Application of UV Mapping Technique and Painting Texture in Making 3D Animation Movie "Bujang Buta (Blind Youth)"

Penerapan Teknik UV Mapping dan Texture Painting Dalam Pembuatan Film Animasi 3D Bujang Buta

M Iqbal Setiawan -  Politeknik Caltex Riau, Indonesia
*Anggy Trisnadoli -  Politeknik Caltex Riau, Indonesia
Erwin Setyo Nugroho -  Politeknik Caltex Riau, Indonesia
Diterbitkan: 31 Mei 2019.
Akses Terbuka
Citation Format:
Article Info
Bagian: Artikel
Bahasa: EN
Teks Lengkap:
Statistik: 209 142
Sari

Indonesia merupakan negara yang kaya akan cerita rakyat. Bujang Buta merupakan salah satu cerita rakyat yang berasal dari kota Kampar. Banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui tentang adanya cerita rakyat secara detil. Pada penelitian ini mengangkat cerita rakyat Bujang Buta yang akan dikemas secara menarik dalam bentuk film animasi 3D. Di dalam film animasi 3D banyak teknik untuk membuatnya, salah satunya adalah teknik UV Mapping dan Texture Painting yang membuat film animasi 3D menjadi lebih berwarna. Pembuatan film animasi ini menggunakan aplikasi Blender 3D sebagai media utamanya. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis, Film animasi 3D Cerita Rakyat Bujang Buta sudah diverifikasi dengan pakar LAMR (Lembaga Adat Melayu Riau). Teknik UV Mapping dan Texture Painting sudah berhasil diimplementasikan ke dalam pembuatan film animasi 3D Bujang Buta. Dan berdasarkan hasil kuesioner yang telah diberikan kepada 37 masyarakat umum dan 6 masyarakat yang mengikuti organisai terdapat 10 pesan moral yang ada di dalam film animasi 3D Bujang Buta.

Kata Kunci
Animasi 3D; Cerita Rakyat; Bujang Buta; Teknik UV Mapping; Texture Painting

Article Metrics:

  1. Adjie, B. (2007). 3D Studio MAX 9.0, Jakarta : Penerbit PT Elex Media Komputindo.
  2. Autodesk. (2007). Learning Autodesk MAYA 2008 – The Modelling & Animation Handbook, MAYA Press, CA-USA.
  3. Danandjaja, J. (1997). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain lain. Cetakan V. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.
  4. Effendy, O.U. (1986). Televisi Siaran, Teori dan Praktek. Bandung : Alumni.
  5. Mahendra, R., Trisnadoli, A., & Nugroho, E.S. (2018). Pembuatan Film Pendek Animasi 3D Batu Belah Batu Betangkup. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) Vol.2 No.2. Padang : IAII.
  6. Nugraha, D.P., Dewi, M., & Trisnadoli, A. (2016). Pembuatan Film Animasi 3D Yong Dollah. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau.
  7. Putranto, A. (2013). Pembuatan Film Animasi 3D Legenda Batu Klinting. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
  8. Paramitha, Aprilina Indah. (2014). Animasi 3D Kisah Ayu Intan Permani. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer.
  9. Tjoudry, A. M., & Sofyan, S.T., & Hamdan, A. (2014). Pemanfaatan Teknik UVW Mapping untuk Desain Tampilan Mobil 3D. Makassar: STMIK Kharisma.
  10. Wahyuningrum. (2006). Cerita Rakyat Melayu Bujang Buta. Kerjasama antara Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu. Yogyakarta : AdiCita Karya Nusa.