BibTex Citation Data :
@article{TEKNIK45612, author = {Ari Santosa and Reimigius Bungkang and Ocid Mursid}, title = {Analisa Pengaruh Metode Hot Dip Galvanizing Dengan Variasi Temperatur dan Waktu Pencelupan Terhadap Laju Korosi Pipa Air Laut Kapal Material Baja AISI 1020}, journal = {TEKNIK}, volume = {43}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {Laju Korosi, Hot Dip Galvanizing, Kehilangan Berat, Baja AISI 1020, Pipa Air Laut}, abstract = { Baja AISI 1020 dalam industri perkapalan banyak digunakan sebagai pipa air air laut kapal. Dilihat dari kegunaannya baja jenis ini akan mudah terkorosi jika mengaliri air laut tanpa perlindungan apapun, hal tersebut disebabkan karena air laut merupakan salah satu media korosif bagi baja. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pelapisan Hot Dip Galvanizing dengan variasi temperatur dan lama waktu pencelupan terhadap laju korosi pipa kapal baja AISI 1020. Temperatur yang digunakan pada proses galvanis adalah 440 ºC, 455 ºC, dan 480 ºC dengan variable waktu pencelupan 2 menit, 4 menit, dan 6 menit. Efek korosi dipantau selama 192 jam dengan media air laut Pantai Cipta Kota Semarang. Dari hasil pengukuran weight loss didapatkan hasil bahwa laju korosi baja non galvanis sebesar 1,81462 mmpy, Sedangkan laju korosi teroptimal dari masing-masing variasi temperatur dengan penggunaan metode Hot Dip Galvanizing pada 440ºC waktu pencelupan 6 menit sebesar 0,01796 mmpy, pada 455 ºC waktu pencelupan 6 menit sebesar 0,01289 mmpy, dan pada 480ºC waktu pencelupan 4 menit sebesar 0,0074 mmpy. Berdasarkan data tersebut penggunaan metode pelapisan Hot Dip Galvanizing mampu mengurangi laju korosi yang terjadi pada baja AISI 1020. }, issn = {2460-9919}, pages = {202--210} doi = {10.14710/teknik.v43i2.45612}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik/article/view/45612} }
Refworks Citation Data :
Baja AISI 1020 dalam industri perkapalan banyak digunakan sebagai pipa air air laut kapal. Dilihat dari kegunaannya baja jenis ini akan mudah terkorosi jika mengaliri air laut tanpa perlindungan apapun, hal tersebut disebabkan karena air laut merupakan salah satu media korosif bagi baja. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pelapisan Hot Dip Galvanizing dengan variasi temperatur dan lama waktu pencelupan terhadap laju korosi pipa kapal baja AISI 1020. Temperatur yang digunakan pada proses galvanis adalah 440 ºC, 455 ºC, dan 480 ºC dengan variable waktu pencelupan 2 menit, 4 menit, dan 6 menit. Efek korosi dipantau selama 192 jam dengan media air laut Pantai Cipta Kota Semarang. Dari hasil pengukuran weight loss didapatkan hasil bahwa laju korosi baja non galvanis sebesar 1,81462 mmpy, Sedangkan laju korosi teroptimal dari masing-masing variasi temperatur dengan penggunaan metode Hot Dip Galvanizing pada 440ºC waktu pencelupan 6 menit sebesar 0,01796 mmpy, pada 455 ºC waktu pencelupan 6 menit sebesar 0,01289 mmpy, dan pada 480ºC waktu pencelupan 4 menit sebesar 0,0074 mmpy. Berdasarkan data tersebut penggunaan metode pelapisan Hot Dip Galvanizing mampu mengurangi laju korosi yang terjadi pada baja AISI 1020.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-26 11:24:58
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to jurnal TEKNIK and Faculty of Engineering, Diponegoro University as publisher of the journal.
Copyright transfer agreement can be found here: [Copyright transfer agreement in doc] and [Copyright transfer agreement in pdf].
View My Stats