aitem valid dengan a = 0,893 dan skala budaya perusahaan sebanyak 36 aitem valid dengan a = 0,922. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan rxy = 0,396 dan tingkat signifikansi korelasi sebesar p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut membuktikan bahwa semakin kuat budaya perusahaan, maka motivasi berprestasi karyawan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya semakin lemah budaya perusahaan maka semakin rendah motivasi berprestasi karyawan. Sumbangan efektif yang diberikan budaya perusahaan terhadap motivasi berprestasi dalam penelitian ini sebesar 15,7% yang menunjukkan bahwa budaya perusahaan bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi. Hal tersebut dikarenakan terdapat faktor-faktor lain sebesar 84,3% yang mempengaruhi motivasi berprestasi karyawan. }, issn = {2302-1098}, pages = {92--98} doi = {10.14710/jp.5.2.92-98}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/35992} }
Refworks Citation Data :
Keberhasilan sebuah perusahaan bergantung pada sumberdaya didalamnya, terutama manusia (karyawan). Karyawan yang mempunyai kemampuan, keterampilan, dan motivasi tinggi dalam bekerja akan memenuhi tujuan dan target perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara budaya perusahaan dengan motivasi berprestasi pada karyawan produksi CV. Cahyo Nugroho Jati Sukoharjo. Motivasi berprestasi merupakan dorongan dari dalam diri untuk mengatasi hambatan yang dihadapi dan mencapai target perusahaan. Motivasi berprestasi karyawan dipengaruhi oleh budaya yang berlaku dalam perusahaan. Budaya tersebut dianggap sebagai acuan karyawan dalam berperilaku dan melakukan aktivitas di tempat kerja. Sampel penelitian sebanyak 108 orang karyawan dengan menggunakan teknik proportional random sampling, yaitu pengambilan sampel dengan cara mengambil individu yang terdapat dalam masing-masing kategori populasi sesuai dengan proporsinya. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan perhitungan tabel Krecjie. Metode pengumpulan data menggunakan metode skala yang terdiri dari skala motivasi berprestasi dan skala budaya perusahaan. Skala motivasi berprestasi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 25 aitem valid dengan a = 0,893 dan skala budaya perusahaan sebanyak 36 aitem valid dengan a = 0,922. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dengan rxy = 0,396 dan tingkat signifikansi korelasi sebesar p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut membuktikan bahwa semakin kuat budaya perusahaan, maka motivasi berprestasi karyawan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya semakin lemah budaya perusahaan maka semakin rendah motivasi berprestasi karyawan. Sumbangan efektif yang diberikan budaya perusahaan terhadap motivasi berprestasi dalam penelitian ini sebesar 15,7% yang menunjukkan bahwa budaya perusahaan bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi. Hal tersebut dikarenakan terdapat faktor-faktor lain sebesar 84,3% yang mempengaruhi motivasi berprestasi karyawan.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-26 19:39:43
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Psikologi and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Psikologi and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Psikologi are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JP]. The copyright form should be signed originally, scanned and uploaded as supplementary file when submitting the manuscript.
View My Stats
Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.