BibTex Citation Data :
@article{JP688, author = {Novita Indiyani and Anita Listiara}, title = {EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GOTONG ROYONG (COOPERATIVE LEARNING) UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI PELAJARAN MATEMATIKA (Suatu studi Eksperimental pada Siswa di SMP 26 Semarang)}, journal = {Jurnal Psikologi}, volume = {3}, number = {1}, year = {2010}, keywords = {}, abstract = {Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap momok bagi sebagian pelajar, termasuk siswa SMP. Anggapan negatif tersebut semakin berkembang dengan adanya kenaikan standar kelulusan, khususnya untuk nilai matematika, yang enyebabkan banyak siswa tidak lulus pada tahun 2004. Salah satu faktor yang dapat berpengaruh buruk terhadap prestasi matematika siswa adalah kecemasan. Kecemasan itu sendiri muncul karena berbagai sebab, salah satunya situasi belajar yang menekan. Guru memegang peranan penting dalam mencari alternatif untuk mengatasi kecemasan siswa, seperti dengan menciptakan situasi belajar yang terstruktur, menyenangkan, dan dapat memberikan rasa aman bagi siswa. Cooperative Learning diduga efektif untuk mengatasi kecemasan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika. Cooperative Learning merupakan metode belajar kelompok yang terstruktur, dengan pengelolaan kelas, penataan ruang kelas, dan teknik-teknik mengajar tertentu. Karakteristik subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua, skor kecemasan dalam menghadapi pelajaran matematika tinggi, siswa belum pernah diberi materi belajar matematika dengan metode Cooperative Learning, siswa tidak sedang mengikuti pelajaran/kursus/les matematika diluar jam sekolah. Penelitian ini menggunakan desain non-randomized control group pretest-posttest design. Pemilihan subjek menggunakan metode pair matching (padanan sepasang) berdasarkan hasil pretest skala kecemasan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika. Subjek penelitian pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing berjumlah 16 orang. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pengisian skala kecemasan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika, dokumentasi, dan tes berupa ulangan matematika. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan teknik Independent Sample T Test menghasilkan perbedaan mean sebesar 12,63 dengan p=0,003 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor kecemasan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan berupa belajar matematika dengan metode Cooperative Learning dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Kata Kunci : Kecemasan dalam menghadapi pelajaran matematika, Cooperative Learning, siswa SMP.}, issn = {2302-1098}, pages = {10--28} doi = {10.14710/jpu.3.1.10 -28}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/688} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-19 13:14:08
Assessing of student's performance and their math test in Islamic school: A Rasch perspective
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Psikologi and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Psikologi and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Psikologi are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JP]. The copyright form should be signed originally, scanned and uploaded as supplementary file when submitting the manuscript.
View My Stats
Jurnal Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.