skip to main content

Analisis Optimalisasi Desain pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 1

Muhammad Agus Hanafi Sipahutar  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Badrus Zaman  -  Program Studi Program Profesi Insinyur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
*Bobby Rio Indriyantho orcid scopus publons  -  Program Studi Program Profesi Insinyur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2023 TEKNIK

Citation Format:
Abstract
Jalan Tol Baleno (Bayung Lencir – Tempino) merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera dengan panjang 39 Km yang menjadi kelanjutan dari Tol Betung Pelambang. Adhi-Waskita-Jaya Konstruksi, KSO merupakan kontraktor pelaksana yang dipilih untuk melaksanakan konstruksi Jalan Tol Baleno Seksi 1, dengan total panjang jalan tol 10.525 km. Masa kontrak pelaksanaan Tol Baleno seksi 1 dipercepat yang semula 595 hari menjadi 400 hari. Lokasi main road STA. 116+475 – 116+625 merupakan lokasi interchange dengan jenis pekerjaan yang banyak dan saling berkaitan serta memiliki kondisi tanah lunak. Desain yang paling optimal terhadap biaya dan waktu diperlukan pada lokasi tersebut, sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam masa kontrak yang lebih singkat. Penelitian ini membahas analisis desain pada lokasi main road STA. 116+475 – 116+625 yang terdiri dari analisis kondisi tanah, analisis permodelan dan pembebanan, dan analisis terhadap biaya, waktu, dan metode pelaksanaan untuk mendapatkan desain yang paling optimal. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa desain yang paling optimal untuk diterapkan pada lokasi main road STA. 116+475 – 116+625 adalah menggunakan pile slab. Desain pile slab memiliki biaya pelaksanaan yang lebih rendah dibandingkan dengan alternatif desain yang lain dan bisa lebih cepat dari segi metode dan waktu.
Fulltext View|Download
Keywords: Pile slab; Biaya; Waktu; Metode Pelaksanaan; Konstruksi Jalan Tol
Funding: PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. Proyek Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 1

Article Metrics:

  1. Aziz, R. M., Nasreldin, T. I., & Hashem, O. M. (2024). The role of BIM as a lean tool in design phase. Journal of Engineering and Applied Science 71(23), 1–20. https://doi.org/10.1186/s44147-023-00340-3
  2. Bakry, I., Moselhi, O., and Zayed, T. (2014). Optimized acceleration of repetitive construction projects. Automation in Construction 39, 145–151. https://doi.org/10.1016/j.autcon.2013.07.003
  3. Badan Geologi. (2019). ATLAS Sebaran Batu Lempung Bermasalah Indonesia. Bandung: Badan Geologi - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
  4. Bian, X., Liu, S., Duan, X., Jiang, J., & Chen, Y. (2024). Dynamic soil arching effect in pile-supported embankment due to train passages at high speeds.” Soil Dynamics and Earthquake Engineering 181, 108690. https://doi.org/10.1016/j.soildyn.2024. 108690
  5. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. (2022). ATLAS Tapak Lokal (Vs30) Indonesia Berdasarkan Klasifikasi Geomorfologi Teknik. Bandung: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
  6. Robertson, P. K. & Campanella, R. G. (1983). Interpretation of cone penetration tests. Part I: Sand.” Canadian Geotechnical Journal 20(4), 718–33. https://doi.org/10.1139/t83-078
  7. Samy, M. N., Ahmed, A. A., Fayed, A. L., Sorour, T., & Hammad, M. S. (2023). Installation effect of rigid inclusions in soft clay improvement. Ain Shams Engineering Journal, 14(11), 102552. https://doi.org/10.1016/j.asej.2023.102552
  8. SNI 1725:2016. (2016). Pembebanan untuk jembatan. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional
  9. Yanto, F. H. (2023). Strength analysis of formwork using falsework flying system on slab-on pile structure. International Journal for Computational Civil and Structural Engineering, 19(4), 208–221. https://doi.org/10.22337/2587-9618-2023-19-4-208-221
  10. Zaika, Y., Kololikiye, G. R., and Harimurti. (2023). The PVD-accelerated soil deposit consolidation based on elliptic cylindrical model. Civil Engineering Journal 9(7), 1660–68. https://doi.org/10.28991/CEJ-2023-09-07-08

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-05 18:15:55

No citation recorded.