skip to main content

Opini Digital Masyarakat dalam Pembangunan Tol Solo-Jogja di Media Sosial Twitter

*Rosita Nurindah Putri  -  Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nursida Arif  -  Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pembangunan Tol Solo-Jogja memberikan berbagai respon masyarakat yang dituangkan pada media sosial Twitter dengan tagar tolsolojogja. Ramainya tagar tolsolojogja di Twitter dapat menunjukkan opini digital masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis opini digital mengenai tagar tolsolojogja dalam mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pembangunan Tol Solo-Jogja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian Social Network Analysis menggunakan Netlytic. Netlytic merupakan penganalisis teks dan jaringan sosial media yang merangkum data tekstual dan menemukan jaringan interaksi dan komunikasi dari postingan media sosial. Penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari data statistik jumlah pesan dan postingan unik tagar tolsolojogja dan data sekunder dari interpretasi citra Goolge Earth mengenai penggunaan lahan untuk Tol Solo-Jogja. Hasil analisis menunjukkan peningkatan grafik tagar tolsolojogja memiliki opini digital yang berbeda, data tanggal 8-17 April 2023 didominasi trending topic tentang pembukaan tol untuk akses lebaran, data tanggal 22 April–1 Mei 2023 didominasi trending topic tentang arus mudik lebaran di tol. Visualisasi cluster besar dalam Netlytic berasal dari  akun pioner yang memposting tagar tolsolojogja , yaitu akun media massa @merapi_uncover, @Jateng_Twit dan akun pribadi @ganjarpranowo, @mbakyayukk, @BudiOofficial  serta banyaknya interaksi antar pengguna akun dalam postingan akun pioner tersebut dimana setiap cluter menunjukkan trending topic dari opini digital tagar tolsolojogja.
Fulltext View|Download
Keywords: Tolsolojogja, Netlytic, Opini Digital

Article Metrics:

  1. Abdillah, A. R., Hasan, F. N., Informatika, T., Hasan, F. N., Mining, D., & Sentimen, A. (2024). Analisis Sentimen Terhadap Kandidat Calon Presiden Berdasarkan Tweets Di Sosial Media Menggunakan Naive Bayes Classifier Sentiment Analysis of Presidential Candidates Based on Tweets on. 13(1), 117–130
  2. Agustina, D. P., & Jatmiko Adi, L. (2023). Analisis Praktik Citizen Journalism pada Akun Twitter Merapi Uncover dalam Menerapkan Kode Etik Jurnalistik. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(2), 272–287. https://doi.org/10.24076/pikma.v5i2.1068
  3. Anindyawardhani, S. P. (2024). Social Control of Mainstream Media Through Twitter Accounts : Sentiment Analysis and Social Network on Road Damage Cases Kontrol Sosial Media Mainstream Melalui Akun Twitter : Analisis Sentimen dan Jaringan Sosial terhadap Kasus Kerusakan Jalan. 20(1), 67–77
  4. Eriyanto, E. (2020). Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization: A Social Network Analysis/SNA Study on #BubarkanKPAI vs #KamiBersamaKPAI Hashtags. Jurnal Komunikasi Indonesia, 8(3). https://doi.org/10.7454/jki.v8i3.11591
  5. Furqan, H. M., Yulianti, F., Zalmita, N., & Izza, N. (2020). Pemanfaatan SIG Dalam Mengkaji Perubahan Lahan Pertanian Sawah di Aceh Besar. Jurnal Geografi, 3(1), 274–282
  6. Mukhlis, J., & Soetomo, S. (2017). Analisis Pengaruh Exit Toll Terhadap Tata Guna Lahan Di kabupaten Brebes. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota, 13(3), 327–228
  7. Ningrim, F. ., & Syarah, M. . (2018). Instagram Dan Twitter Sebagai Strategi Humas Pt Jasa Marga (Persero) Tbk Dalam Meningkatkan Pelayanan. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah, 2(2), 122–133. http://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/komunika/article/view/424
  8. Nouri, M. N., Wicaksosno, A. D., & Rachmawati, T. A. (2020). Dampak Pembangunan Jalan Tol Jombang-Mojokerto Terhadap Alih Fungsi Lahan Dan Kemandirian Pangan Jombang. Planning for Urban Region and Environment, 9(3), 59–70
  9. Prasetya, F. A., & Wibowo, A. (2024). Analisis Spasial-Temporal Perubahan Penggunaan Lahan Akibat Pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri Berbasis Data Google Earth. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 8(No.1), 65–74. https://doi.org/10.29408/geodika.v8i1.25731
  10. Rinaldo, R., Sari, A. P., & Fardiana, E. (2023). Digital Opinion #Puanadalahharapan Di Media Sosial Twitter Menggunakan Social Network Analysis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(01), 19–29. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i01.407
  11. Rosseta Mukti, U., & Arif, N. (2023). Investigasi Pengelolaan Sampah Berbasis Twitter di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu Lingkungan, 21(2), 308–317. https://doi.org/10.14710/jil.21.2.308-317
  12. Setiamukti, M. F., & Nasvian, M. (2023). Social Network Analysis #Usuttuntas Pada Media Sosial Twitter (Data Twitter 11 November 2022). Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 124–137. https://doi.org/10.33822/jep.v6i1.5427
  13. Usman, O., Bus1, M., & Riyani2, A. (2021). Analisis Trending Topic di Twitter: #NTTBerduka Pada Studi Kasus #BanjirBandang di NTT 2021 Trending Topic Analysis on Twitter: #NTTBerduka in the #BanjirBandang Case Study in NTT 2021. Dinamika Sosial Budaya, 23(2), 284–291. http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb
  14. Utami, W., Kuna, A., & Marini, M. (2023). Dampak Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota, 19(1), 105–117. https://doi.org/10.14710/pwk.v19i1.37429
  15. Wibowo, A. P., & Jumiati, E. (2018). Sentiment Analysis Masyarakat Pekalongan Terhadap Pembangunan Jalan Tol Pemalang-Batang Di Media Sosial. IC-Tech, XIII(0285), 42–48. http://ejournal.stmik-wp.ac.id/

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-10-30 10:30:52

No citation recorded.