BibTex Citation Data :
@article{IJFST8101, author = {Yopi Novita and Ariestio Ramadhan and Mohammad Imron}, title = {EFEK PERBEDAAN LUAS FREE SURFACE MUATAN CAIR TERHADAP GERAKAN ROLLING MODEL KAPAL (Influence of free surface area of liquid cargo towards rolling motion of a ship model)}, journal = {Saintek Perikanan : Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology}, volume = {8}, number = {2}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { Kapal pengangkut ikan hidup adalah merupakan kapal pengangkut yang khusus digunakan untuk mengangkut ikan-ikan dalam kondisi hidup. Oleh karena itu, muatan utamanya adalah air dan ikan. Ditinjau dari jenis muatannya, maka muatan kapal pengangkut ikan hidup dikategorikan sebagai jenis muatan (cair) liquid. Sifat muatan cair adalah akan selalu berubah bentuk mengikuti bentuk wadah yang ditempatinya, sehingga titik berat muatan cair akan selalu bergeser. Kondisi ini dikarenakan muatan cair memiliki permukaan bebas ( free surface ). Free surface memiliki efek yang dapat mempengaruhi stabilitas kapal pengangkut muatan cair . Pergeseran titik berat muatan itulah yang menyebabkan kapal bermuatan cair menjadi berkurang kestabilannya jika dibandingkan dengan kapal yang bermuatan padat. Oleh karena itu perlu upaya untuk mengurangi efek free surface terhadap stabilitas kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh luasan free surface terhadap kualitas gerakan rolling model kapal. Metode penelitian dilakukan dengan cara mengamati gerakan rolling model kapal sebagai efek dari keberadaan palka dengan beberapa perlakuan berbeda dan pergerakan free surface -nya. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa nilai rata-rata rolling period model kapal dengan luas free surface yang berbeda adalah berbeda. Rolling period terbesar dihasilkan oleh model palka yang memiliki free surface terluas. Kata kunci : free surface, stabilitas , rolling period Life fish carrier is one kind of ship that designed for transporting life fish. This kind of ship bring most water in its hold tank beside life fishes, so that the cargo can be categorized as liquid cargo. As it is known that shape of liquid cargo is always folllow the shape of the container where it is laden, consequently the centre of gravity (CG) is always shifted due to free surface effect. The shifted of CG may decrease stability, so it is needed some effort to ovecome the free surface effect in this kind of ship. The objective of this research was to know the influence of free surface area towards quality of rolling motion of ship models. The research was carried out in a laboratory and direct observation to roling motion of some ship models were observed with variation of treatments. The result showed that average of rolling period was influenced by area of free surface, the higher rolling period was produced by the ship model with widest free surface area. Key words : Free surface, stability, rolling period }, issn = {2549-0885}, pages = {44--51} doi = {10.14710/ijfst.8.2.44-51}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/saintek/article/view/8101} }
Refworks Citation Data :
Kapal pengangkut ikan hidup adalah merupakan kapal pengangkut yang khusus digunakan untuk mengangkut ikan-ikan dalam kondisi hidup. Oleh karena itu, muatan utamanya adalah air dan ikan. Ditinjau dari jenis muatannya, maka muatan kapal pengangkut ikan hidup dikategorikan sebagai jenis muatan (cair) liquid. Sifat muatan cair adalah akan selalu berubah bentuk mengikuti bentuk wadah yang ditempatinya, sehingga titik berat muatan cair akan selalu bergeser. Kondisi ini dikarenakan muatan cair memiliki permukaan bebas (free surface). Free surface memiliki efek yang dapat mempengaruhi stabilitas kapal pengangkut muatan cair. Pergeseran titik berat muatan itulah yang menyebabkan kapal bermuatan cair menjadi berkurang kestabilannya jika dibandingkan dengan kapal yang bermuatan padat. Oleh karena itu perlu upaya untuk mengurangi efek free surface terhadap stabilitas kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh luasan free surface terhadap kualitas gerakan rolling model kapal. Metode penelitian dilakukan dengan cara mengamati gerakan rolling model kapal sebagai efek dari keberadaan palka dengan beberapa perlakuan berbeda dan pergerakan free surface-nya. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa nilai rata-rata rolling period model kapal dengan luas free surface yang berbeda adalah berbeda. Rolling period terbesar dihasilkan oleh model palka yang memiliki free surface terluas.
Kata kunci : free surface, stabilitas, rolling period
Life fish carrier is one kind of ship that designed for transporting life fish. This kind of ship bring most water in its hold tank beside life fishes, so that the cargo can be categorized as liquid cargo. As it is known that shape of liquid cargo is always folllow the shape of the container where it is laden, consequently the centre of gravity (CG) is always shifted due to free surface effect. The shifted of CG may decrease stability, so it is needed some effort to ovecome the free surface effect in this kind of ship. The objective of this research was to know the influence of free surface area towards quality of rolling motion of ship models. The research was carried out in a laboratory and direct observation to roling motion of some ship models were observed with variation of treatments. The result showed that average of rolling period was influenced by area of free surface, the higher rolling period was produced by the ship model with widest free surface area.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-07-22 06:00:36
Authors who submit manuscripts do so with the understanding that, if accepted for publication, the copyright of the article will be transferred to Saintek Perikanan: Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology, Faculty of Fisheries and Marine Science, Diponegoro University as the journal publisher. The copyright includes the rights to reproduce and distribute the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilm, and similar reproductions, as well as translations.
Articles published in this journal are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). This license allows others to use, share, adapt, and redistribute the material in any medium or format, provided appropriate credit is given to the original author(s) and the journal, and that any derivative works are distributed under the same license.
Saintek Perikanan: Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology, Faculty of Fisheries and Marine Science, Universitas Diponegoro, and the editors make every effort to ensure the accuracy of all data, opinions, and statements published in the journal. However, the content of each article and advertisement published in Saintek Perikanan is the sole responsibility of the respective authors and advertisers.
View My Stats