BibTex Citation Data :
@article{Transmisi7190, author = {Isa Rachman dan Lilik Subiyanto dan Gaguk Suhardjito dan Arie Indartono}, title = {IDENTIFIKASI GARIS STABILITAS MELINTANG KAPAL MELALUI PERCOBAAN KEMIRINGAN MENGGUNAKAN DELPHI BERBASIS ARDUINO}, journal = {Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {16}, number = {3}, year = {2014}, keywords = {}, abstract = { Abstrak Stabilitas kapal pada berbagai kondisi selama penambahan, pengurangan atau pemindahan muatan dan selama pelayaran dapat dihitung dengan mengetahui kondisi stabilitas awal kapal terlebih dahulu. Pada umumnya stabilitas awal kapal hanya terbatas pada stabilitas melintang. Hal ini berarti bahwa garis stabilitas melintang berat kosong kapal harus diketahui terlebih dahulu dengan cara melaksanakan percobaan kemiringan. Garis stabilitas melintang kapal meliputi garis KM, garis KB, garis BM, garis GZ, garis GM dan garis KG. Nilai garis KM dan garis KB dapat diperoleh dari kurva hidrostatis kapal, sedangkan nilai garis BM, garis GZ, garis GM dan garis KG dapat diperoleh dari percobaan kemiringan. Secara konvensional, percobaan kemiringan dilakukan menggunakan pendulum/bandul pada garis CL. Pada penelitian ini dibahas mengenai identifikasi garis stabilitas melintang kapal melalui percobaan kemiringan menggunakan pemrograman Delphi berbasis mikrokontroler Arduino yang berfungsi sebagai inclinometer. Tingkat keakurasian inclinometer dihitung dengan cara membandingkannya dengan pendulum dan busur derajat yang berfungsi sebagai alat ukur sudut acuan. Identifikasi garis stabilitas melintang kapal melalui hasil pengujian percobaan kemiringan menggunakan inclinometer dapat dilakukan secara cepat, praktis dan memiliki tingkat akurasi rata-rata yang lebih baik jika dibandingkan menggunakan pendulum dengan prosentase tingkat keakurasian rata-rata adalah 99,78 % dan prosentase tingkat error rata-rata adalah 0,22 % untuk sudut percobaan kemiringan 0 o -4 o . Kata kunci : stabilitas, melintang, kemiringan, garis, inclinometer. Abstract Stability of the ship under varying conditions during the addition, reduction or displacement of load and during the cruise can be calculated by knowing the condition of initial stability ship first. Generally, the initial stability of the ship is confined to the transverse stability. This means that line of the transverse stability of the lightship must be known in advance by carrying out the inclining experiment. Line of the transverse stability of the ship include KM, KB, BM, GZ, GM and KG. Value of KM and KB can be obtained from the ship hydrostatic curve, while value of BM, GZ, GM and KG can be obtained from the inclining experiment. Conventionally, the inclining experiment carried out using a pendulum at CL. In this study discussed identification the line of the transverse stability of the ship through the inclining experiments using the Delphi programming based on Arduino microcontroller that functions as an inclinometer. Inclinometer accuracy rate is calculated by comparing it with a pendulum and a protractor that functions as a reference. Identification the line of the transverse stability of the ship through the test results of the inclining experiment using inclinometer can be done quickly, practically and having an average degree of accuracy that is better than using a pendulum with a percentage of the average accuracy rate was 99,78 % and the average error rate was 0,22 % for the inclining experiment angle 0 o -4 o . keywords : stability, transverse, inclining, line, inclinometer. }, issn = {2407-6422}, pages = {121--127} doi = {10.12777/transmisi.16.3.121-127}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/transmisi/article/view/7190} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Stabilitas kapal pada berbagai kondisi selama penambahan, pengurangan atau pemindahan muatan dan selama pelayaran dapat dihitung dengan mengetahui kondisi stabilitas awal kapal terlebih dahulu. Pada umumnya stabilitas awal kapal hanya terbatas pada stabilitas melintang. Hal ini berarti bahwa garis stabilitas melintang berat kosong kapal harus diketahui terlebih dahulu dengan cara melaksanakan percobaan kemiringan. Garis stabilitas melintang kapal meliputi garis KM, garis KB, garis BM, garis GZ, garis GM dan garis KG. Nilai garis KM dan garis KB dapat diperoleh dari kurva hidrostatis kapal, sedangkan nilai garis BM, garis GZ, garis GM dan garis KG dapat diperoleh dari percobaan kemiringan. Secara konvensional, percobaan kemiringan dilakukan menggunakan pendulum/bandul pada garis CL. Pada penelitian ini dibahas mengenai identifikasi garis stabilitas melintang kapal melalui percobaan kemiringan menggunakan pemrograman Delphi berbasis mikrokontroler Arduino yang berfungsi sebagai inclinometer. Tingkat keakurasian inclinometer dihitung dengan cara membandingkannya dengan pendulum dan busur derajat yang berfungsi sebagai alat ukur sudut acuan. Identifikasi garis stabilitas melintang kapal melalui hasil pengujian percobaan kemiringan menggunakan inclinometer dapat dilakukan secara cepat, praktis dan memiliki tingkat akurasi rata-rata yang lebih baik jika dibandingkan menggunakan pendulum dengan prosentase tingkat keakurasian rata-rata adalah 99,78 % dan prosentase tingkat error rata-rata adalah 0,22 % untuk sudut percobaan kemiringan 0o-4o.
Kata kunci : stabilitas, melintang, kemiringan, garis, inclinometer.
Abstract
Stability of the ship under varying conditions during the addition, reduction or displacement of load and during the cruise can be calculated by knowing the condition of initial stability ship first. Generally, the initial stability of the ship is confined to the transverse stability. This means that line of the transverse stability of the lightship must be known in advance by carrying out the inclining experiment. Line of the transverse stability of the ship include KM, KB, BM, GZ, GM and KG. Value of KM and KB can be obtained from the ship hydrostatic curve, while value of BM, GZ, GM and KG can be obtained from the inclining experiment. Conventionally, the inclining experiment carried out using a pendulum at CL. In this study discussed identification the line of the transverse stability of the ship through the inclining experiments using the Delphi programming based on Arduino microcontroller that functions as an inclinometer. Inclinometer accuracy rate is calculated by comparing it with a pendulum and a protractor that functions as a reference. Identification the line of the transverse stability of the ship through the test results of the inclining experiment using inclinometer can be done quickly, practically and having an average degree of accuracy that is better than using a pendulum with a percentage of the average accuracy rate was 99,78 % and the average error rate was 0,22 % for the inclining experiment angle 0o-4o.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-16 09:43:05
Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transmisi]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Munawar Riyadi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transmisi@elektro.undip.ac.id