BibTex Citation Data :
@article{Transmisi68027, author = {Teguh Afrianda dan Markus Diantoro dan Muchammad Harly dan Nasikhudin Nasikhudin dan Bagja Mubarak dan Nuviya Aturroifah}, title = {INOVASI SIMULATOR DAN ALAT UJI PERFORMA HYBRID STORAGE SYSTEM BATERAI DAN SUPERKAPASITOR}, journal = {Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {27}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {BLDC motor; Supercapacitor; Electric vehicle simulator;}, abstract = { Penyimpanan energi merupakan komponen terpenting dalam sistem penggerak kendaraan listrik atau electric vehicles (EV). Hybrid storage system yang menggunakan baterai dan superkapasitor banyak digunakan karena dapat menghasilkan sistem penyimpanan energi listrik yang baik dengan kapasitas penyimpanan besar, kepadatan daya dan kepadatan energi tinggi, siklus charge-discharge cepat, dan cycle life panjang. Namun, pengaplikasian hybrid storage system pada kendaraan listrik memerlukan banyak komponen pendukung dan parameter kompleks yang digunakan untuk menciptakan sistem penyimpanan energi pada kendaraan listrik yang efektif. Sistem simulator diperlukan untuk memudahkan analisis dan investigasi kinerja perangkat penyimpanan energi pada teknologi kendaraan listrik. Pada penelitian ini, dilakukan inovasi pembuatan simulator dan alat uji coba performa gabungan baterai LiFePO 4 dan superkapasitor berbasis kontroler dan motor BLDC, dengan memperhatikan pengaruh gaya gesek dan laju kecepatan yang menyerupai kondisi sebenarnya. Hasil uji coba menunjukkan bahwa motor BLDC bekerja lebih efisien pada revolutions per minute (rpm) tinggi, dimana daya yang dibutuhkan tidak lagi meningkat secara signifikan meskipun rpm bertambah. Penelitian diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan infrastruktur pendidikan dan penelitian di bidang kendaraan listrik di Indonesia. }, issn = {2407-6422}, pages = {77--82} doi = {10.14710/transmisi.27.2.77-82}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/transmisi/article/view/68027} }
Refworks Citation Data :
Penyimpanan energi merupakan komponen terpenting dalam sistem penggerak kendaraan listrik atau electric vehicles (EV). Hybrid storage system yang menggunakan baterai dan superkapasitor banyak digunakan karena dapat menghasilkan sistem penyimpanan energi listrik yang baik dengan kapasitas penyimpanan besar, kepadatan daya dan kepadatan energi tinggi, siklus charge-discharge cepat, dan cycle life panjang. Namun, pengaplikasian hybrid storage system pada kendaraan listrik memerlukan banyak komponen pendukung dan parameter kompleks yang digunakan untuk menciptakan sistem penyimpanan energi pada kendaraan listrik yang efektif. Sistem simulator diperlukan untuk memudahkan analisis dan investigasi kinerja perangkat penyimpanan energi pada teknologi kendaraan listrik. Pada penelitian ini, dilakukan inovasi pembuatan simulator dan alat uji coba performa gabungan baterai LiFePO4 dan superkapasitor berbasis kontroler dan motor BLDC, dengan memperhatikan pengaruh gaya gesek dan laju kecepatan yang menyerupai kondisi sebenarnya. Hasil uji coba menunjukkan bahwa motor BLDC bekerja lebih efisien pada revolutions per minute (rpm) tinggi, dimana daya yang dibutuhkan tidak lagi meningkat secara signifikan meskipun rpm bertambah. Penelitian diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan infrastruktur pendidikan dan penelitian di bidang kendaraan listrik di Indonesia.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2025-05-29 20:52:20
Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transmisi]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Darjat (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transmisi@elektro.undip.ac.id