SIMULASI KENDALI TEKANAN KOMPRESOR PADA ELECTRICALLY ASSISTED TURBOCHARGER DENGAN METODE PI-GAIN SCHEDULING

*Miftahuddin Arsyahadij -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Iwan Setiawan -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Yuli Christyono -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Dikirim: 2 Mei 2018; Diterbitkan: 2 Mei 2018.
Akses Terbuka Copyright (c) 2018 Transmisi

Citation Format:
Article Info
Bagian: Artikel Jurnal
Bahasa: ID
Teks Lengkap:
Statistik: 197 149
Sari
Mayoritas dari mobil-mobil berpenumpang didesain sehingga memiliki performa yang handal, hemat bahan bakar, dan rendah emisi gas buang. Dalam hal kemampuan sebuah mobil mampu mengatasi berbagai medan jalan yang ada maka performa yang handal menjadi fokus dari pengembangan mobil-mobil saat ini. Beberapa cara untuk meningkatkan performa dari SI engine adalah variasi pemilihan bahan bakar, mengubah rasio kompresi mesin, mengubah nilai air to fuel ratio (AFR), dan menggunakan turbocharger. Turbocharger merupakan salah satu cara yang terbaik. Turbocharger juga memiliki kelemahan apabila diterapkan di SI engine yaitu terjadinya kondisi turbo lag. Penelitian ini merancang sistem kendali yang pada EAT untuk meminimalkan turbo lag pada turbocharger. Metode sistem kendali yang digunakan ada PI-Adaptif. Kendali PI akan mengendalikan agar sistem memiliki respon yang cepat dan stabil. Kendali adaptif akan mengatasi parameter atau variabel sistem yang berubah berdasarkan waktu (time varying).
Kata Kunci
turbocharger; PI-Adaptif; SI engine; turbo lag

Article Metrics:

  1. . Badan Pusat Statistik, “Jumlah Kendaraan Bermotor,” 2015. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/linkTable Dinamis/view/id/1133. [Accessed: 13-May-2017].
  2. . S. Pai, A. T. H. R, A. Rao, N. Shivaraju, and B. Sreeprakash, “Study of Impact of Ethanol Blends on SI Engine Performance and Emission,” Natl. Conf. Challenges Res. Technol. Coming Decad. (CRT 2013), 2013.
  3. . R. Thomas, M. Sreesankaran, J. Jaidi, D. M. Paul, and P. Manjunath, “Experimental Evaluation of the Effect of Variable Compression Ratio on Performance and Emission of SI Engine Fuelled with Petrol and n-Butanol Blend at Different Loads,” Perspect. Sci., 2016.
  4. . S. I. Nugraha, M. Arsyahadij, M. A. Ridho, and A. Reynaldi, Muhammad Irsyad; Setiyono, Budi; Triwiyatrno, “LCGC Road Slope Based AFR Varying Control Using Hybrid PI-Fuzzy,” 2016.
  5. . J. R. Bumby and J. Spooner, E.S. ; Carter, J. ; Tennant, H. ; Mego, G.G. ; Dellora, G. ; Gstrein, W. ; Sutter, H. ; Wagner, “Electrical machines for use in electrically assisted turbochargers,” IEE Int. Conf. Power Electron. Mach. Drives, vol. 2004, pp. v1-344-v1-344, 2004.
  6. . M. H. Al-Abdullah, G. T. Kalghatgi, and H. Babiker, “Flash points and volatility characteristics of gasoline/diesel blends,” Fuel, vol. 153, pp. 67–69, 2015.
  7. . K. Rong, “Modeling of Turbocharged Spark Ignited Engine and Model Predictive Control of Hybrid Turbocharger,” University of Florida, 2014.
  8. . J. Rajeevan, M. H. Hans, A. Joseph, T. S. Kiran, and G. Kumaran, “Hybrid turbocharged SI engine with cooled exhaust gas recirculation for improved performance,” Procedia Technol., vol. 24, pp. 444–451, 2016.
  9. . M. S. Watson, N; Janota, Turbocharging: The Internal Combustion Engine, 1st ed. London: The Macmillan Press Ltd, 1982.
  10. . F. Pettersson, “Simulation of a Turbo Charged Spark Ignited Engine,” p. 76, 2000.
  11. . J. Wahlstrom and L. Eriksson, “Modelling diesel engines with a variable-geometry turbocharger and exhaust gas recirculation by optimization of model parameters for capturing non-linear system dynamics,” Proc. Inst. Mech. Eng. Part D J. Automob. Eng., vol. 225, no. 7, pp. 960–986, 2011.