BibTex Citation Data :
@article{pwk58844, author = {Febrika Br Hutabarat and Tiara Savitri and Tri Ningmas and Raul Nurdiawan and Sulthon Al-Fatih and Deva Swasto}, title = {Kawasan Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas Terhadap Perubahan Harga Lahan di DKI Jakarta Berdasarkan Pendekatan Keruangan}, journal = {Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota}, volume = {20}, number = {4}, year = {2024}, keywords = {TOD; Dukuh Atas; Keruangan}, abstract = { Penggunaan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum di Provinsi DKI Jakarta dapat menimbulkan kemacetan. Transit Oriented Development (TOD) hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kehadiran TOD mampu memberikan efek pergeseran harga lahan dan bangunan di sekitarnya khususnya Kawasan Dukuh Atas yang telah ditetapkan sebagai pusat TOD skala regional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi konsep TOD di Kawasan TOD Dukuh Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan metode Cost Benefit Analysis (CBA) dan Geographic Information System (GIS). Data utama yang digunakan adalah data Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sebagai variabel harga lahannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan harga lahan dan bangunan secara akumulatif dari tahun 2018 hingga tahun 2023 di sekitar Kawasan TOD Dukuh Atas. Meskipun terjadi peningkatan harga lahan dan bangunan rata-rata sebesar 50,94%, dampak berupa manfaat yang didapatkan cukup tinggi dibandingkan dengan biaya penanganan yang dikeluarkan atas dampak negatif dari pembangunan TOD. Selain itu, berdasarkan proximity atau tingkat kedekatan didapatkan hasil bahwa semakin jauh objek dengan Kawasan TOD, maka semakin rendah manfaat yang diperoleh. Penelitian ini tidak hanya menganalisis dampak yang ditimbulkan dari adanya kawasan TOD Dukuh Atas, melainkan juga menganalisis aspek kebermanfaatan yang dihasilkan oleh Kawasan TOD Dukuh Atas. }, issn = {2597-9272}, doi = {10.14710/pwk.v20i4.58844}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/pwk/article/view/58844} }
Refworks Citation Data :
Penggunaan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum di Provinsi DKI Jakarta dapat menimbulkan kemacetan. Transit Oriented Development (TOD) hadir sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kehadiran TOD mampu memberikan efek pergeseran harga lahan dan bangunan di sekitarnya khususnya Kawasan Dukuh Atas yang telah ditetapkan sebagai pusat TOD skala regional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi konsep TOD di Kawasan TOD Dukuh Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan metode Cost Benefit Analysis (CBA) dan Geographic Information System (GIS). Data utama yang digunakan adalah data Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sebagai variabel harga lahannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan harga lahan dan bangunan secara akumulatif dari tahun 2018 hingga tahun 2023 di sekitar Kawasan TOD Dukuh Atas. Meskipun terjadi peningkatan harga lahan dan bangunan rata-rata sebesar 50,94%, dampak berupa manfaat yang didapatkan cukup tinggi dibandingkan dengan biaya penanganan yang dikeluarkan atas dampak negatif dari pembangunan TOD. Selain itu, berdasarkan proximity atau tingkat kedekatan didapatkan hasil bahwa semakin jauh objek dengan Kawasan TOD, maka semakin rendah manfaat yang diperoleh. Penelitian ini tidak hanya menganalisis dampak yang ditimbulkan dari adanya kawasan TOD Dukuh Atas, melainkan juga menganalisis aspek kebermanfaatan yang dihasilkan oleh Kawasan TOD Dukuh Atas.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-01-05 19:27:31
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota (JPWK journal) and Department of Urban and Regional Planning, Universitas Diponegoro as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JPWK journal and Department of Urban and Regional Planning, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in JPWK journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JPWK_statistic
Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota
Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto, SH., Tembalang, Semarang, Indonesia 50275
Telp. (024) 7640054