PERBANDINGAN INSTRUMEN KUANTITATIF UNTUK MENGUKUR KUALITAS LAYANAN

Received: 21 Aug 2017; Published: 21 Aug 2017.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Article
Language: EN
Full Text:
Statistics: 554 1695
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau kembali instrumen-instrumen kuantitatif yang dapat digunakan peneliti untuk mengukur kualitas layanan. Pencarian literatur dilakukan dengan menggunakan layanan penyedia database akademik terkait instrumen pengukuran kualitas layanan yang tersedia bagi berbagai sektor. Pencarian literatur berfokus terhadap instrumen yang dapat dilakukan untuk mengkuantifikasi instrumen yang memiliki rekam jejak penggunaan di organisasi. Untuk setiap instrumen, penelitian ini melakukan perbandingan kritis terhadap dimensi kualitas layanan, skala pengukuran yang digunakan, contoh penerapan, serta keunggulan dan kekurangannya. Terdapat beberapa alternatif instrumen untuk mengukur kualitas layanan yang dapat dipakai oleh peneliti, dengan atau tanpa melakukan modifikasi terhadap butir-butir pertanyaan dalam kuesioner. Pemilihan kuesioner mana yang akan digunakan dapat diputuskan oleh peneliti/tim peneliti atau berdasarkan dari tujuan penelitian.

Keywords
Kualitas Layanan, Instrumen Pengukuran

Article Metrics: